Wonderful Indonesia 2016
Buah Bibir!Mau Cari hotel online murah tanpa harus online? Gampang! Download Gratis Hotel App Store untuk Ponsel pintar di tips wisata murah home. Diskon Mentok 80%. Untuk mendapatkan Promo ini silahkan klik banner hotel yang muncul di layar HP Anda. #Dapatkan panduannya, Download sekarang! Gratis!

Enak Sega Jamblang Atau Nasi Gentong.?

Enak Sega Jamblang Atau Nasi Gentong.? Ada pertanyaan menggelitik seputer kuliner khas Cirebon. "Enak Sega (Nasi) Jamblang atau Sega Gentong.?" dari pembaca ketika chating di facebook semalam. Jawaban saya " tentu enakan yang murah atau yang gratis " wkwkwk.

Sudah ratusan kali Admin tipswisatamurah.com mondar mandir dari Jakarta ke Cirebon untuk berkomunikasi dengan anak anak musik Tarling. Dan setiap kali mampir ke rumah compusser kondang cirebonan yakni Asep Tuna di Arjowinangun pasti menyempatkan mampir makan siang atau makan malam mencicipi nikmatnya masakan khas Cirebon Sega Jamblang atau Sega Gentong dibeberapa lokasi. Ketika ditanya masalah selera, kedua kuliner khas ini memiliki rasa keunikan yang berbeda tapi sama enaknya

Sega atau nasi Jamblang adalah nasi yang di bungkus dengan daun jati, uniknya nasi ini semakin lama bertahan dalam bungkusan semakin pulen rasanya, dan cara makannyapun lebih enak menggunakan tangan tanpa sendok dengan kondisi nasi tetap berada diatas daun jati seperti halnya keunikan nasi gandul wisata kuliner Pati yang enak dimakannya diatas daun pisang.

Sedang lauknya yang tidak boleh ketinggalan adalah sambal goreng (yang agak manis), dan tahu sayur. Sedang menu mantab lainnya bisa ditimbah paru-paru (pusu), semur hati atau daging, perkedel, sate kentang, telur dadar/telur goreng, telur masak sambal goreng, semur ikan, ikan asin, tahu dan tempe serta tidak ketinggalan "blakutak" , sejenis cumi-cumi. Jadi semua tergantung selera masing masing untuk pilih menunya.

Sedang Sega Gentong ini ada kemiripan dengan gulai, namun pada Nasi Gentong ini masaknya memakai kayu bakar dari pohon mangga yang ditaruh dan cara memasaknya memakai Gentong. Daging yang digunakan adalah usus, babat dan daging sapi. makanan ini disajikan menggunakan kucai dan sambal berupa cabai kering giling. Empal gentong bisa dinikmati dengan nasi putih atau lontong. Tapi saya sendiri lebih suka menggunakan lontong, karena selain berasa tradisionalnya, nasi lontong juga enak dan adem diperut kalau dimakan. Baca juga info menarik Nyamannya Menginap di Grage Hotel Cirebon ini (TWM)





Enak Sega Jamblang Atau Nasi Gentong.? Reviewed by Wisata Murah on 11.12 Rating: 4.5
2 Komentar untuk "Enak Sega Jamblang Atau Nasi Gentong.? "

saya belum pernah mencoba sega jamblang..hehe
kayaknya enak ya kalau makan rame-rame gitu..

rasanya nikmat gan, terutama sambel nya itu lho hehehe.. benar ini kalau kita beli bungkusan dan dimaan perjalanan ramai ramai sangat nikmat dan berkesan

 

Unduh Gratis Hotel App Store

agoda