Wonderful Indonesia 2016
Buah Bibir!Mau Cari hotel online murah tanpa harus online? Gampang! Download Gratis Hotel App Store untuk Ponsel pintar di tips wisata murah home. Diskon Mentok 80%. Untuk mendapatkan Promo ini silahkan klik banner hotel yang muncul di layar HP Anda. #Dapatkan panduannya, Download sekarang! Gratis!

Penjamas Bende Becak Sunan Bonang Kalender Wisata Jateng

bende Penjamas Bende Becak Sunan Bonang
Tradisi Tahunan Yang selalu ramai dikunjungi, diselenggarakan di Lasem Rembang Jawa Tengah

Acara tahunan Penjamas Bende Becak Sunan Bonang yang selalu diselenggarakan setiap tanggal 10 Dzulhijjah, yang tahun ini jatuh pada hari Jumat, 26/10/2012 ini, adalah ritual bersih Bende ( bonong semacam Gong kecil bergaris tengah 10 cm ), peninggalan Sunan Bonang di desa Bonang Kecamatan Lasem Kabupaten Rembang Eks Karesidenan Pati Jawa Tengah ini, masuk dalam daftar kalender wisata jawa tengah Bende atau bonang yang selalu dijamas setiap tahun itu, konon dulunya merupakan penjelmaan dari seorang utusan kerajaan majapahit. Menurut Informasi yang di dapat situs tips wisata murah dari masyarakat setempat menjelaskan. Bende becak itu diambil dari nama utusan raja Majapahit yang bernama Becak.

Ceritanya waktu Sunan Bonang mendirikan pesantren didesa Bonang yang dulunya bernama desa kemuning. Sunan mengirim pesan pada Raja Majapahit Brawijaya untuk memeluk Islam, tapi Raja mengutus Becak untuk menyampaikan penolakannya .Singkat cerita, Becak berangkat menuju Rembang

Setibanya di pesantren, Becak terpaksa harus menunggu, karena Sunan Bonang lagi mengajari para santri mengaji. Dalam penantian itu Becak terdengar bersenandung, yang mana suara nyanyian kecil yang keluar dari bibir Becak itu dirasa mengganggu konsentrasi Sunan Bonang,. Dalam kisah di beberkan. Sunan bertanya pada santri, dan mereka menjawab itu suara orang yang lagi bersenandung. Tapi Sunan Bonang Mengatakan bukan, itu adalah suara Bende , Dalam legenda tersebut meriwayatkan, Becak akhirnya menjelma jadi Bende yang sekarang di jamus setiap tanggal 10 Dzulhijjah tersebut

Yang jelas Bende tersebut adalah salah satu peninggalan wali songo yang bernama Sunan Bonang, Yang dulunya sering di tabuh untuk menarik perhatian masyarakat guna mendengarkan tausiah Agama. Melaui Media itulah sunan bOnang mengislamkan masyarakat didaerah lasem Rembang dan Sekitarnya diawal sejarah masuknya Islam di pulau Jawa.. Dan tradisi penjamasan Bende becak ini hanya mengingatkan kita, bahwa perjalanan Waliyullah Sunan Bonang pernah diawali dari Bende tersebut.






Penjamas Bende Becak Sunan Bonang Kalender Wisata Jateng Reviewed by Wisata Murah on 09.52 Rating: 4.5
5 Komentar untuk "Penjamas Bende Becak Sunan Bonang Kalender Wisata Jateng"

terima kasih infonya sobat mengenal budaya bangsa nih sobat...

@ Asis Sugianto
sama sama sob, met sore n happy blogging

dulu nggak tahu sekarang lebih tau nich sob...

alhamdulillah kalau bermanfaat sob. terimakasih

sob tadi bendenya /gongnya jatuh ya...?

 

Unduh Gratis Hotel App Store

agoda