Headlines News :

Katanya Borobudur Itu Peninggalan Nabi Sulaiman

Written By Wisata Murah on 1 Oktober 2011 | 12.07

candi borobudur
Saya terkejut mendapat SMS dari saudara Muhroji Al Jambari seorang ustad dan guru di sebuah SMK di Yogyakarta. SMS yang di tujukan pada Admin situs tips wisata murah itu berbunyi begini
" Assalamualaikum wr wb, Selayaknya umat islam tahu, bahwa candi borobudur peninggalan kerajaan islam ,dan bla bla bla" Kemudian saya belas dengan pertayaan " Ada yang bisa menerangkan secara ilmiah ga..?". Sahabat itu dalam SMS balasannya dengan pasti menyebut "Ada KH FAHMI PASHA Dosen UIN Jakarta" SMS itu kami save tuk jadi rujukan informasi dari artikel berikut, Karena pada tanggal 19 Jul 2011 – dalam tajuk Borobudur Tempo Dulu sempat kami pertanyakan "Masih adakah versi berita lain sejarah berdirinya tempat wisata borobudur yang jadi nama hotel tersebut.?

Karene penasaran maka kemudian kami melakukan browsing di google. dan di mesin pencarian google memang banyak kami temui. ternyata artikel dengan judul borobudur peninggaalan nabi sulaiman itu sudah banyak di muat. karena ini masalah sejarah. maka kami mencari situs yang valid dan bisa di percaya. dan kami temukan www republika dot com ternyata juga memuat artikel tersebut. berikut cuplikan dari posting kontroversi dan heboh tersebut. Walaupun pendapat Dosen UIN Jakarta itu juga harus kita dengar,dan selayaknya para ahli ikut meneliti ulang keberadaan pendapat tersebut

Menurut Sami bin Abdullah al-Maghluts, dalam bukunya Atlas Sejarah Nabi dan Rasul, Nabi Sulaiman diperkirakan hidup pada abad ke-9 Sebelum Masehi (989-931 SM), atau sekitar 3.000 tahun yang lalu. Sementara itu, Candi Borobudur sebagaimana tertulis dalam berbagai buku sejarah nasional, didirikan oleh Dinasti Syailendra pada akhir abad ke-8 Masehi atau sekitar 1.200 tahun yang lalu. Karena itu, wajarlah bila banyak orang yang mungkin tertawa kecut, geli, dan geleng-geleng kepala bila disebutkan bahwa Candi Borobudur didirikan oleh Nabi Sulaiman AS.

Di antara alasannya, karena Sulaiman hidup pada abad ke-10 SM, sedangkan Borobudur dibangun pada abad ke-8 Masehi. Kemudian, menurut banyak pihak, peristiwa dan kisah Sulaiman itu terjadi di wilayah Palestina, dan Saba di Yaman Selatan, sedangkan Borobudur posisinya berada di barat daya candi prambanan Indonesia.

kalau anda mau mengikuti kisah pengakuan KH Fahmi pasha tersebet. silahkan simak artikel yang di terbitkan www republika dot com dengan tajuk Borobudur Peninggalan Nabi Sulaiman?.

Artikel "Katanya Borobudur Itu Peninggalan Nabi Sulaiman" ini hanya untuk arsip situs tips wisata murah
salam wisata keluarga indonesia
foto oleh republika dot com
Share :
Katanya Borobudur Itu Peninggalan Nabi Sulaiman Title : Katanya Borobudur Itu Peninggalan Nabi Sulaiman
Description : Saya terkejut mendapat SMS dari saudara Muhroji Al Jambari seorang ustad dan guru di sebuah SMK di Y...
Dipublikasikan di Tips Wisata Murah : Home

14 komentar

Katanya Borobudur Itu Peninggalan Nabi Sulaiman

Hal ini memang pernah jadi kehebohan Sob pada pertengahan 2010 lalu. Teori Fahmi Pasha memang menimbulkan sedikit gonjing-ganjing. Dan kalo tidak disikapi, karena beliau memang orang ilmiah, bisa bergesekan dengan unsur sara. Senadainya saja tulisan sobat disini mendukung pendapat Fahmi, gue dah siap2 dengan seabrek bantahan terhadap pendapat "gila" KH Fahmi ini..Thanks sudah mengangkat kembali Sob...happy blogging!

@Iskaruji dot com
itulah yag jadi plolemik pendapat umum. karena beliu ini orang ilmiah juga. maka solusinya kita harus terus mendengar sambil mengikuti tanggapan informasi berikut dari orang yang benar memahami.. thnks sob. keep blogging

Saya malah takut Al-qur'an "dijual" demi kepentingannya sendiri(Fahmi),karena teorinya banyak kelemahan.Yang pasti Nabi Sulaiman bukan penganut budha.Biarkan sejarah tetap menjadi history bukan his story.Nice post,thank informasinya.

@Er'end
hehe semoga ada info yang lebih menarik dari penemuan yang belum teruji ini, walau dari seorang dosen yang secara ilmiah mesti harus kita dengar.
saya pikir kita harus lebih arief dalam mensikapi setiap pendapat. karena kita berdiri pada asas demokrasi dalam berpendapat tentunya

thnks sob barokallah

Mari bijaksana menyikapinya bro.. jangan jadikan hal itu perpecahan di antara blogger.. hehe,,

diakhir alinea tertulis artikelnya "hanya untuk arsip", sikap yang bijak. tak ada maksud menyeretnya ke area konplik.

salam

@sapro flasher
yupz. terima kasih sob sudah peduli blogger. artikel ini haya semacam obrolan warung kopi. yang bebas membahas yang kita inginkan

yang lebih pentng dari itu. ini semacam catatan pribadi yang boleh di baca semua kalangan.dan tiada maksut lain. thnks sb sudah mampir


@pepep
ini hanya untuk melengkapi pertanyaan dalam catatan yang mengelantung sebelumnya sob. syukron

ane prnah nonton filem dokumenternya, tp msih ragu alias ga yakin klo candi borobudur memang pninggalan nabi sulaiman as

@topjer
iya saya dengar ada VCD dokumenter yang beredar.sya malah belum melihatnya.. thnk sob dah mampir

ane yang ini udah lama denger,
dan semua tidak tahu tentang kebenaran sesungguhnya ,
wong masalah g 30 s pki yang belum lama berselang saja: kisah sejarahnya gak jelas, apalagi yang jaman ribuan tahun yl he he

@Jiox
kok kok kok,hahaha kalau di nalar bener juga si ya sob. kadang kita jadi bingung dengerin orang kita ngomong. kadang tukang becak ngomongnya seperti sabda raja, tapi sebaliknya orang terpelajar ngomongnya banyak yang membuat bingung. hehehe

hehehe very very Unbelievable.
thnks

"Para jin itu membuat untuk Sulaiman, apa yang dikehendakinya, dari gedung-gedung yang tinggi dan patung-patung, dan piring-piring yang (besarnya) seperti kolam, dan periuk yang tetap (berada di atas tungku). Bekerjalah hai keluarga Daud (Sulaiman), untuk bersyukur (kepada Allah). Dan sedikit sekali dari hamba-hambaKu, yang berterima kasih." – (QS.34:13)