Wonderful Indonesia 2016
Buah Bibir!Mau Cari hotel online murah tanpa harus online? Gampang! Download Gratis Hotel App Store untuk Ponsel pintar di tips wisata murah home. Diskon Mentok 80%. Untuk mendapatkan Promo ini silahkan klik banner hotel yang muncul di layar HP Anda. #Dapatkan panduannya, Download sekarang! Gratis!

Tempat Menarik Pilihan Wisatawan di Pontianak

Tempat Menarik Pilihan Wisatawan di Pontianak Pontianak adalah kota multi entik yang memiliki keragaman budaya unik, selain itu kota Pontianak juga dikenal akan tempat wisata yang menarik pilihan wisatawan dari dalam maupun luar negeri maupun warga setempat. Karena Kota yang dilalui garis Khatulistiwa dan sungai terpanjang di Indonesia yakni sungai Kapuas ini menawarkan tempat rekreasi yang boleh dibilang paling langka dari daerah lainnya, misalnya seperti Tugu Khatulistiwa yang dilalui garis lintang nol derajat bumi.

DAFTAR ISI


  1. Tugu Khatulistiwa
  2. Masjid Jami
  3. Alun Kapuas
  4. Makam Batu Layang
  5. Aloe Vera Center
  6. Taman Nasional Gunung Palung
  7. Hotel Murah di Pontianak

Tugu Khatulistiwa
Tugu Khatulistiwa di Kota Pontianak menjadi Istimewa bagi sebagaian wisatawan pecinta astronomi. Karena ditugu tersebut setiap duakali dalam setahun terjadi kejadian langka yang dinamakan Peristiwa titik kulminasi Matahari. Pada waktu tersebut posisi titik perpotongan antara pusat matahari dengan garis Khatulistiwa berada pada 109o 201 00" bujur timur atau disebut kulminasi.

Di Waktu terjadi Peristiwa langka dan unik di kota Pontianak ini semua benda yang berada disekitar Tugu tidak memiliki bayangan matahari. Dan saat seperti itu biasanya terjadi menjelang tengah hari setiap tanggal 21-23 Maret dan September setiap tahunnya. (Baca juga Tugu khatulistiwa Selain di Pasaman ada dimana?)


Masjid Jami
Masjid Jami adalah ikon kota yang menjadi cikal bakal kota Pontianak. Karena berdirinya bangunan paling bersejarah dan tergolong bangunan paling tua di kota Pontianak ini di didirkan sebagai tonggak pemerintahan pertama Sultan Syarif Abdurrahman pendiri Kota Pontianak

Menurut catatan sejarah yang dirunut tipswisatamurah.com dari beberapa sumber menyebutkan. Kota Pontianak didirikan oleh Syarif Abdurrahman Alkadrie pada hari Rabu, 23 Oktober 1771 (14 Rajab 1185 H). Dalam catatan tersebut juga menjelaskan, bahwa babat alas pertama untuk mendirikan kota tersebut Sultan Syarif Abdurrahman membuka hutan di persimpangan Sungai Landak, Sungai Kapuas Besar, dan Sungai Kapuas Kecil untuk dijadikan basis pemerintahan Istana Kadariah, termasuk Masji Jami yang sekarang berubah nama menjadi Masjid Sultan Syarif Abdurrahman yang terletak di Kelurahan Dalam Bugis, Kecamatan Pontianak Timur, Pontianak, Kalimantan Barat, Indonesia.


Alun Kapuas
Alun Kapuas adalah sebuah taman rekreasi untuk keluarga yang peling terkenal di Kota Pontianak. Sebagaimana diketahui kota ini berada di tiga belahan sebagai tempat pertemuan Sungai Kapuas dan Sungai Landak. Taman Wisata Kota ini memmiliki cirikhas tersendiri berupa pemandangan indah yang di latarbelakangi lalu lalangnya transportasi utama sepertri kapal tradisional berupa sampan maupun ferry sebagai moda penghubung antara pusat kota dengan pinggiran kawasan Siantan dan Kampung Beting yang dikenal juga dengan kuliner lautnya.


Makam Batu Layang
Di Makam Batu Layang inilah dimakamkan pendiri Kota Pontianak yang sekarang menjadi tempat wisata religius. Di dalam makam tersebut terdapat makam Raja Pertama Kadariah di Pontianak yakni Sultan Syarif Abdurrahman Alqadrie, hingga Raja yang terakhir yang tercatat sebagai Sultan Hamid II.

Untuk mengunjungi lokasi tempat wisata religius yang bejarak hanya sekitar 2km dari Tugu Khatulistiwa di POntianak ini, wisatawan bisa menggunakan moda darat maupun air (Setiap hari besar Islam tahun hijrah, tempat ini selalu ramai dikunjungi wisatawan)


Aloe Vera Center
Aloe Vera Center adalah sebuah taman budidaya tanaman langka berasal dari Kapulauan Canary, Afrika Utara. Di Yunani tanaman ini biasa dipakai bahan obat herbal yang dipercaya sebagai penyembuh semua penyakit, sedang di Aloe Vera Center ini para wisatawan bisa menyaksikan langsung proses pembuatan tanaman aloevera menjadi tepung yang digunakan untuk membuat makanan cemilanseperti dodol, kerupuk serta minuman siap saji.

Selain proses pembuatan makanan berbahan dari tanaman Aloevera tersebut, di Orchid Center Wisatawan juga bisa menyaksikan tanaman anggrek hitam khas Kalimantan yang disinyalir mulai punah.


Taman Nasional Gunung Palung
Taman Nasional Gunung Palung (TNGP) adalah sebuah taman nasional yang memiliki luas 90.000 hektar terletak di Kecamatan Matan Hilir Utara, Sukadana, Simpang Hilir, Nanga Tayap, dan Sandai, Kabupaten Ketapang, hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit dari Pontianak Kalimantan Barat

Menurut beberapa kalangan, TNGP mempunyai ekosistem termasuk paling lengkap di antara taman-taman nasional di Indonesia. Karena ditaman tersebut selain aneka hayatinya juga masih terdapat sekitar 2.000 ekor lebih orangutan jenis Bekantan yang berada di kawasan Gunung Palung TNGP tersebut.


Hotel Murah di Pontianak
Penginapan atau hotel budget yang turut menjadikan semaraknya wisata kota Pontianak ini terdapat dari berbagai jenis tipe, Tersedia mulai dari bintang satu hingga bintang 5 dengan keunggulan masiang masing. Namun kalau patokan Anda mencari hotel adalah hotel bintang yang nyaman, bersih dan harga murah. Anda bisa meninjau Hotel Harga Terbaik di Pontianak (tiwimu)





Tempat Menarik Pilihan Wisatawan di Pontianak Reviewed by Wisata Murah on 09.03 Rating: 4.5
0 Komentar untuk "Tempat Menarik Pilihan Wisatawan di Pontianak"
 

Unduh Gratis Hotel App Store

agoda