logo

Borobudur Tempo Dulu

Written By

borobudurtempodulu
Ada pertanyaan yang mengusik tentang awal mula berdirinya candi Borobudur,yang disebut sebut merupakan Candi Budha Terbesar di Abad ke-9. Tips wisata murah mencari Buku dan referensi online yang mengkaji taman dan warisan budaya borobudur yang berada di 40 km di sebelah barat laut Yogyakarta.dan 105 km di sebelah barat daya Semarang jawa tengah.

Borobudur tempo dulu menurut J.G. de Casparis,( sejarawan dalam disertasinya untuk gelar doktor pada tahun 1950 ) mengatakan, Berdasarkan prasasti Karangtengah dan Kahulunan,borobudur mulai dibangun diperkirakan pada tahun 1824 M 1+.
Dan beberapa ahli sejarah menurut sumber yang di gali tips wisata murah melalui artikel borobudur juga menuturkan. Dalam prasasti Kalkutta yang tertulis ‘Amawa’ tersebut dimaknai lautan susu.yang diartikan wedus gembel atau lahar dingin letusan gunung merapi yang menimbun candi Borobudurtersebut. Masih menurut Casparis pendiri Borobudur adalah Samaratungga Raja Mataram dari wangsa Syailendra,dan bangunan candi tersebut diselaikan oleh putri samara tungga yang bernama Ratu Pramudawardhani, tapi sayang dalam catatan tersebut J.G. de Casparis tidak menyebut tahun berapa candi tersebut diselesaikan.

borobudurdepan
Pada tahun 1814, waktu Thomas Stamford Raffles dari belanda yang menguasai jawa. memperintahan Cornelius, seorang pengagum seni dan sejarah, untuk meninjau bukit itu. kemudian Cornelius dengan bantuan ratusan penduduk membersihkan candi yang dikabarkan tertimbun tersebut. Dalam beberapa catatan menyebutkan pemugaran sempat terhenti dan dilanjutkan pada 1825.Pada 1834, dan tahun 1842 stupa candi legendaris itu ditinjau untuk penelitian lebih lanjut.

Ada beda pendapat tahun pembuatan antara keterangan J.G. de Casparis dalam disertasi gelar doktornya dengan kisah babat tanah jawa dan nama borobudur itu sendiri di ketahui dari naskah Negarakertagama karangan Mpu Prapanca yang di perkirakan ditulis pada tahun 1365 Masehi 1+. Tips wisata murah mendapati ada selisih 500 tahun pada berita kontroversi pendapat Casparis tentang Borobudur tempo dulu dengan naskah Negarakertagama karangan Mpu Prapanca di atas 1+. Masih adakah versi berita lain sejarah berdirinya tempat wisata borobudur yang jadi nama hotel tersebut


Topik yang sejenis
  1. borobudur peninggalan nabi suleman
  2. Kisah Candi Prambanan
Salam wisata keluarga

thumbnail Title: Borobudur Tempo Dulu
Outhor by: Wisata Murah
Published : 2011-07-19T12:04:00+07:00
Rating: 3.5
Reviewer: 5 Reviews

24 komentar Borobudur Tempo Dulu

Saya pernah baca dan lihat literatur bergambar tempoe doeloe yang memperlihatkan Borobudur lagi digali dari dalam tanah..Jika dibandingkan dengan kondisinya sekarang, berarti Bumi ini semakin turun n suatu saat nanti anjlok dong..wah..moga belum 2012 seperti ramalan...hehe. Nice info!

@iskaruji dot com
hehe 2012 yang anjlok yang melamar kiamat itu sob hehehe
kabarnya borobudur waktu digali dulu karena tertimbun wedus gembel letusan gunung merapi sob. happy blogging

Indah banget nih borobudur.

@riyanto
terimakasih kunjungannya..slm happy blogging aja sob

pernah juga liat yang poto wong londo kumisen deket candi waktu pemugaran, di perpustakan dulu banget.. macul disik mbah.. kepareng.. -lompat jendela- wkwkk

info sejarah yg bagus sob,sayangnya saya belum pernah menginjakan kaki di sana,padahal saya punya sahabat dekat orang magelang dan pernah mengajak saya namun karena sibuknya sahabat saya akhirnya di tunda2,kasihan dech gwe he..he..he..

Candi Borobudur merupakan salah satu kekayaan budaya Indonesia yang di akui dunia, jadi sudah sepantasnyalah kita bangga memiliki Candi Borobudur.

@jiox
welah bagi fotone dung, untuk dishare ke yang lain.
thnks mbah sudah nyempetin mampir


@Marinda Jaya
hehe sekali tempo sempetin nengok borobudur sob. nanti mampir kerumah.. thnk sudah mampir



@kang ipul
bener sob. terima kasih kunjungan dan coretan komentarnya.. keep blogging

sekalipun ada perbedaan taun pembuatan. candi Borobur warisan budaya masa silam, harus tetep dijaga kelestariannya.

salam

Kalu jalan-jalan ke borobudur itu ingetnya waktu di suruh meraih kepala patung di dalamnya.
Abis ntu jalan-jalan ke pembuatan perak, ane lupa nama tempatnya sepertinya dekat dari kawasan wisata borobudur, daerah kerajinan perak tersebut.

poenya pati tempoe doeloe nggk broe?

@pepep
benar sob. kita hanya mencoba mencari tahu yang sebenarnya.. terima kasih sudah mampir


@amdhas
hehehe legendanya kalau bisa meraih kepala katanya berhasil yang dicita citakan ya sob. itu legendanya
pembuatan perak ini ada dibanyak tempat. coba nanti ane telusuri lagi dan di jadikan posting tersendiri. terima kasih kunjungan dan input wisatanya..happy blogging


@karepqno.blogspot.com
pati tempo dulu itu kalau ga salah dimulai dari kembang joyo atau era sariden atau sesudahnya patih pragulo yang dulu jadi nama stadion olahraga yang sekarang jadi pasar puri, karena stadionnya dipindah kearah utara tepatnya didesa rendole. untuk pati tempoe doeloe ini ingsyaallah akan akmi posting dalam artikel tersendiri. terima kasih masukan info wisatanya. nanti kami telusuri ulang.. slm sego gandul.hehee happy blogging

Waktu di sekolah dulu disebutkan bahwa Borobudur dibangun diabad ke 7.
Mungkin penggaliannya diabad ke 18.

candi Borobudur, mrpkan kebanggaan bangsa Indonesia sbg slh satu kekayaan budaya yg memiliki nilai historis sgt tinggi yg harus tetap dijaga kelestarianny...
moga aja suatu saat nti bisa ke sana sob, hehehe

assalamualaikum kang.
saya pernah belajar jg kl borobudur juga dulu sejak dibangun memiliki ruangan dalam, tapi pintu utamanya tertutup pada waktu pembangunan itu sendiri.

bodobudur tempat wisata favorit saya sejak kecil kang. setiap bulan liburannya kesitu.

Salam sejahtera,
Terima kasih for the info.menarik sekali.

@multibrand
daya ingat anda masih bagus juga ya. kalau tidak salah pelajaran sejarah waktu di bangku SD memang itu pernah diajarkan ya. terima kasih masukannya.. hapy blogging

@Rendratwa
kita pewaris budaya bangsa.emm lebih susah untuk mempertahankan ya sob.dari pada meraihnya.hehe kalau main kejogja mampir.

@HAPIA Mesir
waalaikumsalam wr wb. sekarang sudah terbuka untuk umum sob. tapi mingggu kemarin agak heboh sedikit,karena pemerintah desa menarik punggutan liar pada setiap wisatawan yang mengunjungi borobudur. tapi alhmdulillah pemda megelang akhirnya melarang pungutan liar tersebut.
oh ya terima kasih sudah jauh jauh nyempetin datang dari mesir ketempat tips wisaa murah/ syukron silaturahminya


@umihoney
waalaikumsalam wr wb umi
sama sama slam biat rekan blogger di malaysia.. syukron

assalamualaikum...
dnger/bca ttg pninggalan2 brsejarah gni, jd pnsran gmna sih proses pmbuatnya wktu itu. bisa mnghsilkan karya yg mencengangkan bgini.

oya, slam knal :)

trmksh sdh brbagi info dsni. kpan2 klo sy sm kluarga mo berlibur k tmpt2 wisata di jwa, boleh mghbungi sobat? sklian aja tnya pket2 wisatanya :D

syukron^^

@yuliani indri lestari
waalaikumsalam wr wb
ingsyaalaoh tentang proses awal pembuatan candi borobudur ini nanti kami terbitkan mbak

waalaikumsalam wr wb :)

sama sama mbak Indri.nanti kalau jadi berwisata ke jawa.borobudur atau jogja khususnya. ingsyaalloh kami bantu memberi informasi,harga paket yang murah.
terimakasih kembali sudah meluangkan waktu mengunjungi tips wisata murah

salam

Indah seklai disain candi borobudur.

@unitedfreeware.com
anggun dan megah ya sob. warisan budaya kita sob

hemmm...borobudur ituh...adalah hanya penggalan dr kemegahan istananya Nabi Sulaiman...
itu yg tertera dlm buku karangannya Emha Ainun
n aku percya itu^^ada buktinya juga...

hehehe seperti video yang pernah diedarkan oleh dosen UIN jakarta juga bilang begitu sob..ini masih jadi perdebatan seru , karena masih perlu pembuktian karena era berdiri borobudur dan nabi sulaiman beda abad dan waktu.. tapi analisa dan kajiannya cak nun boleh juga sob diamati