Headlines News :

Masuknya Islam DI Pulau Jawa (wali Songo)

Written By

walisongoislam Wali Songo

Di Pulau Jawa, Sebelum kedatangan Islam Masyarakat diceritakan masih di pengaruhi oleh kasta bagian dari sistem yang mengelompakkan golongan dan kelas. Tipswisatamurah.com mencatat, kasta tersebut di bagi 4 golongan.antara lain 1 Brahmana 2 Ksatria 3 Watsya 4 Sudra.

Kemudian pada abad XI Masehi, beberapa ahli sejarah menuturkan. Agama Islam masuk kepulau jawa yang di bawa oleh pedagang dari arab dan mulai disebarkan mubaligh dari Pasai atau Aceh Utara. Tapi menurut penelusuran tipswisatamurah.com, ada beberapa ahli sejarah yang menyebutkan, Bahwa Agama Islam pertama kali masuk ke Indonesia adalah di pulau jawa. disitu disebutkan, pada tahun 929-949 M, ditenggarai pada masa kekuasaan Prabu Sindok para saudagar dari pulau jawa sudah pada berlayar ke baghdad (bagdad). Demikian juga para pedagang dari persia dan gujarat sudah pada berdatangan ke Indonesia

Dalil di atas dikuatkan dengan ditemukan satu batu nisan seorang wanita Islam yang bernama Fatimah Binti Maimun di desa Leran Gresik Jawa Timur yang bertulis wafat pada tahun 475 H atau 1082 M+

Syaikh Abdullah Arif dan Syaikh Burhanudin Al-Kamil yang wafat dikunta pada tahun 610 atau 12 14 M+ di sebut sebut yang membawa islam masuk Indonesia melalui sumatera (perhatikan tanda +)

yang pertama dilabuhi Islam di jawa adalah pesisir jawa timur. Dan Islam mulai berkembang setelah kehadiran Maulana Malik Ibrahim di Gresik, yang kemudian disebut sebut menjadi pusat penyebaran agama Islam di jawa timur, dari awal kisah perjalanan tersebut dikemudian hari lahir nama Wali Songo yang IngsyaAlloh akan Kami bahas satu persatu, mungkin mulai dari Maulana Malik Ibrahim,(Dokumentasi Wali Songo Tips Wisata Murah)


thumbnail Title: Masuknya Islam DI Pulau Jawa (wali Songo)
Outhor by: Wisata Murah
Published : 2011-08-08T19:32:00+07:00
Rating: 3.5
Reviewer: 5 Reviews

9 komentar Masuknya Islam DI Pulau Jawa (wali Songo)

ehm..Jika data yang tertulis di makam Fatimah Binti Maimun itu benar Sob..berarti kemungkinan islam sudah mulai ada di Indonesia sejak masa pemerintahan khulafaaurasyidin...Berarti juga kepulauan nusantara sudah ditargetkan untuk mengenal islam lebih cepat agar gak "mbeling" kayak arab dan alasan knapa banyak nabi ditaro disana...hehe...Nice share and happy blogging!

info sejarah yg bermanfaat sob,berkat info dari sobat saya jadi banyak tahu tentang sejarah Masuknya Islam DI Pulau Jawa,terimakasih sobat.

@Iskaruji dot com
yang tertulis di makam Fatimah Binti Maimun itu benar. dan memang pulau jawa semacam jadi target penyebaran islam di indonesia..

hehehe mungkin karena dasarnya wonge dewe ki roodo mbeling kali ya.hahhaah syukron. happy blogging

@Marinda Jaya
eh masuknya barengan ya sob
kembali kasih sob terima kasih sudah mampir

setelah baca artilek ini, jadi nambah mengetahuan sejarah Islam di Jawa,
terima kasih informasinya sobat,
salam

setahu saya dari beberapa sumber. Islam sebenarnya masuk indonesia pada abad 7. sumber lainnya mengatakan abad 11. belum tau juga mana yang lebih kuat.

makasih kilasan sejarah islam masuk ketanah jawa kang.

sejarah2 masuk dan berkembangnya islam di indonesia memang layak untuk semakin dipublikasikan sob, seperti masuknya islam di pulau jawa ini, agar semakin menambah pengetahuan serta agar mengenal islam lebih dalam lagi.. nice share sob en happy blogging!

Ini salah satu bagian terpenting dalam sejarah bangsa dan negara kita.
Bahkan bagi umat Muslim paling penting.

@pepep
sama sama sob terima kasih juga sudah meluangkan waktu berkunjung. happy blogging

@HAPIA Mesir
Makam Fatimah Binti Maimun di desa Leran Gresik Jawa Timur, itu yang mesti jadi acuan, karena disana tertulis tahun wafatnya
475 H .Atau 1082 masehi. syukron sob

@rendratwa
benar sob. kalau bukan kita siapa lagi yang perduli dengan budaya ini. hehehe thnks sudah,mampir

@Multibrand
terima kasih sob dukungan dan kunjungannya. memang sejarah adalah bagian dari masa lalu yang tak boleh dilupakan. salam