Wonderful Indonesia 2016
Buah Bibir!Mau Cari hotel online murah tanpa harus online? Gampang! Download Gratis Hotel App Store untuk Ponsel pintar di tips wisata murah home. Diskon Mentok 80%. Untuk mendapatkan Promo ini silahkan klik banner hotel yang muncul di layar HP Anda. #Dapatkan panduannya, Download sekarang! Gratis!

Jamuan Bajamba, Tradisi Makan Bersama Ala Padang

Jamuan Bajamba, Tradisi Makan Bersama Ala Padang Jamuan makan Bajamba adalah tradisi turun temurun makan bersama ala pesantren yang masih dilestarikan oleh orang padang hingga saat ini. Biasanya ritual budaya makan dengan menyuap pakai tangan ini dilakukan untuk menjamu dalam pertemuan keluarga dekat yang masih ada ikatan darah, dalam lingkup yang lebih luas juga dilakukan untuk menjamu pertemuan satu suku dan seterusnya, contoh kongkritnya seperti menjamu para atlet Tour de Singkarak yang baru berlangsung sekarang

Prosesi Makan Bajamba biasanya dilakukan setelah acara Pembacaan Ayat Suci Al Quran, yang kemudian dilanjutkan dengan semacam kultum atau petuah dari sesepuh adat atau orang yang dituakan dalam pertemuan tersebut. Kemudian para tamu undangan akan mengepug piring besar berdiameter 60 - 70cm yang sudah diisi masakan lezat

Sebagai simbolis acara makan bajamba dimulai oleh tetua adat atau orang yang dituakan dengan mengambil lauk pauk yang dihidangkan dengan tangan. Kemudian akan diikuti oleh anggota keluarga yang paling muda. Dan lazimnya dalam satu piring atau wadah yang besar akan di kepung oleh sekitar 6 atau beberapa orang dengan duduk bersila melingkari piring untuk orang laki laki, dan posisi bersimpuh untuk perempuan.

Sedang lauk pauk wajib yang harus ada dalam jamuan tersebut adalah rendang daging yang dicampur dengan kacang pagar, yang secara umum saru porsi atau satu wadah terdapat tiga rendang yang lengkap dengan bumbu rendangnya yang terkenal lezat dan nikmat.

Acara Makan Bajamba hingga saat ini masih terus berlangsung, dan bisanya dijadikan upacara pelengkap seperti pada acara pertemuan desa, perkawinan, khitanan, khatam Al Quran dan lain sejenisnya.

Kalau Anda masih suka atau bertahan pada topik sejenis informasi ini, silahkan lanjut membaca topik yang lagi hangat dibicarakan sekarang Gondoriah, Pantai Indah Tempat Start dan Finish TDS .


Foto ilustrasi Bajamba oleh: gadangdirantau.wordpress.com




Jamuan Bajamba, Tradisi Makan Bersama Ala Padang Reviewed by Wisata Murah on 11.09 Rating: 4.5
0 Komentar untuk "Jamuan Bajamba, Tradisi Makan Bersama Ala Padang"
 

Unduh Gratis Hotel App Store

agoda