Headlines News :

Anak Bertanya | Mengapa Daun Berwarna Hijau?

Written By Wisata Murah on 2 November 2011 | 06.07

daun hijauSempat terbata bata ketika anak bertanya, Kenapa daun berwarna hijau..? terpaksa buka buku usang pelajaran kimia kembali.hehehe. Pasti tentunya pengetahuan ini juga sudah dillupakan oleh anak anak yang sekarang jadi ortu khan,,? hehehe ngaku aja deh.xixixi. Bersama Admin situs tips wisata murah sekarang mari kita buka kembali catatan memori yang nyaris ilang di otak kita. Yupz mari kita mulai

Pada dasarnya, daun yang terdapat di pepohonan itu terdapat tiga unsur zat dari tiga pigmen, yakni
klorofil atau fotosintetik, kemudian pigmen karoten dan pigmen antosianin, Warna hijau bisa terjadi karena adanya produk dari sel tumbuhan berupa zat gula yang diolah oleh kloroplas, kemudian zat warna hijau yang berlebihan pada kloroplas itu di sebut kloropil

Kemudian bagaimana proses terjadinya warna hijau tersebut..?
seperti yang sudah disebutkan diatas. warna itu terjadi karena adanya zat gula yang di tampung kloropas. Sedang zat gula yang sangat dibutuhkan oleh sel sel pada tumbuhan tersebut, didapat dari karbondioksida yang diembuskan manusia, unsur air dan dari sinar matahari yang diolah oleh daun menjadi oksigen dan dan zat gula

Oksigen hasil proses tersebut di buang kembali untuk di komsumsi manusia dan lainnya. sedang zat gula yang di hasilkan tadi untuk makanan daun.Sekali lagi. jadi karena unsur zat gula tadi daun berwarna hijau. Nah begitu kurang lebihnya

Rupanya anak ini masih kurang puas dengan penjelasan tersebut. dia ganti bertanya. kenapa daun berubah warna pada musim gugur...? hehehe.. pusing juga sih ngejelasinnya.. untuk pembaca yang mau mengetahui proses perubahan warna pada daun juga.. situs tips wisata murah mendapati artikel menarik dari situs kimia indonesia yang hasil cuplikannya sebagai berikut

Zat kimia lain pada daun, auksin, mengontrol sekelompok sel tertentu pada dasar masing-masing batang daun, yang disebut lapisan absisi. Selama musim pertumbuhan, auksin mencegah lapisan ini terbentuk sempurna dan memblokir tabung-tabung internal kecil yang menghubungkan masing-masing daun dengan bagian sistem sirkulasi lainnya pada pepohonan.

Akan tetapi, pada musim gugur, hari-hari yang lebih dingin dan lebih singkat memicu terhentinya produksi auksin, sehingga memungkinkan lapisan absisi tumbuh dan menghambat sirkulasi air, nutrien dan gula ke daun. Ketika ini terjadi, klorofil mengalami disintegrasi dengan cepat, sehingga membiarkan karoten menampakkan warnanya seperti warna kuning pada daun maple, pohon yang berdaun ringan (aspen), dan daun pohon birch. Sementara itu, antosianin memberikan warna oranye dan merah bagi pohon maple, pohon sumacs dan pohon ek. Jika sinar matahari kurang, antosianin tidak begitu aktif secara kimiawi dan daun lebih berwarna oranye atau kuning dibanding berwarna merah.Mau lebih jelas lagi. silahkan kunjungi situs kimia indonesia
thumbnail Title: Anak Bertanya | Mengapa Daun Berwarna Hijau?
Outhor by: Wisata Murah
Published : 2011-11-02T06:07:00+07:00
Rating: 3.5
Reviewer: 5 Reviews

17 komentar Anak Bertanya | Mengapa Daun Berwarna Hijau?

karena di daun banayk mengandung klorofil makanya berwarna hijau,, hehehehe

haha.. bener jadi malu sendiri seandainya anak bertanya mengapa daun berwarna hijau?, tapi bapaknya gak bisa ngejawab????grgrgr.. untungnya, penjelasannya ada di tips wisata murah, bisa jadi guru online nih hehehe... nice post and met pagi Sob!

Satu-satunya yang masih ingat tentang hijaunya daun..klorofil...hehe. ehm...untung si Bapak fleksibel dgn ilmu pengetahuan...kalo nggak, bisa repot di mata anak...hehe. Nice post and happy blogging

jadi tau secara detail nih mas,, hijaunya daun, karena apa,, nice info

Jadi tahu semuanay nih sob, kalau saya yang di tanya mungkin jawab, karena biisa bikin kita seger alias IJO heehhe

@Asis Sugianto
hehehe jadi karena klorofil yang membuat hijau ya sob.hehe thnks


@rendratwa
hahaha sempat clinggukan juga si sob. itu juga pakai acara buka memori dengan keyword buku.hehehe.reputasi bisa hancur dunk.hahaha thnks sob


@Iskandar aruji
iya tu, tapi anak sekarang tidak bisa dijawab hanya dengan kata gitu saja. dia masih menguber sebab musabab yang sebenarnya. hehe thnks sob keep blogging


@al kahfi
yupz, sebenarnya kita hanya membuka lembaran lama lagi. jadi posting ini semacam reuni klorofil hehehe. thnks


@Bisnis Online Blog
hahahaha.. ketepatan lagi ingat aja sob, xixixixi thnks sudah mampir

pengetahuan yg sudah hilang dari fikiranku, tapi disini dibahas lagi, jadi inget lagi deh,, heheh,, makasih sobat,, ^_^, maaf agak telat berkunjung, lagi ada kesibukan di dunia offline,, hehhe,

untung si bapak bisa jawab,mengapa daun berwarna hijau.

iya intinya karna klorofil itu daun berwarna hijau indah :)

ane belum punya anak,jadi belum pernah dapat pertanyaan seperti itu,,,xixixi

Hmmmmm serasa buka buku pelajaran lagi.
Memang sebagai orang tua kita harus rajin mebuka buka buku pelajaran sekolah baik yang dulu kita pelajari maupun yang saat ini dipelajari anak kita.

@Rama88
kberarti kita sama sama membuka lembaran buku usang kembali ya sob.. cuma bedanya ane kepepet karena ditanya sama anak.hahaha..
semoga sukses kegiaan Oflinenya ya..thnks


@Fhasion
coba kalau kita ga baca ulang itu buku. bisa berabe ya sob.hahahahaha. thnk n happy blogging


@Farixsan Quilicuor (Faris Hardiyanto 177)
yupz. memang karena klorofil daun menjadi hijau sob.hehehe. thnks


@kehidupanremaja
nanti kalau sudah meninkah pasti sobat punya anak hehehe. dan kalau ditanya kenapa daun berwarna hijau.buka aja lagi posting ini hahahaha


@H Nizam
seharusnya memang seperti itu ya sob. tapi kadang kita ini mau melakukan karena faktor kepepet. hhehehe ini jadi pembelajaran buat yang punya anak kritis dalam melihat lingkungan kali ya. thnks sob n happy blogging

Semoga besok kalau sudah punya anak, bisa mempunyai anak yang berpikir kritis ....
amiin.

@Rubiyanto Sutrisno
amiin sob,semoga didengar aoleh Alooh SWT.. met pagi thnks

Anaknya kritis dan cerdas. Sudah bertanya hal ilmiah, pantes ayahnya blogger sukses. Great.

Sobat aku kembali padamu, ingin menyimak sesuatu yang membuat diriku Ijo ^_^ Bener2 semakin Ijo

@arqu3fiq
hehehe bisa aja sobat ini menyenangkan kawan.. thanks pujiaan dan kunjungannya.. sukses untuk sobat


@Bisnis Online Blog
hehe selamat datang kembali sobat. dan bisnis online sobat memang terlihat makin sukses dan ijo. hehehe thnks happy blogging

 
logotwm tips wisatamurah.com :: tempat sharing dan booking hotel online murah