Headline News

Makanan Khas Jogja / Yogyakarta

Written By

Liburan sekolah bulan ini, rencana ada keponakan ane yang dari tangerang mau datang dengan teman teman sekolahnya ke jogja, Biasa namanya juga anak anak kali udah pada ga sabar kali ya .Rupanya anak anak ini sudah pinter menata anggaran dan rencana. Dan salah satu target prioritas anggaran uang sakunya adalah oleh oleh makanan khas jogja. Nah tadi pagi keponaka itu telepon dan bertanya " Pak dhe,makanan khas jogja itu gudeg doang kan..?" ane jadi ketawa ngakak. hehe " bukanlah tong. kalau gudeg doang nanti orang jogja pada budeg dunk" hehehe

Dari dialog diatas ane (situs tips wisata murah) menjelaskan panjang lebar tentang tempat hiburan dan jajanan murah tapi enak dimana yang wajib dikunjungi. Dan barang kali ini juga bermanfaat untuk para pembaca dan sahabat. berikut kami sajikan berita bergambar makanan khas yogyakarta yang dirangkum dari beberapa sumber (twm)

kripik-belutKripik Belut
Makanan ringian kripik belut yang digoreng kering atau dilapisi tepung merupakan makanan yang kaya protein, rasanya kalau dimakan renyah,gurih manteb pokokke itu kesukaanku. Dan makanan ini banyak ditemukan di pasar godean. bisa untuk cemilan untuk lauk makan juga mak nyus (twm)

kripik-paru
Kripik Paru
Kripik yang di buat dari paru paru sapi yang di goreng sampai kering ini merupakan makanan ringan. . Makanan ini dengan mudah diperoleh di pasar tradisional, toko oleh-oleh yang terdapat di Yogyakarta maupun di supermarket yang tersebar diselluruh pelosok jogja (twm)

ampyang
Ampyang
Dicetak dalam bentuk bundar kecil dengan bahan baku kacang dan gula merah. Makanan ringan Ampyang ini dengan mudah diperoleh di obyek wisata Kaliurang, seperti halnya jadah tempe atau di kios-kios pusat oleh-oleh yang berada di jalan Mataram dan kawasan Pathuk, Yogyakarta.(katalogkota)

bakpia-pathuk
Bakpia Pathuk
Bagi yang mencari jajanan ringan berupa makanan khas Yogyakarta untuk oleh-oleh, dapat dengan mudah mendapatkannya di sepanjang jalan Pathuk. Di sepanjang jalan ini akan ditemui penjual berbagai makanan khas, terutama Bakpia yang terkenal dengan sebutan Bakpia Pathuk.(katalogkota)

abon-sapi
Dendeng Sapi dan Abon Sapi
Dendeng dan Abon sapi, makanan yang termasuk jenis lauk ini bisa didapatkan di beberapa warung snack di Wijilan, jalan Mataram, Kidul pasar Kotagede dan sebagainya. Dendeng sebagai salah satu makanan khas Yogyakarta terkenal nikmat dan gurih, tetapi harganya cukup mahal karena bahan dan proses produksinya yang cukup rumit.(katalogkota)

enteng-gepuk
Enting Enting Gepuk
Enting Enting Gepuk adalah makanan khas Yogyakarta. Terbuat dari kacang tanah, gula pasir dan penyedap rasa. Rasanya manis, gurih dan renyah. Selain tahan lama, makanan ini kemasannya juga unik. Hanya dibungkus kertas, tetapi tetap higienis dan awet karena di dalamnya dilapisi plastik tebal. Makanan ini mudah didapatkan di kios-kios makanan kecil yang banyak terdapat di sepanjang jalan Mataram.(katalogkota)

gudeg
Gudeg
Gudeg adalah makanan khas Jogja / Yogyakarta yang terdiri dari nangka muda, lauk tahu, tempe, telur dan suwiran daging ayam, dimasak dengan bumbu dan santan kelapa, dilengkapi dengan sambal goreng krecek (kulit sapi) .(katalogkota)

geplak-bantul
Geplak Bantul
Geplak adalah makanan khas Yogyakarta (Bantul). Makanan khas Yogyakarta yang satu ini rasanya sangat manis, terbuat dari gula dan kelapa berwarna merah, putih, hijau, kuning dan coklat. Geplak mudah diperoleh di pusat oleh-oleh seperti di Jl. Mataram, pasar Beringharjo dan pasar Kranggan, Yogyakarta .(katalogkota)

jadah-tempe
Jadah Tempe
Jadah Tempe banyak terdapat di obyek wisata Kaliurang. Terbuat dari ketan yang dikukus dengan diberi santan kelapa, sebagai rangkaiannya adalah tempe bacem. Rasa jadah sangat gurih dan liat (tidak keras). Disantap dengan tempe bacem dan lombok ijo, merupakan paduan yang sangat pas di lidah .(katalogkota)

Sebenarnya masih banyak lagi makanan khas jogja yang unik unik dan enak, tapi ane pikir ini sudah bisa mewakili dari semua. Nanti kalau datang ke jogja di ubeg aja semua. hehehe.selamat liburan (twm) To: azumar
thumbnail Title: Makanan Khas Jogja / Yogyakarta
Outhor by: Wisata Murah
Published : 2011-12-06T11:24:00+07:00
Rating: 3.5
Reviewer: 5 Reviews

29 komentar Makanan Khas Jogja / Yogyakarta

Dari sekian banyak makanan khas yogya diatas, cuma satu yang gue suka, "Gudeg" bukan karena rasa, karena semuanya enak tapi cuma itu yang di kunya gak bikin gigi saya sakit..hikksss. Maklum, wes mbah2 je..happy blogging

@Iskaruji dot com
hehehe nyummy kenyal kenyal gurih yo sob, hehehe. hahaha ya iyalah. lidah kita udah menyatu, seperti rama shinta. hehehe. thnsnk sob

Wah Wah ada makanan tersaji hehehe.Yang sudah saya coba cuma gudeg, bakpia, ampyang.Lainnya masih belum sobat, biasa kadang titip temen kalau pada mudik.Nyam..nyam.

saya suka,saya suka ama Bakpia Pathuk,love,peace and gaul.

wahhh ajib bgt tuh makanan khas jogya nya sob,, jadi pengen ngerasain,, ehhehe,, kalo keripik belut dan keripik paru saya pernah ngerasain,, hehhe,, :D

@Bisnis Online Blog
sekali kali nyobain kripik belut sama kripik paru, uenak buanget lho sob,, hehe thanks


@Sadeva Aldy Pratama
sama kok sama ane juga puasa, tapi ga mbatalin puasakan ,gara gara baca posting makanan khas jogja ini. hehe


@saryadinilan
saya juga saya juga bakpia pathuk. xixixixi love pul jua sob.. hehe ada ada aja


@Rama88
ajib yo. itu kripik belutnya kalau dimakan mak krenyeeees gitu lho. hhehe yang lain perlu di coba sob. thnks

Makanan khas Jogja,Gudeg Jogja diracik sama Mbok Berek di Jakarta rasanya itu sangat luar biasa.Heem,jadi laper nieh.

@Er'end
hehehe lidah bergoyang kayak idul dul sob.apa lagimakannya di temenin orang yang tercinta ya sob. pasti tambah mak nyuus. hehe thank

Kalo di daerah ane ada geblek sama tempe benguk gan.

@Algo Wijaya
oh iya tu kelupaan gebleg dan growol wates ketinggalan. hehehe nanti di posting menyusul. thnks inputnya

kalau saya lebih suka bakpia,walupun makanan ringan tapi rasanya ituloh yang bikin nagih nagih dan nagih,,

@kehidupan
hehe memang bakpia pathuk sangat enak buat cemilan ya sob,

wah jadi ngiler nih pingin ngerasain makanan2 khas jogja yang unik dan enak, ntar deh kalau ke jogja di borong abis semuanya hahaha... nice info Sob.

@rendratwa
jangan ngilir sob hehehe, iya kalau lagi main ke jogja diborong semua aja ya berikut pasarnya, hehe thanks sob, happy blogging

datang lagi pingin ketawa hahaha.... thanks Sob.

@rendratwa
xixixixi kurang kenceng sob. hehehehe ok thnks sudah meluangkan waktu berkunjung. keep blogging

kripik belut ane suka banget tuh sob gurih kriuk kriuk!!! btw ane mau menanyakan sat hal dong sob. Blog ASPeMusik Blog itu gunanya buat apa ya?

@Farixsan Quilicuor (Faris Hardiyanto 177)
weleh memang kriuk kriuk kalau di kunyah, kata orang jawa kemprenyes. hahahaha bisa aja ngasih visual katanya

hehe sori ne ASPeMusik tu awalnya ane buat untuk arsip kegiatan rekording ane dan untuk memfasilitasi kegiatan temen temen artis industri rekaman. tapi begitu ane liat banyak yang ane pikir kurang berkenan, jadi males ane ngelolanya. banyak yang usil. hehehe.
Ok thnks perhatiannya. ingsyaAlloh nanti ane perhatikan kembali
thnks sob. happy blogging

hehehe ane orang jawa tetapi tidak pernah tau "kemprenyes" -__- WKWOWK

oalah ternyata oh ternyata ane baru mengetahuinya sekarang :) ternyata kegiatan rekording :D mantap juga ya sobat punya pemkiran seperti itu

@Farixsan Quilicuor (Faris Hardiyanto 177)
iya kemprenyes itu untuk yang kering tapi empuk. kalau kriuk kriuk itu kering tapi keras, gitu lho sob. hahaha

itu prefesi ane yang sebenarnya sob. hehehe iya sih kemarin ane timbang naik 2 ons. xxixixi

jadi ngiler kalau liat makanan yang ada di atas sedapp

@Admin-Wahid Sahidu
hehehe, nanti kalau main ke jogja di borong aja sob:D happy blogging

makanannya bikin ngiler sob..hehee
mantaf banget..
Kapan2 ane go to TKP deh.. :D

@V-MediaKom
hehe ngilernya jangan terbawa mimpi ya:D
yupz sekali tempo kita memang butuh mencari hiburan dengan melawat ke daerah daerah, ditunggu kunjunannya, hehehe thnks

Satu yang aku cari kalau ke Jogja, yaitu Bakpia Pathok 25. Sampai aku bela-belain ke dapur pembuatannya di gang sempit (lupa nama alamatnya beserta gangnya) pokoknya yang 25 itu enakk banget tiada duanya. gak mau di tawarin nomor berapa pun. Tetep 25. Hehehehehe....

@arqu3fiq
hahahahaha memang bakpia pathuk 25 itu yang paling ngetop dan banyak di cari kok sob,hehe
nomer satupun ga sudi ya. hehehe bisa aja sobat ini. thanks sob happy blogging

SALAM KENAL DARI EMPING MELINJO 5S3

Kami adalah perusahaan pembuat emping melinjo
Kami siap melayani pembelian dalam bentuk partai/ eceran.
Produk kami dijamin kwalitasnya.

Emping 5 rasa Produk Kami:
1. emping pedas asin
2. emping rasa udang
2. emping rasa pedas
3. emping rasa manis
4. emping rasa pedas manis
5. emping rasa gurih asin

BAHAN MURNI 100% MELINJO ASLI TANPA BAHAN CAMPURAN.
Contact Emping Melinjo 5S3
Telp:
02747430270
085755081222
087843123244

Pin BB:
2A05805B

Ym:
amir_munajad@yahoo.com

Email/ Fb:
amir_munajad@yahoo.com

Alamat:
Somorai, Margoagung, Seyegan, Sleman, Yogyakarta
http://www.empingmelinjo5s3.com

waalaikum salam wr wb Dab

hehe, aku wingi main di patangpuluhan disuguhi emping kuwi dab,, rasane gurih tenan. sukses ya usahanya..
barokallah