Headlines News :

Melirik Kerajinan Anyaman Bambu Desa Cilembu

Written By Wisata Murah on 26 Juli 2013 | 21.11

melirik kerajinan anyaman bambu desa cilembu Hasil kerajinan anyaman Banbu dari Desa Cilembu Kecamatan Pamulihan Kabupaten Sumedang Propinsi Jawa Barat ini mutu dan kuwalitasnya takkalah dengan kerajinan tangan yang biasa kita jumpa di Raja Polah Pusat Kerajinan Tangan Khas dari Taskmalaya. Seni anyam-anyaman yang masih dilakukan dengan cara tradisional dan bersifat home industri di Cilembu terus memperlihatkan kemajuan pesat. Hal tersbut bisa kita lihat dari hasil kerajinan semacam souvenir dan keranjang mungil tempat wadah oleh oleh seperti yang terlihat pada gambar diatas

Seperti pendahulunya kerajinan tangan anyam-anyaman bambu dari lombok NTT dan Desa Tumbrasanom di kecamatan Kedungadem. Kabupaten Bojonegoro Jawa Timur dan Desa Jepang Pakies Kudus Jawa Tengah yang sudah jauh hari menikmati hasil manisnya dari ekpor kerajinan anyaman bambu keluar negeri seperti Jepang misalnya. Pengrajin anyaman bambu dari Cilembu juga berpotensi memiliki kesempatan yang sama.

Sejarah dan Proses Kerajinan Anyaman Bambu
Pada zaman dahulu, sebelum kita mengenal industri, kegiatan menganyam bambu ini hanya dilakukan untuk mengisi waktu kosong oleh para Ibu rumahtangga. Dan hasilnya biasanya hanya dipergunakan untuk piranti rumah tangga atau hadiah untuk orang orang dekat atau sanak famili. Sedang suami biasanya hanya membantu menyediakan bahan serta sekalgus memotong motong bambu jadi beberapa bagian. Kemudian bagian yang sudah terpotong tersebut di belah jadi beberapa bagian lagi dan kemudian di haluskan menjadi bagian yang lebar serta ketebalannya jadi sama. Setelah itu dijemur kemudian baru di anyam oleg para perempuan diwaktu senggang.

Dan hasil dari kerajinan anyaman bambu tersebut bisa berupa caping gunung, besek, ekrak, kepang, tumbu gula, kronjot dan seterusnya. Dan sebenarnya kerajinan anyam anyaman ini hampir dilakukan oleh perempuan di seluruh Nusantara, dan setiap wilayah menggunakan bahan dan khas daerah masing maing. misalnya seperti di daerah kalimantan, sumatera dan sulawesi, karena disana mudah ditemukan rotan, maka hasil seperti tikar, topi, keranjang dan kursi rotanpun mudah dijumpai diwilayah tersebut. Sedang untuk kerajinan tangan anyam anyaman khas dari desa Cilembu Sumedang ini sekarang mulai bergerak kearah industri untuk turut bersaing dalam kerajinan Anyaman bambu Nusantara. Untuk konsultasi anyaman cilembu silahkan menuju desacilembu.blogspot.com

Share :
Melirik Kerajinan Anyaman Bambu Desa Cilembu Title : Melirik Kerajinan Anyaman Bambu Desa Cilembu
Description : Hasil kerajinan anyaman Banbu dari Desa Cilembu Kecamatan Pamulihan Kabupaten Sumedang Propinsi J...
Dipublikasikan di Tips Wisata Murah : Home

42 komentar

Melirik Kerajinan Anyaman Bambu Desa Cilembu

Mampir ikutan ngelirik kerajinan bambunya kang. :)

HAPPY BLOGGING

silahkan gan, hehe siapa tahu tertarik dan membantu mengabarkan pada masyarakat yang membutuhkan,

happy blogging kembali

Hasil anyaman seperti ini juga sudah banyak diminati oleh pasar luar negeri loh Pak.

Salam wisata

ikut2 an juga nih lihat kerajinan anyaman dari desa cilembu, mantap tuh..., kerajinan rakyat memang harus selalu mendapat dukungan. jangan habis digilas sama plastik yg dianyam oleh pabrik. betul kan mas wisata?

Semoga saja kerajinan ini bisa bersaing dengan khas sumedang lain, seperti tahu.hehehe. Tahu sumedang udah kemana-mana, sekarang giliran anyaman ini donk. hehehe

benar gan, semua sumber daya manusia maupun alam kita harus kita dukung sepenuh jiwa raga ya, hehehe

biar indutri kerakyatan atau hone industri ikutan mengenyam manisnya ekonomi nasional. thanks

benar, karena selain tahu sumedang juga punya kerajinan anyaman yang bisa dibanggakan ya gan. thanks

Wah juragan desa cilembu, Kang Hadi pasti berbunga-bunga nih kampungnya diripiu Kangmas.
Berarti selain Ubinya yang terkenal, ternyata anyamanannya juga wokeh banget nggih

setiap daerah emang punya kerajinan khas. di cilembu ternyata terkenal gak hanya ubinya saja, kerajinan anyamannya gak kalah. sepertinya cilembu makin terkenal setelah adanya blogspot desacilembu tsb. luar biasa. salut

dalam keranjang bambu
ada macam-macam buah
aku suka bentuk keranjangnya itu
bagus dan indah

wah mana mas Cilembu Thea daerahnya ikutan diulas nih memang Cilembu nggak ada matinya ternyata tidak hanya ubinya yang hebring

hehe, kang hadi lagi sibuk jadi tim sukses makanya belum bisa mengudara

benar kangmas pakies, kalau ada yang menjembatani justru anyaman bambu dari desa cilembu ini memiliki prospek eknomi yang bagus, cuma tergantung para pengkrasjin bisa mengandeng para ekportir atau tidak, terpulang pada kepiawaian lobi mereka memang. thanks

benar gan, kerajinan tangan anyam anyaman cilembu memang layak di banggakan ya

semoga bisa menjadi devisa buat desa cikembu ya gan, thanks

memang keranjang banbu cilembu terlihat indah,
dan semakin indah kalau admin pantun cinta turut menjalin berkah hehe thanks

mas cilembu kagu jeba jatah ronda keliling kampung kale pak , jadi blum bisa ol

silembu memang punya potensi yang mantab ya pak

saya jadi pengin main ke desa cilembu.
kang tuvlihadi harus bertanggung jawab nih nanti

hehe, iya ni kang zach,disana ada beberapa hal yang bisa dipejari,,,seperti hasil kerajinana dan pertanian. thank

saya setuju soal ini jadi masyarakat semakin maju deh

wah jempol deh kerajinan anyaman bambu desa cilembu ...

wow bagus bagus ya mas kerajinan bambu desa cilembunya.. jadi pengen main ke des cilembu ..

layak untuk dipromosikan ke manca negara ya gan

banyak yang bisa dipelajari dari karakter orang cilembu yang ramah dan kreatif, silahkan dikunjungi

benar gan, dan harus didukung

Desa Cilembu makin maju aja.. Enggak terkenal cuma ubinya tapi juga kerajinannya

Setiap daerah memiliki keunikan masing2. Dan sprtinya setiap daerah berjuang sendiri2 untuk memasarkan hasil kerajinannya. Mungkin campur tangan pemerintah harus lebih intens di sini.

benar gan, semua sektor harus di optimalkan bersama. terutama untuk sektor industri dan pertanian, karena dengan demikian perekonomian akan maju untuk kesejahteraan warganya.. thx

modal dan pembinaan memang memiliki peran penting ya gan, tapi biasanya pemerintah hanya mau membina yang sudah setengah jadi. mungkin karena dengan pertimbangan modal yang ditanam tidak nguap ditelan kurangnny apengetahuan mengembangkan diri setiap daerah itu masing masing

waaaww kalau dilihat dri gmbarnya kerajinan tangan yg ini kelihatan klasik dan unik..
semoga saja seperti kerajinan tangan dri daerah lain yg mampu menembus negara orang

benar gan, nemun mereka masih butuh dukungan moril pertama, biar berani adu kwalitas dengan daerah lainnya yang sudah lebih dulu mengembangkan dirinya. thx

di rumah saya banyak pohon bambu tuh...kayanya bisa juga di jadikan prosopek,

yupz, untuk daearah sleman bantul plus wesyprog memang banyak stock bambu melimpah ya gan.. terutama daerah sleman yang terkenal fengan bambu petung yang gede gede

Kalo ada action atau swring di promoin...bakal mendunia kang

yupz tinggal kepiawaian para marketingnya untuk mengiring bola memang, karena secara kwalitas sudah mumpuni untuk di jual eksport

Banyak macamnya ya Kang? Boleh nih di promosikan

yups. silahkan didukung gan, itung itung ibadah hehe

wah sangat hebat kerajinan & kreatif nya,,,

dan menjajikan untuk perubahan ya gan, thx

ekonomi masyarakat pun bisa terbantu dengan adanya kreativitas seperti ini skrg tergantung pemda setempat mempromosikan kerjinan tersebut
hehehehe

Kreatif sekali anak bangsa indonesia ini harus di pertahankan untuk budaya indo yang kreatif mas

memang harus saling bahu membahu ya gan, apalah artinya keahllian kalau tidak didukung menejemen dan birokrasi yang handal..

benar gan, untuk kesejahteraan warga tentunya. hehe