Wonderful Indonesia 2016
Buah Bibir!Mau Cari hotel online murah tanpa harus online? Gampang! Download Gratis Hotel App Store untuk Ponsel pintar di tips wisata murah home. Diskon Mentok 80%. Untuk mendapatkan Promo ini silahkan klik banner hotel yang muncul di layar HP Anda. #Dapatkan panduannya, Download sekarang! Gratis!

Membatik, Museum Batik Yogyakarta

Membatik, Museum Batik Yogyakarta

Museum Batik Yogyakarta Batik adalah kain yang diberi gambar seni lukisan manual dengan tangan . Ujudnya bisa berupa kemeja resmi seperti yang biasa digunakan bapak bapak untuk acara resepsi maupun dinas, atau baju dan selendang wanita. Dan kalau untuk perempuan jawa tempo dulu dan Indonesia pada umumnya, kain batik selalu digunakan sebagai kain wajib untuk penutup aurat.

Sedang membatik adalah seorang pekerja seni batik yang lagi memainkan canting yang sudah diisi ramuan pewarna dengan teknik pencegahan pewarnaan menggunakan malam diatas kain putih. Motifnya bisa berupa daun atau gunung, inspirasi gambar batik pada umumnya bertema alam.

Museum Batik Yogyakarta Sedang Museum Batik Jogja adalah sebuah bangunan tempat koleksi dan sejarah batik yang sudah berumur tua di pamerkan, Museum ini terletak di Jl. Dr. Sutomo No. 13 A , Yogyakarta, berdampingin dengan Hotel Museum Batik

Teknik pencegahan pewarnaan dengan menggunakan malam ini diketahui sudah dilakukan oleh orang mesir sejak abad ke-4 SM. Teknik batik orang mesir kuno ini diketahui karena ditemukannya kain pembungkus mumi yang juga dilapisi malam untuk membentuk motif atau pola. Sedang di daratan Cina sendiri sekitar tahun 618-907 M, sejak zaman dinasti T'ang konon seni membatik juga sudah dilakukan oleh masyarakat terpilih disana.

Sedang seni membatik di Nusantara ini menurut riwayat yang berhasil di himpun tipswisatamurah.com dari berbagai sumber meyebutkan, bahwa di Indonesia seni membatik konon sudah dimulai sejak zaman Majapahit, namun sayangnya dalam beberapa riwayat tidak ada yang menyebutkan dimulai waktu kepemimpinan Raja yang keberapa.?.

Terlepas dari hal diatas, Batik Indonesia sudah diakui oleh UNESCO sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity) sejak 2 Oktober, 2009 yang silam (TWM)


Foto ilustrasi Perempuan membatik oleh: jogjacityparadise.com




Membatik, Museum Batik Yogyakarta Reviewed by Wisata Murah on 12.08 Rating: 4.5
2 Komentar untuk "Membatik, Museum Batik Yogyakarta"

kalo di jogjakarta motif batiknya bagus-bagus, jadi oleh-oleh darisana identik dengan pakaian batik..

yupz, batik jogja memang memiliki ciri khas tersendiri yang dari jauh waktu sudah menjadi bagian dari budaya jogja gan. thx

 

Unduh Gratis Hotel App Store

agoda