Wonderful Indonesia 2016
Buah Bibir!Mau Cari hotel online murah tanpa harus online? Gampang! Download Gratis Hotel App Store untuk Ponsel pintar di tips wisata murah home. Diskon Mentok 80%. Untuk mendapatkan Promo ini silahkan klik banner hotel yang muncul di layar HP Anda. #Dapatkan panduannya, Download sekarang! Gratis!

Makna Patung-Patung Di Jakarta

Anak ane yang kecil ketika nonton TV melihat patung Pak Tani bertanya." ayah kenapa patung pak tani ada dijakarta..?" xixixi.lagi lagi ane dibuat celingukan. ketepatan bungsu ini lahir di jogja tidak seperti kakaknya yang lahiran jakarta.

dari pada ketiban malu, ane mencari informasi tentang makna dan tujuan dibuat patung patung yang berdiri dihampir sudut jakarta itu.Nah di KapanLagi.Com ane dapet yang ane cari,kemudian ane putuskan untuk mempublish sekalian deh.dan berikut laporannya

1. Patung Selamat Datang

Nama plesetan : Patung jali-jali, patung HI


http://1.bp.blogspot.com/_1H7Fooe1A1k/SZhVMrH4avI/AAAAAAAAAFM/ftrGjs0oPQQ/s320/tugu+selamat+datang.jpg

Patung Selamat Datang dibangun buat nyambut para atlit peserta Asian Games IV tahun 1962. Patung ini ada di depan gedung Hotel Indonesia yang mana berdiri persis diatas air mancur bunderan HI. Patung perunggu ini dibuat sama Edhi Sunarso, dan dirancang sama Henk Ngantung mantan Gubernur Jakarta. Sesuai sama namanya, patung ini berdiri untuk ngasih salam selamat datang buat para pendatang karena emang patung ini ngadep ke arah Kota (Utara) sebagai pusat bisnis, perdagangan dan pendatang dari pelabuhan waktu itu.

Disekitar patung ini ada lima formasi Air Mancur yang dijadiin simbol ideologi Negara Republik Indonesia, Pancasila. Katanya sih ini juga jadi simbol dari tanda memberi salam kepada kota Jakarta sebagai kota Ibu Negara dan Kota Metropolitan dengan formasi ucapan Selamat Pagi, Selamat Siang, Selamat Petang, Selamat Malam dan Selamat Hari Minggu. Maksudnya Jakarta emang gak pernah tidur kali yeee..

2. Patung Arjuna Wijaya/ Patung Asta Brata

Nama plesetan : Patung kuda setan, Patung delman

http://3.bp.blogspot.com/-6dZE0ZGOI6s/TttXR9oS20I/AAAAAAAABWo/iWhGWxr4_js/s1600/Patung%2BArjuna.JPG

Patung Arjuna Wijaya yang dibangun Agustus 1987 ini ngegambarin Arjuna dalam perang Baratayudha yang kereta perangnya ’disetirin’ sama Batara Kresna. Adegan patung karya pematung Nyoman Nuarta itu diambil dari fragmen waktu mereka melawan Adipati Karna. Kereta itu ditarik delapan kuda, yang melambangkan delapan ajaran kehidupan yang diidolai oleh Presiden Soeharto. Asta Brata itu meliputi falsafah bahwa hidup harus mencontoh bumi, matahari, api, bintang, samudra, angin, hujan dan bulan. Di bagian patung itu nempel prasasti yang bertuliskan ‘Kuhantarkan kau melanjutkan perjuangan dengan pembangunan yang tidak mengenal akhir.’

Pada waktu pembuatannya, karena keterbatasan dana, akhirnya patung itu dibuat dari bahan poliester resin yang punya kelemahan mudah rapuh jika terkena sinar ultraviolet. Emang kebukti kok kalu patung ini mulai keropos, sampe akhirnya tahun 2003, patung ini direnovasi dengan menelan biaya 4M (4 miliar, bukan 4 meter!!!) dan material patungnya diganti dengan bahan tembaga.

3. Patung Dirgantara

Nama plesetan: Superman, Patung’hey kamu’, Patung Pancoran

http://iwandahnial.files.wordpress.com/2008/09/pancoran-1.jpg

Patung yang ada didaerah pancoran ini dirancang sama Edhi Sunarso sekitar tahun 1964 - 1965 dengan bantuan dari Keluarga Arca Yogyakarta atas permintaan Bung Karno buat nampilin keperkasaan dan kekuatan angkatan udara bangsa Indonesia. Patung ini ngadep ke Utara dengan tangannya mengacung ke bekas Bandar Udara Internasional Kemayoran. Lokasinya deket sama Markas Besar Angkatan Udara di Selatannya dan Bandar Udara Domestik Halim Perdana Kusuma di Tenggaranya. Karena bertempat di kawasan Pancoran makanya patung ini sering dibilang patung Pancoran. Oia, ada gosip yang bilang kalo Presiden Soekarno harus jual mobilnya buat ngebiayain pembuatan patung ini.

4. Patung Pahlawan

Nama plesetan : Patung Pak Tani dan Ibu tani

http://ariesaksono.files.wordpress.com/2008/05/2008_0716jktcity_0118.jpg

Patung ini dibuat buat ngasih penghargaan pada para pejuang kemerdekaan Indonesia, dilambangin dengan seorang laki-laki yang make caping, nyandang senapan dan lagi minta restu pada wanita yang ada disisinya untuk maju ke medan perang. Mungkin karena suka pake caping itu kali yaa orang-orang jadi bilangnya itu patung Pak Tani. Tapi katanya sih, patung ini juga simbolisasi gerakan politik petani.

Ide patung ini dimulai waktu Soekarno ke Moskow dan doi terkesan banget sama patung-patung yang ada disana. Kemudian Presiden Rusia saat itu ngenalin Soekarno ke seniman patung, Matvei Manizer dan anaknya Otto Manizer. Mereka pun diundang dateng ke Indonesia untuk ngebuat patung yang melambangkan semangat kemerdekaan. Disinilah kedua pematung itu berkelana dan nemuin legenda Jawa Barat yang berkisah tentang seorang Ibu yang mengiringi anaknya untuk pergi berperang. Sang Ibu ngasih semangat supaya memenangkan setiap peperangan dan selalu inget sama orang tua dan negaranya. Patung perunggu ini dibuat di Rusia dan dibawa ke Indonesia pake kapal laut, diresmikan tahun 1963 oleh Presiden Soekarno dan pada papan di monumen ini tertulis "Bangsa yang menghargai pahlawannya adalah bangsa yang besar".

5. Patung Pemuda Membangun

Nama plesetan : Pizza Man, Patung Laki-laki bawa obor

http://2.bp.blogspot.com/_UjTkRMl6hqA/S4_HpsFO5VI/AAAAAAAAAGA/oY34y9Gc-l4/s320/2008_0501jktcity00722.jpg

Patung ini dibuat sebagai penghargaan untuk pemuda dan pemudi dalam keikut sertaannya pada pembangunan Indonesia. Patung ini dilambangin sama seorang pemuda gagah dan kuat sedang memegang piring berisi api yang tak pernah padam sebagai perwujudan semangat pembangunan yang tak pernah mati. Awalnya direncanain untuk diremiin di Hari Sumpah Pemuda tanggal 28 Oktober 1971, tapi karena pembangunan belum selesai akhirnya diresmiin pada bulan Maret 1972. Patung ini terletak di Bunderan Senayan, tempat strategis sebagai titik temu antara Senayan sebagai pintu gerbang Jakarta Pusat dengan area Jakarta Selatan.

Sumber dari: kapanlagi.com


Makna Patung-Patung Di Jakarta Reviewed by Wisata Murah on 18.54 Rating: 4.5
15 Komentar untuk "Makna Patung-Patung Di Jakarta"

sueer Sob...baru tau kalo patung pancoran namanya keren "Patung Dirgantara"....padahal sering banget jadi bahan lucu2an...haha. nice share and happy blogging!

tambah lagi dong info patungnya.. Kan di jkt masih ada patung2 yg lain..

@Iskaruji dot com
hehehe, sebenarnya walau ane tinggal lama dijakarta tapi ga begitu hafal. makanya ane pinjam catatan kapanlagi,
hehe udah tahu anekdot patong pancoran to.xixixi


@dui_hendro
semesti tadi mau ane edit dan masukin patung polisi beneran yang ada diharmoni hehehe atau patung lele milik BRI, tapi ane kesulitan datanya sob, thnks lain kali kita telusuri

itu lho gan patung yg ada dilapangan dkt katedral itu.. Yg kaki ma tangannya dirente.. Cz ane sering ditanya tu patung apa.. ( xixixi... )

@dui_hendro
xixixi oh itu, iya tu ane sering ngeliat tapi kurang memperhatikan. coba anti ane cari tahu infonya ke dinas kebudayaan patung yang dirantai dkt katedral samping istiqlal.. kalau patung pembebasan irian barat, ane dikit dikit agak ngerti sih masa lalu sejarahnya.. ok nanti di telusuri ulang sob. thnks inputnya

patung2 yg sangat sering saya temui di jakarta sob,, tapi nama aslinya baru tau skrg,, hehehe,,

@Rama88
hehehe. kadang kita memang kurang memperhatikan apa yang ada didepan mata kita ya sob. malah mata ini sering keluyuran mencari yang jauh jauh. hehe thnks sob

Weh saya kira hanya penghias kota saja,ada maknanya toh.Memang sieh dulu ketika duduk di bangku sekolah agak sedikit terulas,namun sekarang terlupakan tentang patung-patung ini.Saya ga bakalan celingukan dunk bila sikecil saya tanggap tentang patung,tinggal balik lagi kesini untuk reperensi,hehe.Makasih kawan,happy weekend.

@Er'end
walah sobat ini, semua dibuat pasti mempunyai tujuan, walau kadang maknanya agak kabur. hehehe.iya tu anak anak sekarang kritisnya minta ampun.makanya kitanya harus sering membaca ya sob. thnks

bagi org luar jakarta kyk sy..postingan ini nambah pengetahuan...,thx ya sob... *smile

@Rohis Facebook
yupz. kita harus sering menggali informasi sob, biar ga kuper. hehe sama sama. happy blogging

itu di Lapangan banteng? namanya Patung pembebasan Irian Barat!

kalo gosip itu benar (bung karno harus jual mobil buat benerin patung pancoran) saya jadi bertanya2...kira2 mobilnya harga berapa dan merk apa ya? sampe bisa buat biayai perbaikan patung yg pasti ga murah!

maksutnya sobat dui yag ada di gereja ketedral itu lho sob. bukan yang dilapangan banteng

mungkin aja untuk menutup kekurangannya sob. atau gemana. soalnya kalau biaya keseluruhan memang tidak mungkin ya.

 

Unduh Gratis Hotel App Store

agoda