Wonderful Indonesia 2016
Buah Bibir!Mau Cari hotel online murah tanpa harus online? Gampang! Download Gratis Hotel App Store untuk Ponsel pintar di tips wisata murah home. Diskon Mentok 80%. Untuk mendapatkan Promo ini silahkan klik banner hotel yang muncul di layar HP Anda. #Dapatkan panduannya, Download sekarang! Gratis!

Mengunjungi Desa Pelukis di Kampung Wisata Jelekong

Mengunjungi Desa Pelukis di Kampung wisata Jelekong yang terletak di Giri Harja, kelurahan Jelekong, kecamatan Baleendah, Bandung, Jawa Barat yang penduduknya rata rata bekerja sebagai pelukis dan pengrajin wayang golek Sunda ini seperti berada dalam kelas seni yang sangat menginspirasi. (Baca ini Sejarah Dan Koleksi Museum Wayang)


Kampung Wisata Giri Harja Jelekong

Selain sebagai pagar budaya yang turut melestarikan sekaligus memperkenalkan seni tradisional yang berujud wayang golek, orang orang kreatif di kampung Jelekong juga mampu memikat para wisatawan dengan kreasi seni lukis berupa Kaligrafi Arab, pemandangan alam, termasuk persawahan, dan lukisan ikan Koi yang dalam bahasa latinnya disebut Cyprinus carpio yang sempat booming banyak digandrungi pecinta ikan hias yang dianggap membawa keberuntungan.


Pak Irwansyah dan Amy Fatah

Diantara home industri kerajinan tangan yang terus tumbuh subur di kampung Jelekong ini, terdapat seorang yang ditokohkan bernama pak Irwansyah. Pria separuh baya keturunan ke empat dari Dalang kondang Asep Sunarya ini menuturkan, hasil kerajinan tangan kampung wisata Jelekong tidak hanya di kenal di Indonesia, namun juga sudah sampai mancanegara. Untuk saat sekarang produksi berupa wayang golek dan semua lukisan juga dipajang di galeri-galeri Jalekong seperti di Jalan Braga Bandung, dan di Ubud Bali. (Anda bisa menambah wawasan lain pada topik Rajapolah: Pusat Kerajinan Tangan Khas Dari Tasikmalaya ini)


Wayang Golek Jelekong

Selain itu, warga Jelekong juga dikenal sebagai seniman seniwati wayang Golek, maka tak lekang seni pertunjukan juga sering digelar di sana. Pada dasarnya mereka memang sangat menyukai ukir seni wayang Golek, namun kalau kita mengunjungi desa tersebut, cinderamata berupa hiasan seperti bolpen, frame, lukisan, gantungan kunci, wayang, asbak, gelang, kalung, dan lainnya juga banyak dan bisa dibeli untuk souvenir buat oleh oleh khas desa Giri Harja, Jelekong . Di Desa ini selain bisa langsung melihat proses pembuatan wayang golek, juga bisa melihat lihat hasil karya yang sudah jadi seperti di Kawasan Cibaduyut





Mengunjungi Desa Pelukis di Kampung Wisata Jelekong Reviewed by Wisata Murah on 03.18 Rating: 4.5
0 Komentar untuk "Mengunjungi Desa Pelukis di Kampung Wisata Jelekong"
 

Unduh Gratis Hotel App Store

agoda