Wonderful Indonesia 2016
Buah Bibir!Mau Cari hotel online murah tanpa harus online? Gampang! Download Gratis Hotel App Store untuk Ponsel pintar di tips wisata murah home. Diskon Mentok 80%. Untuk mendapatkan Promo ini silahkan klik banner hotel yang muncul di layar HP Anda. #Dapatkan panduannya, Download sekarang! Gratis!

Rute Pendakian Gunung Argo Jembangan Timur Muria

Semalam melalui chating di fb ada salah satu temen yang menanyakan rute pendakian ke gunung Argo Jembangan yang memiliki ketinggian sekitar 1.700 meter dari permukaan air laut. Lokasi gunung Argo jembangan ini berada di antara kabupaten Pati, Kudus dan jepara, persisnya berada di deretan gunung Muria yang menyambung kearah timur mulai dari bukit Rahtawu, Bukit Pasar, Bukit Ringgit, Gunung Muria, Gunung Argo Jembangan dan Gunung Argo Ploso atau Pati kelir (untuk alias nama Gunung Argo Ploso kalau ada kekeliruan meyebut namanya mohon di koreksi, karena seingat saya orang setempat menyebut gunung tersebut dengan nama Gunung Pati Kelir).

Diantara bukit dan Gunung tersebut kalau kita amati dari jarak kejauhan yang terlihat paling tinggi adalah gunung Argo Jembangan, yang posisinya berderet menyambung berada di sebelah timur Gunung Muria.

Rute pendakian ke Gunung Argo Jembangan bisa di lalui dari arah desa Colo, Kemudian Desa Japan, lanjut masuk ke zona perhutani yang berada di antara Gunung Muria dan Argo Jembangan. Tapi medan dari sini sulit di lalui, dan pendaki sering kehilangan arah, karena selain kompas sering mendadak tidak berfunsi, kita juga tidak bisa melihat arah karena matahari pagi terhalang oleh puncak gunung Argo Jembangan.

Waktu saya mendaki Gunung Argo Jembangan bersama teman teman pecinta alam , salah satunya adalah sohib karib Iwan Pati yang sekarang bekerja di Jawa Post, rute yang paling mudah dan disarankan adalah melalui Kecamatan Gembong Pati.

Untuk menuju Gembong bisa dilalui dari Kudus atau Pati. Kalau anda mengambil dari arah Kota Pati, bisa melanjutkan membaca Menuju Waduk Seloromo Gembong Pati ini.

Kemudian dari Gembong masih harus melanjutkan perjalanan dengan mobil atau motor menuju Desa Domo Klakah Kasian, kemudian ke arah Desa Kidul Kali, lanjut ke desa Pondok-an, lanjut ke desa terpencil yang dikepung perkebunan kopi yang bernama Tunggul Wulung.

Rute jalan mulai dari Desa Kidul Kali sampai Pondok-an sebelum ke Tunggul Wulung ini sudah beraspal sedikit rusak, dan jalanan banyak tikungan dan tanjakan tinggi, jadi pastikan kendaraan yang dipergunakan benar benar sehat.

Dari desa Tunggul Wulung ini sudah ada jalan setapak yang biasa dipergunakan pendakian dan warga sekitar mengambil kayu bakar, pendakian tinggal mengikuti Giri atau punggung bukit hingga ke puncak Argo Jembangan. Pastikan kalau Anda belum pernah naik gunung ini mengajak anak muda dari desa sekitar, karena dipertengahan punggung bukit ada banyak cabang jalan setapak yang menurut logika kalou kita ikuti yang naik lurus kedepan itu adalah kearah puncak, tapi nyatanya kita nyasar, hehe.

Diatas Puncak Gunung Argo Jembangan tidak terlalu luas, hanya mungkin sekitar 150 meter persegi yang bisa didirikan tenda. Diatas Gunung juga tidak ada mata air, yang ada adalah suara gemuruh angin yang menakjubkan. Maka pastikan sebelum naik membawa persediaan air minum secukupnya. Perlu dikatahui juga udara diatas cenderung lembab yang susah menyalakan api untuk merebus air minum.

Di puncak Gunung Argo Jembangan Ada sebuah tugu dari beton yang dibangun oleh Perhutani, dan di tugu itu dulu pernah saya menulis dengan cat warna putih nama nama temen temen satu rombongan pendakian Argo Jembangan, Seperti Tias, Widi, Iwan, Atok, dan tak lupa nama asli saya serta nama seorang karib saya lainnya.





Rute Pendakian Gunung Argo Jembangan Timur Muria Reviewed by Wisata Murah on 08.19 Rating: 4.5
20 Komentar untuk "Rute Pendakian Gunung Argo Jembangan Timur Muria"

menceritakan pengalaman naik gunung apalagi sampai kesasaran menyisakan kesan tersendiri, membayangkannya saja sudah seru :D

kapan kapan saya pingin naik gunung galunggung, sambil mau liput penemuan situs baru ada di sekitar kaki gunung tersebut..

yupz memori selalu membuat kesan indah ya gan, hehe

hiya yah neng...jangankan terlibat dalam pendakiannya dengerin ceritanya juga udah termangu mengu dan merhatiin dengan seksama saking serunya.
kapan kita bisa naek gunung ya?

naik gunungan wayang atau gunungan rumah aja kang yang gampang. hehe

Semoga nanti mas bisa merasakan sensasi pendakian di Gunung Rinjani Lombok Utara. silahkan mampir ke blog saya mas mumpung hoby kita sama. http://7og4nk.blogspot.com

hehe, menikmati sensasi rinjani sejak dulu jadi impian saya gan, tapi belum kesampaian,, semoga nanti klo ada waktu bisa kesana.. thx sudah mampir

asyik neh pak, pengen merasakannya..
dicatet rutenya :)

Daya ingat yang kuat Kang, jadi pengen kesana Kang, heee....heee.....

kalau ada waktu boleh di coba cak, puncak argojembangan ini sangat unik, pada sisi barat yang menghadap jepara bukitnya tidak landai, tapi curam seperti separo kubus,,

kalau ada waktu boleh di coba cak, puncak argojembangan ini sangat unik, pada sisi barat yang menghadap jepara bukitnya tidak landai, tapi curam seperti separo kubus,,

hehe asah otak ya gan,, btw - silahkan di coba gan,,seru juga kok

Ada Guide ga boss, soalnya amatir ini,
takut ada apa2,. Tarifnya berapa?

sudah lama ga pernah naik sana gan.. coba agan hubungi pak abdul rahman rumahnya ada di kaki gunung argojembangan. barang kali dia bisa nyariin ,, ini cpnya

085225103775 thx

Saya mau ke sna minggu ini cuma ga tau jalur
Bisa di bantu ga kalo ga di temenin bgtu gan pealatan lengkap cuma kurang orang kalo ada yang mau hubungi

081282801365

gan coba hubungi pak Abdulrahman, dia mandor kebun di daerah tunggulwulung

ini cpnya.. bilangin dapat nomer dari tipwisatamurah.com yang devisi kantor jogja

085225103775

gan, gunung di pegunungan muria yg paling barat itu namanya gunung apa ya ?

hehe, hiya ya gan ,, ane malah ga merhatiin.. klo di timurnya namanya gunung argo jembangan dan patikelir

BTW baratnya bukit rahtawu dan bukit ringgit gan

Alhamdulillah 20-21 Agustus 2016 kami singgah lagi di Argojembangan setelah lebih 10 tahun ke sana, lewat jalur timur (Pos Tunggulwulung) jam 16.00 sampai puncak jam 17.50 turun keesokan paginya, Alhamdulillah lancar, cuaca bagus...

Alhamdulillah. yuz silahkan dishare pengalamannya, biar temen yg ingin mendaki kesana lebih banyak referensinya, thx

 

Unduh Gratis Hotel App Store

agoda