Wonderful Indonesia 2016
Buah Bibir!Mau Cari hotel online murah tanpa harus online? Gampang! Download Gratis Hotel App Store untuk Ponsel pintar di tips wisata murah home. Diskon Mentok 80%. Untuk mendapatkan Promo ini silahkan klik banner hotel yang muncul di layar HP Anda. #Dapatkan panduannya, Download sekarang! Gratis!

Surak Ibra, Kesenian dari Garut Yang Nyaris Punah

Surak Ibra, Kesenian dari Garut Yang Nyaris Punah Surak Ibra adalah nama kesenian tradisional unik khas dari desa Wanaraja Garut yang nyaris punah. Hingga saat ini permainan tradisional yang harus dimainkan minimal oleh 40 orang dan maksimal 100 orang ini perlu perhatian dan diremajakan kembali. Karena seperti nasib kesenian tradisional kebanyakan di indonesia, Surak Ibra ini mulai meredup dan hanya di lakoni oleh pemain tua.

Seperti halnya tari Reog Ponorogo, Pada kesenian Surak Ibra menurut riwayat yang berhasil dihimpun tipswisatamurah.com dari berbagai sumber ini juga bercerita tentang sindiran pada penguasa dzolim suka berbuat sewenang wenang . Adalah Raden Djajadiwangsa Putra Dari Raden Wangsa Muhammad (Dikenal Dengan Nama Lain Raden Papak), inilah koreografer atau pencipta tari Surak Ibra, yang konon gerak tari ini mulai digarap sejak tahun 1910 di Kampung Sindang Sari, Desa Cinunuk, Kecamatan Wanaraja Kabupaten Garut, Provinsi Jawa Barat. Terhitung sejak berdiri hingga sekarang ada 4 generasi yang sudah turut berjuang melestarikan aset budaya tradisional ini

Simbol atau gerakan Demonstrasi lewat kesenian tari Surak Ibra pada pemerintahan VOC Belanda yang berlaku seweneng wenang pada warga khususnya di daerah Desa Cinunuk dan umumnya daerah Kabupaten Garut ini ujudnya seperti tari kolosal yang bisa memukau penonton. Adapun peralatan standar yang biasa dipergunakan adalah seperti berikut

  • 2 (dua﴿ obor dari bambu.
  • Seperangkat gendang Pencak / lebih.
  • Seperangkat Dogdog / lebih.
  • Seperangkat Angklung / lebih.
  • Seperangkat Keprak / lebih.
  • Seperangkat Kentongan Bambu / lebih.
  • Hal-hal lain yang diperlukan waktunya.
Adapun ujud permainan tari Surak Ibra ini apa bila digarap dengan seksama bisa menjadi daya tarik wisatawan lokal maupun mancanegara, seperti halnya Wisata Adu Domba (TWM)


Foto ilustrasi Surak Ibra oleh: pikiran-rakyat.com




Surak Ibra, Kesenian dari Garut Yang Nyaris Punah Reviewed by Wisata Murah on 09.30 Rating: 4.5
0 Komentar untuk "Surak Ibra, Kesenian dari Garut Yang Nyaris Punah"
 

Unduh Gratis Hotel App Store

agoda