Wonderful Indonesia 2016
Buah Bibir!Mau Cari hotel online murah tanpa harus online? Gampang! Download Gratis Hotel App Store untuk Ponsel pintar di tips wisata murah home. Diskon Mentok 80%. Untuk mendapatkan Promo ini silahkan klik banner hotel yang muncul di layar HP Anda. #Dapatkan panduannya, Download sekarang! Gratis!

Melihat Jogja Dari Atas Awan di Puncak Surolayo


Peta Lokasi Puncak Surolayo

Dari Puncak bukit Suroloyo yang memiliki panorama sangat mempesona ini, wisatawan bisa melihat kota Jogja dan Candi Borobudur dari atas awan seperti dari dalam pesawat. Tempat wisata alam yang berada di barisan bukit Menoreh dengan ketinggian sekitar 2000 meter dpl ini konon merupakan poros pertemuan 4 gunung yang syarat dengan legenda seperti Gunung Merapi, Gunung Merbabu, Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing.


Daftar Isi

Fasilitas di Puncak Suroloyo

Untuk memberi kenyamanan wisatawan yang ingin menikmati keindahan Puncak Bukit Suroloyo. di puncak bukit yang pernah dijadikan sebagai tempat pertapaan Sultan Agung Hanyokrokusumo (Raja pertama Mataram Islam) ini di bangun 3 pendopo atau biasa di sebut Gardu Pandang. Untuk menuju masing masing Gardu Pandang oleh Pemda Kulonprogo juga dibangun tangga permanen yang bisa di lalui. Namun yang kudu diperhatikan sebelum Anda menanjaki bukit Legendaris ini, di lokasi belum tersedia warung, sebaiknya sediakan keperluan secukupnya seperti air putih dalam botol kemasan dan cemilan

Gardu Pandang Puncak Kaendran

Tempat pertapaan atau Gardu Pandang paling atas bernama Pertapaan Kaendran, atau Gardu Pandang ketiga. Untuk mencapai puncak tertinggi ini, wisatawan harus menaiki sekitar 200 anak tangga dari Gardu Pandang ke dua, yakni Gardu Pandang Sariloyo. Dari Gardu Kaendran ini wisatawan bisa melihat samar samar warna biru pemandangan laut lepas Panti Glagah Kulonprogo.

Gardu Pandang Puncak Sariloyo

Gardu Pandang kedua adalah pertapaan Sariloyo. Posisi gardu ini berada di sebelah barat melaui jalan setengah melingkar dari Gardu pandang Suroloyo. Dari tempat pertapaan Sariloyo ini wisatawan bisa melihat keanggunan dua gunung yakni Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing.

Gardu Pandang Puncak Suroloyo

Gardu Pandang yang terletak paling bawah atau yang pertama adalah Gardu Pandang pertapaan Suroloyo. Dari tempat yang dulunya menjadi tempat pertapaan Sultan Agung inilah wisatawan bisa melihat eksotisnya pemandangan dari atas awan kota Yogyakarta.

Jalur atau Cara Cepat Menuju Puncak Suroloyo

Terdapat tiga jalur yang bisa di lalui, dari ketiga jalur tersebut masing masing memiliki keunikan pemandangan dan waktu tempuh yang berbeda. Untuk mempersingkat waktu perjalanan menuju Puncak Suroloyo, sebaiknya Anda perhatikan uraian di bawah ini.

Rute Pertama jalur Godean

Kalau Anda datangnya dari arah timur atau dari kota Solo maupun Yogyakarta, sebaiknya anda menempuh jalur ini. Dari Tugu Jogja, Anda bisa mengambil jalan kerah barat melewati Demak Ijo - Godean - Sentolo - Kalibawang - Puncak Suroloyo.

Rute ke Dua Jalur Muntilan

Kalau Anda ingin mengunjungi Puncak Suroloyo dari arah Utara atau dari kota Semarang, sebaiknya Anda melalui jalur ini. Selepas dari kota Magelang, Anda masih harus melaju kerah selatan yakni Muntilan, belok ke arah barat menuju Kalibawang, kemudian ke arah Utara Puncak Suroloyo. Supaya lebih jelas kami tulis seperti berikut. Magelang - Muntilan - kalibawang - Puncak Suroloyo.

Rute ke Tiga Jalur Wates

Kalau Anda datang dari arah barat melalui selatan seperti dari Bandung, Cirebon, Jakarta via Purworejo, sebaiknya Anda mengambil rute atau jalur ke tiga ini. Setelah memasuki kota Wates, Anda bisa menuju utara yakni Pengasih, PPSJ Nanggulan, Kalibawang, belok kiri atau ke arah utara menuju Puncak Suroloyo.




Melihat Jogja Dari Atas Awan di Puncak Surolayo Reviewed by Wisata Murah on 08.51 Rating: 4.5
0 Komentar untuk "Melihat Jogja Dari Atas Awan di Puncak Surolayo"
 

Unduh Gratis Hotel App Store

agoda