Headlines News :

Gua Safarwadi Pamijahan (wisata religi)

Written By Wisata Murah on 14 April 2011 | 10.37

Update..Rute Perjalanan ziarah wali di  jawa barat berikutnya yang di tuju tips wisata murah Group dan rombongan dari Ponpes Nurul Falah sendang sari KP Yogyakarta adalah Makom Waliyulloh Syekh Haji Abdul Muhyi bin sembah lebe Wartakusuma dan yang terlahir dari rahim seorang Ibunda yang bernama R Ajeng Tanganijah


Syekh Haji Abdul Muhyi ini  menurut beberapa sumber  terlahir di mataram dan dibesarkan di gresik jawa timur. semenjak anak anak beliu belajar agama islam di gresik dan diteruskan di sunan ampel,kemudian di usia 19 tahun beliu menuju daerah Kuala di otoritas kerajaan Aceh, menurut beberapa sumber beliu belajar agama Islam disana selama 8 tahun. ya itu dari tahun 1088 - 1096  Hijrah atau 1667 - 1675 Masehi.

Tips Wisata Murah masih mengadakan pendekatan lebih dekat lagi sejarah perjalanan Syekh Abdul Muhyi untuk anda. Di ceritakan sekitar usia beliu menginjak 27 tahun bersama teman teman seperguruan dipesantrennya yang berada di kuala aceh..Beliu di ajak oleh gurunya ( menurut beberapa kalangan guru tersebut bernama Syekh Abdul Ra'uf ) untuk menimba ilmu agama sekaligus ber ziarah ke makom Syekh Abdul Qodir ke Bagdad. tips wisata murah mengadakan penelusuran kembali, Setelah selesai berziarah dari makom Syekh Abdul Qodir  rombongan tersebut di berarangkatkan ke makkah almukarramah untuk menunaikan ibadah haji.

Di Makkah Almukarramah ini lah guru beliu Syekh Abdul Ra'uf mendapat pertanda,kalau salah satu muridnya akan menjadi Wali dengan ditunjukkan ciri ciri dan tanda tanda kelebihannya. Tentu saja kabar ini dirahasiakan ,disimpan sendiri. Dan kelak bila tanda tanda tersebut sudah bisa dibaca, syekh Abdul Ra'uf di utus memerintah murid tersebut yang tak lain adalah  Syekh Haji Abdul Muhyi untuk segera pulang ke Indonesia dan mencari gua yang ada di pulau jawa bagian barat untuk menetap tinggal disana...Syekh Haji Abdul Muhyi Dari Mekkah pulang menuju kampung dimana Ibunda dan ayahandanya beliu tinggal.  Dan setibanya di gresik beliu memberi tahukan kabar tersebut kepada orang tuanya..Singkat cerita Syekh Abdul Muhyi berangkat mencari Gua seperti petunjuk gurunya waktu di makkah tersebut..tips wisata murah terus membuntuti kisah tersebut, dan gua yang dimaksut dalam petunjuk tersebut adalah GUA SAFARWADI Pamijahan yang berada di Bantarkalong Tasikmalaya Jawa Barat


GUA SAFARWADI PAMIJAHAN
Lokasi Gua yang mempunyai panjang 300 sampai 400 meter tersebut terletak tidak jauh dari makon Syekh Abdul Muhyi berada..Untuk memasuki wilayah makom tersebut anda bisa jalan kaki atau naik ojek. Setelah dari makom anda bisa melanjutkan berwisata ke Gua safarwadi tersebut. yang lokasinya setelah turun dari makom melalui jembatan masjid ada pertigaan anda belok kearah kanan. dan ikuti terus jalan tersebut, anda akan dibawa ke Gua yang dimaksut. yang beberapa kalangan menyakini kalau Gua Safarwadi adalah Gua tempat pertemuan/ rapat para wali sembilanatau lebih dikenal dengan sebutan WALI SONGO

Oh ya..Memasuki area makom syekh abdul muhyi tersebut, dari jarak radius beberapa kilo dari makom ada larangan merokok.
Untuk kasus larangan merokok ini tips wisata murah mendapat selentingan berita. waktu beliu masih hidup dulu termasuk perokok berat, Suatu ketika beliu terkena penyakit yang kalau mencium bau asap rokok menjadi semacam alergi. Semenjak kasus tersebut, semua anak anaknya dilarang merokok. Dan untuk menghormati larangan tersebut. masyarakat sampai sekarang membuat  zona bebas rokok . Menurut penduduk setempat zona bebas rokok itu untuk menghormati jasa beliu pada masyarakat. Dan sekarang zona bebas rokok tersebut malah diperluas oleh masyarakat setempat hingga beberapa kilo meter dari area makom

Tips Ke Gua Pamijahan
Untuk menghadapi tukang foto yang berkeliaran di area Gua legendaris tersebut.  Tips Wisata Murah ada sedikit tips menghadapinya.. saat masuk terowongan pertama, kalau anda disuruh nengok kearah suara panggilan, jangan sekali kali menenggok. Karena kalau anda menengok nanti akan disuruh  membayar foto senilai Rp 10,000..yang mana foto tersebut tidak pernah anda minta. alias tanpa nego...

Dalam Investigasi catatan perjalanan ziarah Tips Wisata Murah ke makom Syekh Abdul Muhyi dan GUA SAFARWADI Pamijahan ini, kalau anda melihat ada kekurangan, mohon ditambahkan.. terimakasih dan jazakalloh khoiron jaza
Share :
Gua  Safarwadi Pamijahan (wisata religi) Title : Gua Safarwadi Pamijahan (wisata religi)
Description : Update..Rute Perjalanan ziarah wali di  jawa barat berikutnya yang di tuju tips wisata murah Group d...
Dipublikasikan di Tips Wisata Murah : Home

20 komentar

Gua Safarwadi Pamijahan (wisata religi)

Lagi...wisata religi yang sangat menarik untuk dikunjungi. Khusus untuk GUA SAFARWADI PAMIJAHAN, kayaknya gue repot kalo mampir kesini...kurang enjoy kalo gal ditemani "Nicotine" ...hehehe. Thanks for share Sob!

teringat kisah wali songo...

@Iskaruji dot com
hehehe silahkan di sedu sendiri sob,mumpung masih hangat.hehe thnks kunjungannya.. met sore met aktfts.. happy blogging


@Mancau
kisah tersebut memang jamannya sama dengan wali sanga sob. sebab syekh abdul muhyi tersebut pernah berguru ke sunan ampel surabaya... syukron

assalamualaikum sobat...berkunjung silaturahmi...

@ HARPIA Mesir
waalaikumsalam wr wb sob.. terima kasih kunjunga silaturahminya.. salam ukhwah..syukron

Jawa Barat memang banyak objek wisata religinya...terus promosikan mas..salam sukses selalu..

@Kepri Online
terimakasih dukungannya.. kembali sukses untuk Kabar Kepri Online

Walaupun orang tua saya berasal dari Jawa Barat tapi saya tidak banyak tahu bahwa diadaerah ini banya tempat-tempat wisata religi.
Suatu saat perlu saya kunjungi.

@Multibrand
seali kaliluangkan waktu untuk untuk bertafakur dengan cara berwisata religi.. selain biaya sangat murah, hati juga menjadi lebih tenang..thanks ya kunjungannya

ada foto gua bagian dalam ga?

Wah ini mah wisata bekas peninggalan dri orang2 sufi sob,kl kt lihat dr namanya.....dan sgt menarik sx utk dkunjungi,mksh infonya sobatku.

@r10
foto didalam gua ada beberapa buah sob.nanti update ke dua coba kami muat.thank kunjungannya

@bagus arif
hehe.coba sekali waktu luangkan waktu ke makam para waliyulloh yg ada di pulau jawa.seru deh sob.met siang

asyik wisata gratis online disini he he
komplit banget datanya, makasih sharenya :)

hehehe datanya kalau tidak dilengkapi takut disomasi mbh darmo.xixixi...lagian kita kalau niat berbagi jgn tanggung2 niru seperti alkatro.orang minta apapun diberi.hehe thnk sob sudah mampir

Perjalanan ke Goa Safarwadi Pamijahan Tasikmalaya,sesuai namanya Safarwadi atau menurut bahasa Arab tempat yang dibangun di lereng bukit(kalau gak salah)memerlukan kondisi badan yang sehat,banyak tebing dan tangga-tangga yang harus kita lewati.Sungguh perjalanan yang sangat melelahkan,namun semua itu bisa terbayarkan dengan kepuasan bathin akan kebesaran Alloh,sekaligus kita diajak napak tilas para pendahulu(wali Alloh) dalam menegakan panji Alloh.
Nice share Gan,barokalloh,amin.

beberapa waktu lalu baru aja dari sana :)
subhanallah terkagum2 sama cerita yg disampe'in sama pak ustadz pimpinan rombongan tentang goa safarwadi.
kalo bole kasi kritik...kurang suka sama lingkungan/kampung spanjang jalan ke safarwadi, kurang bersih, semacam nggak terawat :(
semoga suatu saat nanti bisa ziarah lagi :)

tempat terowongannya sangat dalam dan sejuk ya. waktu ane masuk gua dulu disepanjang jalan juga dialiri air yang entah dari mana sumbernya

btw setuju banget. terutama ketika pas tanjakan setelah keluar dari lorong kampung (tempat juri kunci). disana jalanan masih harus diperhatikan oleh masyarakat dan pemda setempat. syukron sudah mampir

benar sob. orang dulu memberi nama sesuawau pasti selalu terkait dengan peristiwa ataupun lokasi. apa lagi seperti tempat beliu ini,

setelah keluar dari terowongan berasa ada sesuawatu yang tak tergambarkan.. gua dalam dua itu dulu tempat rapat para wali katanya.
thank sob.. senang melihat wajah anda online lagi, hehehe

mau kesana ma sodara2 tiket masuknya brp ya?cari pemandunya gmn?

barusan saya sms ke pak ustd ketua rombongannya. katanya satu rombongan dengan penumpang 2 bus hanya dikasih 100 ribu, jadi kalau kita itung itung tiket masuk pamijahan normalnya untuk satu orang kurang dari 7 ribu. Mungkin karena rombongan kami dari pesantren jadi ada semacam diskon kali ya,

Untuk pemandunya, kalau mau aman minta tolong sama kuncennya saja. Rumah juri kunci posisinya setelah kita keluar jalan kaki dari terminal (lapangan parkir pamijahan), Posisinya berada di sebelah kiri pintu masuk kampung zona bebas rokok. Diterasnya terpampang papan nama denga tulisan JURU KUNCEN PAMIJAHAN..

dari rumah juri kunci menuju gua masih harus jalan kaki ratusan meter. Dan jalan tersebut adalah pintu resminya, (Selain jalur ojek)

tambahan.. Sebaiknya begitu masuk terminal pamijahan langsung numpang sholat ke masjid yang posisinya berada di pojok terminal,, nanti di sana tanya rumah juru kunci gua pamijahan , IngsyaAlloh dikasih tahu. syukur syukur kalau ada jemaah di masjid tersebut ada yang mau jadi pemandu kan lebih murah..

sebaiknya memang pakai pemandu karena didalam gua banyak cabang menuju gua anakan tempat semedi dan sejenisnya

syukron.