Wonderful Indonesia 2016
Buah Bibir!Mau Cari hotel online murah tanpa harus online? Gampang! Download Gratis Hotel App Store untuk Ponsel pintar di tips wisata murah home. Diskon Mentok 80%. Untuk mendapatkan Promo ini silahkan klik banner hotel yang muncul di layar HP Anda. #Dapatkan panduannya, Download sekarang! Gratis!

Makanan Tradisional Yang Awet Kenyang Bila di Makan

Makanan Tradisional Yang Awet Kenyang Bila di Makan Kekayaan budaya Indonesia ini seperti tiada tandingnya, termasuk aneka kuliner tradisional yang enak dan terasa awet kenyang di perut jika di makan. Namun sayangnya berbagai jenis makanan Ndeso namun higinis dan lezat yang di olah tanpa menggunakan bahan pengawet ini perlahan mulai tergerus oleh serbuan masakan instan dari mancanegara yang di sajikan secara profesional dan di jual dalam mall dan gedung gedung yang megah. Dan berikut beberapa makanan tradisonal yang enak juga buat buka puasa bersama yang berhasil di himpun tipswisatamurah.com yang bisa anda cicipi.

Daftar Isi

Tiwul Gunung Kidul

Tiwul adalah makanan tradisioanl yang dibuat dari bahan baku Gaplek (Gaplek adalah ketela pohon yang diawetkan dengan cara dikupas kulitnya kemudian di jemur diterik sinar matahari). Gablek yang sudah kering kemudian di rendam dalam air kemudian ditumbuk setelah itu langsung dikukus.

Tiwul ini dulunya sebagai pengganti nasi dibeberapa daerah di Jawa seperti Gunung Kidul, DI Yogyakarta, Wonogiri, Jawa tengah dan seterusnya. Dalam setiap porsi thiwul yang ditaburi parutan kelapa dan adakalanya ditambah gula pasir ini mengandung karbohidrat yang sangat tinggi,hal inilah yang membuat tiwul terasa awet kenyang jika dimakan

Kue Putu

Kue putu yang terbuat dari sagu dan gula merah ini juga salah satu masakan tradisional Indonesia yang terasa awet kenyang bila dimakan. Jenis makanan ringan tapi membuat kenyang ini juga banyak mengandung nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Karena setiap kue putu yang kita makan ini terbuat dari camnpuran beras, sagu, cairan gula merah serta daun pandan dan parutan kelapa.

Growol Kulonprogo

Makanan Tradisional Growol ini hanya bisa ditmemukan di daerah Kulonprogo bagian dari Provinsi Yogyakarta . Jenis masakan khas Wates ini dibuat dari tumbukan ketela pohon yang dikukus. Seperti halnnya tiwul yang merupakan makanan khas gunung kidul, pada Growol ini juga mengalami proses pembuatan yang kurang lebih sama dengan Thiwul. Yang membedakan kalau Thiwul ketelanya harus di buat Gaplek dulu, tapi pada Growol ini setelah ketela dikupas langsung direndam dalam air yang rata rata membutuhkan waktu 2 atau 3 hari. Dan makanan sejenis dari kuliner daerah ini adalah Geblek Wates Makanan Enak Dari Kulonprogo

Makanan Tradisional Growol ini juga lengkat bila di pegang karena kandung patiokanya masih dominan. Dan bila di makan di perut terasa adem dan awet kenyang. Dan tak kalah menariknya Growol memiliki bau khas yang unik, kecut kecut seperti barang yang tersembunyi yang membuat ketagihan kaum HAWA, hehe

Gethuk

Gethuk adalah makanan khas dari ketela pohon yang rata rata masyarakat Jawa mengkonsumsinya. Dan cara membuat Gethuk ini lebih sederhana ketimbang Thiwul dan Growol. Karena ketela cukup dikupas kulitnya kemudian di kukus dan setelah masak dilanjutkan dengan ritual menumbuk di lumpang atau lesung dan sejenisnya. Setelah tumbukan merata kemudian diangkat dan disajikan dengan parutan kelapa dan ditaburi gula pasir.

Dan Gethuk juga menjadikan perut kenyng bila dimakan, walau sekarang Gethuk juga di oleh menjadi makanan ringan untuk oleh oleh seperti yang banyak di produksi di daerah Magelang Jawa Tengah. Untuk Gethuk Magelang ini Anda bisa melanjutkan membaca artikel terdahulu yang bertajuk Wisata Kuliner Dan Oleh Oleh khas kota Magelang (TIWIMU)


Foto Tiwul oleh: alirengke2.blogspot.com




Makanan Tradisional Yang Awet Kenyang Bila di Makan Reviewed by Wisata Murah on 15.08 Rating: 4.5
7 Komentar untuk "Makanan Tradisional Yang Awet Kenyang Bila di Makan"

makanan tradisional tersebut masih banyak dijumpai di kampung saya mas, dan memang betul awet kenyang bila dikonsumsi.

kalo gethuk dan putu sering saya konsumsi di makassar..tiwul hanya sekali-kali saja kalo ada hajatan...tapi growol..belum pernah nyoba....keep happy blogging always...salam dari Makassar :-)

hehe, makanan kebanggaan m fovorit nenek moyang ya gan, hehehe thx

growol memang didaerah lain memang ga ada pak, adanya cuma di kulonprogo keknya, thx

Bikin saya terbayang bayang sama GETHUK nih bang soalnya makanan favorit saya sih..hahahyy

he he, suka dengan gethuk juga,,, klo ke jogja mampir nanti di suguhi gethuk, hehe, thx

 

Unduh Gratis Hotel App Store

agoda