Wonderful Indonesia 2016
Buah Bibir!Mau Cari hotel online murah tanpa harus online? Gampang! Download Gratis Hotel App Store untuk Ponsel pintar di tips wisata murah home. Diskon Mentok 80%. Untuk mendapatkan Promo ini silahkan klik banner hotel yang muncul di layar HP Anda. #Dapatkan panduannya, Download sekarang! Gratis!

Menengok Sejarah dan Wisata Populer di Bengkulu

Menengok Sejarah dan Wisata Populer di Bengkulu

Bengkulu yang memiliki semboyan Sekundang setungguan seio sekato yang artinya "seberat apapun pekerjaan jika dikerjakan bersama-sama akan terasa ringan juga" ini terletak di pesisir barat Pulau Sumatra dan berhadapan langsung dengan Samudera Indonesia. Bengkulu berada pada koordinat 300 45’ – 300 59’ LS dan 1020 14’ - 1020 22’ BT dengan luas wilayah 151,7 km².


Bengkulu MAPS


Mezi Aris Apronny

Profil Pengirim Artikel Bengkulu:
Mezi Aris Apronny: lahir 19 April di Bengkulu Hobi jalan jalan dan mengaku sangat mengagumi semua tempat wisata di Bengkulu

Ikuti Kicauannya Mezi di - Facebook

Anda juga bisa berpartisifasi seperti ini untuk mempromosikan usaha anda, gratis





Sejarah Bengkulu

Penduduk yang mendiami kota ini berasal dari berbagai suku bangsa, di antaranya suku Melayu, Rejang, Serawai, Lembak, Bugis, Minang, Batak dan lain-lain.

Bengkulu yang lekat dengan sejarah perjuangan bangsa ini ditetapkan sebagai provinsi pada 18 November 1968, memiliki sepuluh kabupaten/kota, yakni Kota Bengkulu, Kabupaten Rejang Lebong, Kabupaten Lebong, Kabupaten Kepahiang, Kabupaten Bengkulu Utara, Kabupaten Mukomuko, Kabupaten Bengkulu Tengah, Kabupaten Bengkulu Selatan, Kabupaten Kaur dan Kabupaten Seluma.

Bengkulu juga menjadi salah satu mata rantai yang selalu dicatat oleh sejarah Indonesia, karena provinsi Bengkulu ini, Presiden pertama Indonesia yaitu Soekarno pernah menjalani pengasingan oleh pemerintah kolonial, selama empat tahun, 1938-1942.

Ibu Negara sekaligus penjahit Sang Merah Putih yaitu Fatmawati juga lahir di Bengkulu, pada tanggal 5 Februari 1923 di Desa Malabero, Kota Bengkulu, Ibu Fatmawati merupakan anak tunggal dari pasangan Hasan Din (Tokoh Muhammadiyah Bengkulu) dan Siti Chadijah.

Kebanyakan penduduk Bengkulu adalah berbudaya Melayu dan kebiasaannya mirip dengan provinsi-provinsi di Sumatra. Masyarakat Bengkulu mengembangkan tulisan sendiri yang disebut dengan ka-ga-nga.


Masyarakat dan Budaya

Bengkulu memiliki kerajinan tradisional batik besurek, yakni kain batik yang dihiasi huruf-huruf Arab gundul. Seni musiknya adalah Geritan, yaitu cerita sambil berlagu; Serambeak, yang berupa patatah-petitih; Andi-andi, yaitu seni sastra yang berupa nasehat. Sedang kesenian tari tradisionalnya adalah, antara lain, Tari Tombak Kerbau, Tari Putri Gading Cempaka, Tari Sekapur Sirih, Tari Pukek, Tari Andun, dan Tari Kejai, dll


Flora dan Fauna

Bengkulu memiliki kekayaan flora unik seperti Raflessia arnoldy yang ditemukan pertama kali oleh Sir Thomas Raffles dan Dr. Arnoldy di Dusun Lubuk tahun 1818. Bunga ini adalah bunga terbesar di dunia berdiameter 100 cm.

Bunga Raflessia arnoldy membutuhkan 6 sampai 8 bulan untuk tumbuh dan 15 hari setelah itu untuk berbunga. Keunikan dari bunga ini adalah tidak memiliki akar, daun dan batang.

Selain itu di Bengkulu juga terdapat bunga Kibut yang dalam bahasa latin biasa disebut Amorphopalus titanuum. Bunga ini sangat unik dan cantik karena tidak memiliki batang tetapi memiliki bunga yang tingginya mencapai 3 m dan kuat tumbuh di atas tanah. Bunga Kibut tumbuh di sekitar Rejang Lebong mengelilingi Kepahiang, Bengkulu Utara, dan Bengkulu Selatan.

Bengkulu juga memiliki beragam tanaman anggrek di antaranya anggrek air atau Vanda hookeriana. Anggrek air ini hanya terdapat di Danau Dendam Tak Sudah yang terletak sekitar 5 km dari kota Bengkulu. Beberapa macam anggrek liar dan alami lainnya dapat Anda ditemukan di provinsi Bengkulu.


Wisata Populer di Bengkulu

Pantai Panjang

Menengok Sejarah dan Wisata Populer di Bengkulu - Pantai Panjang
Pantai Panjang

Bengkulu memiliki keindahan wisata bahari yang tidak bisa dilewatkan. Pasir putih Pantai Panjang sepanjang 7 km dan air laut yang jernih jadi andalan Bengkulu. Pantai ini siap jadi tujuan wisata baru Anda.

Pantai panjang merupakan salah satu pantai favorite di Kota Bengkulu, bagaimana tidak, pasirnya putih, pantainya landai dan airnya pun jernih. Terlebih, pantai ini memiliki garis yang panjangnya lebih kurang 7 km merupakan pantai yang indah dengan pasir putih

Sepanjang bibir pantainya ditumbuhi pohon cemara pantai yang oleh masyarakat sekitar disebut pohon "Ru" menambah asri suasana pantai yang keindahnya diyakini tidak kalah dengan pantai Pataya Thailand.

Keunikan lainnya Pantai panjang ini adalah ombaknya yang besar sebagai ciri dari laut Samudera Hindia.

Olahraga air yang dapat dijumpai di pantai panjang diantaranya banana boat, jet ski, dll. Pantai ini akan sangat ramai sekali jika musim liburan, dan puncaknya pada hari raya idul fitri yang mana masyarakat Bengkulu dan pengunjung dari berbagai kota akan tumpah di pantai yang indah ini.

Akses ke pantai panjang inipun cukup mudah, bisa langsung dari Bandara Fatmawati Soekarno, penginapan dan Hotel juga banyak tersedia di kawasan Pantai Panjang Bengkulu.

Agusrin M Najamudin, ST sebagai Gubernur Bengkulu kala itu mencanangan Bengkulu sebagai kawasan wisata Internasional. Dalam konsepnya, kedepan obyek wisata ini akan dikembangkan menjadi salah satu tujuan wisata internasional.


Pulau Tikus

Menengok Sejarah dan Wisata Populer di Bengkulu - Pulau Tikus
Pulau Tikus

Seperti namanya Pulau Tikus merupakan pulau kecil yang luasnya tidak lebih besar dari lapangan sepak bola, namun memiliki potensi wisata bahari dengan terumbu karang yang jernih dan bersih. Pulau ini pada event tertentu sering digunakan sebagai obyek wisata dengan lomba pemancingan yang sering diadakan oleh pemda setempat atau organisasi lain yang ada di Bengkulu.

Pulau Tikus biasanya akan ramai dikunjungi pada hari libur dan mencapai puncaknya pada hari raya Idul Adha.

Cara Menuju Pulau Tikus
Pulau Tikus terletak 1 km dari bibir pantai kota Bengkulu. Untuk menuju lokasi bisa ditempuh dengan menumpang kapal TNI AL atau kapal lain yang selalu bersandar di pelabuhan Pulau Baai, selain itu dapat juga dicapai dengan carteran kapal nelayan yang ada di obyek wisata Tapak Paderi


Pantai Sungai Suci

Menengok Sejarah dan Wisata Populer di Bengkulu - Pantai Sungai Suci
Pantai Sungai Suci

Pantai Sungai Suci merupakan salah satu objek wisata yang menjadi andalan Kabupaten Bengkulu Utara, Provinsi Bengkulu. Namun pantai yang banyak dikunjungi wisatawan ini sejak adanya pemekaran wilayah pada Oktober 2008 menjadi wilayah Kabupaten Bengkulu Tengah.

Walaupun dari namanya terdapat kata "Sungai" namun disini sama sekali tidak terdapat sungai-sungai besar. Di antara sekian banyak, objek wisata pantai yang ada di Provinsi Bengkulu, Pantai Sungai Suci salah satu yang cukup diminati wisawatan. Karena telah dibangun berbagai sarana seperti tempat pemancingan, jalan aspal dan shelter. Selain itu pantai ini juga dikenal sebagai lokasi mencari batu akik (batu cincin),

Letak Sungai Suci tidak jauh dari ibu kota propinsi Bengkulu (kota Bengkulu), yang berjarak lebih kurang 15 km dari titik 0 (nol) kilometer propinsi Bengkulu atau berjarak 25 km dari bandara Fatmawati.

Pantai Sungai Suci terletak di Desa Pasar Pedati, Kecamatan Pondok Kelapa.

Sumber: http://go.bengkuluprov.go.id/ver3/index.php/pariwisata/wisata-bahari/pantai-sungai-suci (Disunting Ulang)

Benteng Marlborough

Menengok Sejarah dan Wisata Populer di Bengkulu - Benteng Marlborough
Benteng Marlborough

Benteng Marlborough adalah benteng peninggalan Inggris di kota Bengkulu. Benteng ini didirikan oleh East India Company (EIC) tahun 1713-1719 di bawah pimpinan gubernur Joseph Callet.

Benteng ini didirikan di atas bukit buatan, menghadap ke arah kota Bengkulu dan memunggungi samudera Hindia. Benteng ini pernah dibakar oleh rakyat Bengkulu; sehingga penghuninya terpaksa mengungsi ke Madras.

Tahun 1950 benteng Marlborough menjadi markas TNI-AD. Hingga tahun 1977, benteng ini diserahkan kepada Depdikbud untuk dipugar dan dijadikan bangunan cagar budaya.

Sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Benteng_Marlborough (Versi kutipan)

Rumah Bung Karno

Menengok Sejarah dan Wisata Populer di Bengkulu - Benteng Marlborough
Rumah Bung Karno

Proklamator Kemerdekaan RI dan Presiden pertama Republik Indonesia, pernah diasingkan di Rumah Pengasingan Bung Karno di Bengkulu. Peninggalan Sukarno ini merupakan bukti sejarah yang tidak bisa dilupakan. Rumah Bung Karno, yang terletaknya di Jl. Soekarno Hatta, Anggut Atas kota Bengkulu merupakan salah satu situs wisata sejarah yang ada di Bengkulu.

Selain itu masjid yang bernama Masjid Jamik dengan bentuk bagunan gaya jawa yang dirancang Ir.Soekarno masih berdiri kokoh hingga saat ini di pusat kota Bengkulu, tentunya para traveling yang suka sejarah akan menyempatkan waktu untuk singgah di masjid bersejarah ini

sumber: http://go.bengkuluprov.go.id/ver3/index.php/pariwisata/wisata-sejarah/rumah-bung-karno (Disunting Ulang)

Hotel Murah di Bengkulu

Sebagai Daerah Ibukota Provinsi, untuk menunjang kehidupan bisnis dan pariwisata Bengkulu juga sudah dilengkapi sarana okomodasi yang sangat memadai. Mulai dari homestay, guesthouse, resor hingga cottage dan hotel bintang dengan harga sangat terjangkau. selengkapnya bisa Anda baca Hotel Murah di Bengkulu ini.


Rekomendasi yang wajib dikunjungi

Festival Tabot

Festival Tabot di Bengkulu merupakan atraksi budaya berbalut agama yang ditonton ribuan orang tumpah-ruah di sepanjang jalan dan lapangan utama kota, termasuk wisatawan domestik dan mancanegara.

Selain menggelar upacara ritual pokok dengan tahapan prosesi, biasanya juga dimeriahkan pertunjukan seni, pasar rakyat, pameran kriya, serta lomba delman hias, rebana, tari tabot,dan masih banyak yang lainnya.

Festival Tabot di Bengkulu menggelar prosesi pengambilan tanah dari tempat yang ditentukan untuk kemudian ditempatkan dalam replika keranda Imam Husein. Berikutnya diiringi lantunan musik tradisional bernama dol yang berbentuk tambur bulat terbuat dari akar bagian bawah pohon kelapa dengan puluhan tabot akan diarak mengelilingi kampung di Bengkulu.

Upacara Tabot rutin setiap tahunnya yang digelar setiap tanggal 1 hingga 10 Muharram (Kalendar Islam Hijriah). sebagai perayaan untuk menyambutan tahun baru Islam, sekaligus tradisi untuk mengenang kisah kepahlawanan dan kematian cucu Nabi Muhammad Saww, Husein bin Ali bin Abi Thalib, dalam peperangan di padang Karbala, Irak, pada 10 Muharam 61 Hijriah (681 M).

(sumber: http://www.indonesia.travel/id/destination/304/benteng-marlborough/article/131/festival-tabot-perayaan-budaya-penuh-warna-dan-atraksi-di-kota-bengkulu) (Melalui Suntingan)

Daftar Tempat Wisata di Bengkulu:

Wisata Alam
- Danau Dendam Tak Sudah (DDTS)
- Bukit Kaba
- Bunga Rafflesia
- Kebun Teh Kabawetan
- Suban Mata Air Panas

Wisata Bahari:
- Pantai Panjang
- Pantai Sungai Suci
- Pantai Lais
- Pantai Seluma
- Pantai Batung Badoro
- Pulau Tikus
- Pantai Pasar Bawah (Manna, Bengku Selatan)
- Pantai Kaur

Budaya dan Kesenian:
- Festival Budaya Tabot
- Seni Musik Dol dan Tasa
- Kain Batik Besurek
- Tari Andun

Wisata Sejarah:
- Fort Marlborough
- Makan Sentot Ali Basyah
- Monumen Thomas Parr
- Rumah Bung Karno
- Meriam Honisuit

Wisata Kuliner:
- Ikan Pais
- Bagar Hiu
- Lempuk Durian
- Gulai Kembaang
- Tempoyak, dll

Kantor Pariwisata Bengkulu
Jl. P. Tendean 17 Bengkulu
Tlp. (62-736) 21272
Fax. (62-736) 342200, 342100
Email: info@pariwisata.bengkuluprov.go.id
website : www.pariwisata.bengkuluprov.go.id

Artikel Kiriman Pembaca
Dari berbagai sumber



Menengok Sejarah dan Wisata Populer di Bengkulu Reviewed by Wisata Murah on 21.42 Rating: 4.5
2 Komentar untuk "Menengok Sejarah dan Wisata Populer di Bengkulu"

Nompo tulisan barang tho, mbah..?
Nek tulisanku opo yo bakal dimuat, wong senenge wisata kulendir, haha

hiya mas. karena ada beberapa lokasi yg belum terjangkau dan informasinya dibutuhkan pembaca.. hehe

 

Unduh Gratis Hotel App Store

agoda