Wonderful Indonesia 2016
Buah Bibir!Mau Cari hotel online murah tanpa harus online? Gampang! Download Gratis Hotel App Store untuk Ponsel pintar di tips wisata murah home. Diskon Mentok 80%. Untuk mendapatkan Promo ini silahkan klik banner hotel yang muncul di layar HP Anda. #Dapatkan panduannya, Download sekarang! Gratis!

Tips Menikmati Liburan di Kalibiru Kulonprogo Jogja

Kata pepatah banyak jalan menuju Roma, namun tips menikmati permainan dan keindahan saat liburan di Kalibiru Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta bisa Anda ikuti secara rinci di tipswisatamurah.com. Dan tulisan ini sekaligus untuk menggugurkan artikel sebelumnya, karena Kalibiru yang sekarang sudah dikelola dengan profesional oleh warga setempat, yang dilengkapi dengan sarana fasilitas umum seperti Area WiFi Gratis, mushola, aula rumah joglo untuk rehat gratis, wisma atau homestay yang dikelola masyarakat, lapangan parkir, warung murah meriah hingga WC Umum.


Daftar Isi

Obyek Wisata Alam Kalibiru

Obyek wisata alam Kalibiru yang berada di ketinggian 450 m dpl di Perbukitan Menoreh daerah Hargowilis, kecamatan Kokap, Kabupaten Kulon Progo ini memiliki kontur tanah bergelombang yang didominasi perbukitan dalam area hutan lindung. Hutan dikelola masyarakat setampat yang tetap terjaga kelestariannya, dan hutan ini sekaligus dijadikan obyek wisata alam. Untuk menuju lokasi bisa ditempuh melalui dua rute Sermo Dan Clereng, dan dari masing masing rute jalan sudah beraspal baik yang bisa dilalui kendaraan roda empat non bus dan sepeda motor. Tapi pastikan kendaraan sehat, terutama pada rem, karena jalanan banyak tanjakan curam dan tikungan tajam

Rute Sermo ke Kalibiru

Secara umum, traveler lebih suka memilih jalur Sermo, Karena selain mengunjungi kalibiru, Bendungan Sermo juga menawarkan pemandangan alam yang indah, khususnya pada sore hari. (Baca Cantiknya Sinar Kuning Emas di Waduk Sermo.) Jalur sermo kalau dari arah Jogja lebih cepat ditempuh via Sentolo - Pengasih - Alun Alun Wates - RSUD Wates - Beji - Sermo - Kalibiru. Caranya kalau dari kota Jogja, setelah melewati jembatan Bantar (3 jembatan panjang berjajar), sekitar 3km terdapat stasiun Sentolo, ikuti plang ke arah kanan menuju Pengasih - Wates.


Rute Clereng ke Kalibiru

Rute Clereng waktu tempuh lebih cepat dan medan tidak seberat jalur Sermo. Adapun jalur Clereng kalau dari kota Jogja, ambil jalur sama Sentolo - Pengasih, bedanya sesampainya di perempatan ambil ke arah kanan menuju Clereng - Kalibiru. Perhatikan jangan sampai kebablasan. Sesampai di pasar (kecil) Clereng sekitar 300 meter terdapat jembatan yang terletak persis di tikungan. Selepas jembatan jarak sekitar 20 meter terdapat plang kecil yang memberi instruksi (petunjuk arah) belok arah kiri menuju Kalibiru.


Aktifitas Yang Bisa Dilakukan

Anda baru bisa menikmati jalan jalan ke Kalibiru, apa bila Anda membaca dengan seksama jalur singkat untuk menghemat waktu liburan di atas, karena waktu tidak terbuang di jalan dan stamina juga tidak terkuras di perjalanan. Adapun aktifitas yang bisa dilakukan untuk menjelajah wisata Kalibiru, mulai dari sekedar menghirup udara segar dan menyaksikan keindahan alam dengan view waduk Sermo dan kota kota yang berada di bagian selatan seperti wates dan laut kidul, wisatawan juga bisa menikmati High Ropes Game, sebuah permainan outbound hingga menjelajah Jalur Trekking dengan berbagai pilihan. Adapun selengkapnya seperti berikut.


Narsis Foto di Pohon Foto

Selain gardu pandang, di area wisata Kalibiru juga disediakan Pohon Foto. Kebanyakan wisatawan lebih suka narsis di atas pohon yang dipasangi papan tempat duduk di antara ranting untuk melihat pemandangan perbukitan dengan background bendungan Sermo.


High Ropes Game

Permainan yang memacu andrenalin di Kalibiru ini untuk saat sekarang lagi digandrungi wisatawan. Dalam permainan ini terdapat 5 permainan yang digabung menjadi satu. Namun wisatawan diijinkan hanya memilih satu permainan saja, misalnya berjalan di atas jembatan kayu yang bergantung di ketinggian, Adapun urutan game tersebut pertama dimulai panjat batu, dilanjut berjalan di atas jaring, kemudian berjalan di atas tali tunggal, disambung dengan permainan berjalan di atas jembatan kayu yang disusun sambung menyambung dengan tali, kemudian permainan akan diakhiri dengan permainan flyingfox, yakni bergelantung di seutas tali yang meluncur dan mendarat pada papan di atas pohon.


Jalur Trekking Kalibiru

Wisata Kalibiru juga menyediakan jalur trekking untuk wisatawan yang suka menjelajah. Pada permainan ini terdapat beberapa pilihan jalur trekking, dengan rute dan panjang jalur yang bisa disesuaikan. Mulai dari jarak dekat sekitar 2 - 3 km, hingga jarak tempuh 4 - 5 km. jelajah trekking ini gratis


Kuliner di Kalibiru

Tadi sore Admin tipswisatamurah.com hunting lokasi di Kalibiru, untuk saat sekarang urusan kuliner sudah tersedia diberbagai tempat, mulai dari warung yang didesain seperti kafe yang berada di pintu masuk setelah halaman parkir, hingga warung lesehan yang terletak diturunan setelah gardu pandang bukit pertama. dan setiap 50 meter bisa dengan mudah ditemukan penjaja makanan ringan hingga sayur lontong dan nasi lauk serta Mie Ayam Pangsit. Harga dijamin murah


Hotel Murah di Kalibiru

Bagi wisatawan yang ingin menghabiskan waktu dengan menikmati sunset dengan menginap di dalam area dan sekitar lokasi juga tersedia penginapan jenis wisma dan homestay yang dikelola warga setempat. Harga homestay menurut salah satu penjaga yang dihubungi Admin, sekitar Rp 250ribu.


Video Pesona Dan Asal Usul Kalibiru




Tips Menikmati Liburan di Kalibiru Kulonprogo Jogja Reviewed by Wisata Murah on 22.21 Rating: 4.5
33 Komentar untuk "Tips Menikmati Liburan di Kalibiru Kulonprogo Jogja"

Mohon ijin nunut nge link yo, mbah
Jo nesu lho ndak nggantheng...

monggo mas rawin yg suka bikin mumet, xixixi

Min. Mohon petunjuk, kalo dari kalibiru ke malioboro naik kendaraan umum apa ya?

transportasi ke kali biru klik www.sewamobiljogja.com
lengkap dan Profesional, cobain deh kereen pokoknya

Mohon info dong kalo dari surabaya mending naik bis apa kereta
Makasih

Mohon info klo dari lempuyangan berapa jam yah kira" perjalanan ke kalibiru? Thx kakanyahh 😆

dari lempuyangan sekitar 50 menit klo pakai sepeda motor lewat jalur godean.. gampangnya dari arah stasiun lempuyanagan ambil arah tugu jogja. ikuti jalan lurus terus kearah barat menuju godean (ikuti petunjuk plang jalan)

klo naik kendaraan umum bisa sekitar 100 menit bahkan lebih,

malam mas klau mau berwisata ke kalibaru menggunakan bus pariwisata bisa kah ?? dari surabaya

bus pariwisata belum bisa masuk lokasi.. karena medannya berkelok sempit..mobil kecil bisa selain sedan ya

Mas maaf saya mau tanya..saya mau backpackeran ke kalibiru. Nah kalau dari malioboro naek angkot apa ya kesana?

harus ke terminal dulu, lanjut naik bus ke dekso, sambung ojeg ke kalibiru

dari malioboro brp jam perjalanan.

Yanv mau ke kalibiru tanggal 3juni ada??

Ayo mba sayamau ke kali biru bson

Assmklm. Kalo Dari Jakarta ke kalibiru bagaimana ? Semisal Dari Jakarta-Jogjakarta saya Dan anak saya 10 tahun naik pesawat. Mohon infonya Dari jogja ke kalibiru. Wass.

kalau naik kendaraan umum agak ribet pak, rute dari bandara naik transjogja ke terminal giwangan, sambung bus ke dekso,, dari dekso ini untuk menuju lokasi masih harus naik ojeg sekitar 25 menit...

klo bapak suka naik sepeda motor lebih hemat dan nyaman sewa motor harga mulai Rp 65rb/hari....
atau sewa mobil dirental

Kalo dari malioboro ke kalibiru, rutenya mna ya ? Sya bawa motor.tq

gampangnya dari tugu atau pal putih ambil lurus terus kearah barat sampai ketemu godean..

dari sana cari arah ke clereng atau sermo

Malam admin, mohon info penginapan d kalibiru donk, minta contacnya ya.. Terima kasih admin

Ma'af saya dari Surabaya mau lewat rute KA, kalo mau ke Rimbono home stay, stasiun terdekatnya mana ? dan transportasi jalur bagaimana

Ma'af saya dari Surabaya mau lewat rute KA, kalo mau ke Rimbono home stay, stasiun terdekatnya mana ? dan transportasi jalur bagaimana

maaf saya dari Tangerang mau ke kalibiru tapi gak punya duit, gimana ya mas? gakgakgakgakgak nice artikel pakde . Poko e joss gandoss lah mantap !

kalau dari purworejo lebih hemat waktu lewat mana maz?Pakai bus isi 50 bisa toooo

Mohon Info klo naik motor jalanan nya terjal bgt ga ya ke kalibiru dr lempuyangan ?

langsung ke wates, lanjut clereng mas, tapi klo bus gede tidak direkomendasikan.. krn medannya tanjakan berkelok

wah, semoga suatu saat kalau ke Jogja bisa main ke Kalibiru.. :)

kalau saya berada di malioboro mau ke kalibiru dengan motor ,
rutenya dari mana ke mana yah
infonya dong ? :)

Wisata Alam Kalibiru memang tempat yang keren untuk didatangi. kapan - kapan pengen lah ke sini lagi. :)

 

Unduh Gratis Hotel App Store

agoda