Headlines News :

Yogjo,Jogja Atau Yogyakarta

Written By Wisata Murah on 22 November 2010 | 20.50

Jogja atau Yogyakarta dan ada yang menyebut dengan yogjo,merupakan salah satu daerah tujuan wisata setelah Bali Didaerah ini.selain peninggalan situs purbakala berupa candi,ternyata juga menawarkan Wisata murah yg bisa dinikmati bersama keluarga. Ibu kota Provinsi yang membawai empat kabupaten dan satu kota ini mempunyai luas lebih kurang 3.186 Km2 Menurut Sejarah Daerah keraton Ngayogyakarta Hadiningrat dan Kadipaten Pakualaman yang sekarang jadi DIY ini meleburkan diri menjadi bagian dari NKRI pada tahun 1945...Nah sekarang ambil buku dan pencil masing masing untuk mencatat karena besuk kita ujian hehe Tips Wisata Murah sengaja menculik Seputar Jogjakarta untuk menjelaskan kepada anda

SEJARAH YOGYAKARTA
Antara tahun 1568 – 1586 di pulau Jawa bagian tengah, berdiri Kerajaan Pajang yang diperintah oleh Sultan Hadiwijaya, di mana semasa mudanya beliau terkenal dengan nama Jaka Tingkir. Dalam pertikaian dengan Adipati dari Jipang yang bernama Arya Penangsang, beliau berhasil mucul sebagai pemenang atas bantuan dari beberapa orang panglima perangnya, antara lain Ki Ageng Pemanahan dan putera kandungnya yang bernama Bagus Sutawijaya, seorang Hangabehi yang bertempat tinggal di sebelah utara pasar dan oleh karenanya beliau mendapat sebutan : Ngabehi Loring Pasr. Sebagai balas jasa kepada Ki Ageng Pemanahan dan puteranya itu, Sultan Pajang kemudian memberikan anugerah sebidang daerah yang disebut Bumi Menataok, yang masih berupa hutan belantara, dan kemudian dibangun mejadi sebuah “tanah perdikan”. Sesurut Kerajaan Pajang, Bagus Sutawijaya yang juga menjadi putra angkat Sultan Pajang, kemudian mendirikan Kerajaan Mataram di atas Bumi Mentaok dan mengakat diri sebagai Raja dengan gelar Panembahan Senopati.

Salah seoran putera beliau dari pekawinannya dengan Retno Dumilah, putri Adipati Madiun, memerintah Kerajaan Mataram sebagai Raja ketiga, dan bergelar Sultan Agung Hanyokrokusumo, Beliau adalah seorang patriot sejati dan terkenal dengan perjuangan beliau merebut kota Batavia, yang dekarang disebut Jakarta, dari kekuasaan VOC, suatu organisasi dagang Belanda. Waktu terus berjalan dan peristiwa silih berganti.

Pada permulaan abad ke-18, Kerajaan Mataram diperintah oleh Sri Sunan Paku Buwono ke II. Setelah beliau mangkat, terjadilah pertikaian keluarga, antara salah seorang putra beliau dengan salah seorang adik beliau, yang merupakan pula hasil hasutan dari penjajah Belanda yang berkuasa saat itu. Petikaian itu dapat diselesaikan dengan bik melalui Perjanjian Ginyanti, yang terjadi pada tahun 1755, yang isi pokoknya adalah Palihan Nagari, yang artinya pembagian Kerajaan menjadi dua, yakni Kerajaan Surakata Hadiningrat dibawah pemerintah putera Sunan Paku Buwono ke-III, dan Kerajaan Ngayogyakarta Hadiningrat dibawah pemerintahan adik kandung Sri Sunan Paku Buwono ke-II yang kemudian bergelar Sultan Hamengku Buwono I. Kerajaan Ngayogyakarta Hadiningrat ini kemudian lazim disebut sebagai Yogyakarta dan sering disingkat menjadi Jogja.

Pada tahun 1813, Sri Sultan Hamengku Buwono I, menyerahkan sebagian dari wilayah Kerajaannya yang terletak di sebelah Barat sungai Progo, kepada salah seorang puteranya yang bernama Pangeran Notokusumo untuk memerintah di daerah itu secara bebas, dengan kedaulatan yang penuh. Pangeran Notokusumo selanjutnya bergelar sebagai Sri Paku Alam I, sedang daerah kekuasaan beliau disebut Adikarto. Setelah Proklamasi Kemerdekaan RI, beliau menyatakan sepenuhnya berdiri di belakang Negara Republik Indonesia, sebagai bagian dari negara persatuan Republik Indonesia, yang selanjutnya bersatatus Daerah Istimewa Yogyakarta (setingkat dengan Propinsi), sampai sekarang.
thumbnail Title: Yogjo,Jogja Atau Yogyakarta
Outhor by: Wisata Murah
Published : 2010-11-22T20:50:00+07:00
Rating: 3.5
Reviewer: 5 Reviews

4 komentar Yogjo,Jogja Atau Yogyakarta

Nice info broo..! ok makasi atas saran dan kunjungan anda di "Arsitektur Blogger". saya telah meperbaikinya. salam blogger dan salam nusantara

@Artisitektur blogger terimakasih kunjungannya.kembali salam

Thank's untuk tanggapannya di " Next Page"...., and aslinya saiia tu belum mahir2 banget.
oh ya, kapan nulis sejarah keraton Jogja ?
soalnya aku lagi penasaran dengan "selebaran2" sejarah yang ada, katanya Ki Ageng Pemanahan itu berbuat curang agar anak cucunya jadi raja.
btw, siMbahku itu asal Wonosari n katanya aku ini keturunan Ki Ageng Giring.....hk..hkk..

@mitfah hehehe kalau begitu kipemanahan ganti dipanah aja hehe..biar kiageng giring yg katanya garistrahmu hehe itu bisa tenang disana hehe canda.com

 
logotwm tipswisatamurah.com - tempat sharing dan booking hotel online