Wonderful Indonesia 2016
Buah Bibir!Mau Cari hotel online murah tanpa harus online? Gampang! Download Gratis Hotel App Store untuk Ponsel pintar di tips wisata murah home. Diskon Mentok 80%. Untuk mendapatkan Promo ini silahkan klik banner hotel yang muncul di layar HP Anda. #Dapatkan panduannya, Download sekarang! Gratis!

Tradisi Puasa Bisu Muter Benteng Malam 1 Sura

Tradisi tapa atau puasa bisu muterin benteng setiap malam 1 muharam kelender hijrah atau 1 sura kalender Jawa pada tahun ini cukup meriah tapi khusuk. Acara diikuti ribuan warga dan Abdi Dalem Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat serta dari unsur pemerintahan. Prosesi dimulai sekitar pukul 21.00 WIB dengan pemotongan tumpeng, dilanjutkan membaca macapatan (Lagu petuah).

Tapa bisu mubeng benteng dimulai dari pelataran Keben Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat. Kemudian rute dilanjutkan menuju Jalan Kauman, lalu Jalan Wachid Hasyim sampai ke Pojok Benteng Kulon dilanjutkan kearah timur belok dari Plengkung Gading sampai Pojok Benteng (Jokteng) Wetan.

Seluruh peserta yang turut dalam tirakatan ini dilarang berbicara, makan maupun minum. Lelaku ini dilakukan dengan tujuan supaya yang terlibat bisa melakukan evaluasi dan introspeksi diri, bahwa hidup ini ada yang menggerakkan atau menghidupkan. Dengan demikian diharpkan setelah usai tapa bisu ini semua peserta bisa bertambah syukur kepada zat yang Maha Esa, yang sudah memberi kesehatan serta kenikmatan.

Sedang tujuan utama tirakat atau puasa bisu mengelilingi benteng keraton ini adalah merupakan simbol keprihatinan yag sudah dilalui sekaligus kesiapan untuk menghadapi tahun yang akan datang dengan diharapkan bisa bertambah iman serta meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, Alloh Subhanahu wa ta'ala





Tradisi Puasa Bisu Muter Benteng Malam 1 Sura Reviewed by Wisata Murah on 23.54 Rating: 4.5
0 Komentar untuk "Tradisi Puasa Bisu Muter Benteng Malam 1 Sura"
 

Unduh Gratis Hotel App Store

agoda