Wonderful Indonesia 2016
Buah Bibir!Mau Cari hotel online murah tanpa harus online? Gampang! Download Gratis Hotel App Store untuk Ponsel pintar di tips wisata murah home. Diskon Mentok 80%. Untuk mendapatkan Promo ini silahkan klik banner hotel yang muncul di layar HP Anda. #Dapatkan panduannya, Download sekarang! Gratis!

Salah Kaprah, Mitos Makan Daging Penyu Bisa Panjang Usia

Salah Kaprah, Mitos Makan Daging Penyu Bisa Panjang Usia

Kenapa pelepasan Tukik (Anak Penyu) dilakukan sore hari.? Dan kenapa ada mitos kalau makan daging Penyu bisa panjang usia.? Begini ceritanya. Beberapa pekan lalu di Pantai Baru Pandansimo Yogyakarta yang digunakan sebagai tempat penangkaran Penyu oleh Kelompok Pemuda Peduli Penyu Pandansimo (KP4), melepas ratusan bahkan ribuan Tukik di pantai. Anak penyu yang disinyalir sudah mulai langka yang dilepas ini dari jenis penyu lekang (lepidochelys olivacea), yang mempunyai ciri warna sisik abu-abu.

Ritual tahunan melepas Tukik di pantai Baru yang dilakukan oleh KP4 Pantai Baru Pandansimo Jogja ini diikuti oleh ratusan wisatawan, yang berjajar seperti membuat pagar betis sepanjanag garis pantai. Dan seperti dikomando, begitu matahari sudah mulai condong ke ufuk barat, Tukik yang masih berusia antara 3 hingga 7 hari tersebut dilepas secara bersamaan.


Salah Kaprah, Mitos Makan Daging Penyu Bisa Panjang Usia
Pelepasan Tukik di Pantai Baru Jogja

Sepertinya diantara pengunjung yang sebagiannya masih anak anak ada yang tidak sabar untuk melepas Tukik yang sudah di tangan. Adalah Armita Sutanto (4 tahun), Anak pintar ini seperti galau ingin buru buru melepas Tukik ke pantai tanpa harus menunggu rembang petang. dari mulutnya sempat melontarkan pertanyaan bernada protes, "kenapa tidak boleh dilepas sekarang. kenapa menunggu sore,?" katanya.

Begini jawabannya, Tukik dilepas menjelang matahari tenggelam sekitar pukul 5 sore, karena di waktu tersebut cahaya tidak terlalu terang untuk menghindari anak penyu yang masih kecil dan Unyu-Unyu tersebut dimakan Predator. Karena di waktu tersebut para binatang dari jenis predator sudah mulai tidak beraktifitas mencari makan. hingga radius kilo meter termasuk pantai parangtritis, pantai kuwaru dan seterusnya. Baca ini Ke Pantai Kuwaru Bantul Jangan Lupa Bawa Tikar

Setelah dilepas, Tukik tersebut secara alami akan melakukan migrasi hingga ribuan kilometer selama bertahun-tahun. Dalam perjalanannya, sebagian dari mereka ada yang mati dimakan oleh predator dari jenis ikan Hiu dan kawan kawan termasuk dari jenis burung elang. Dan sebagian lagi ada yang mati karena makan plastik yang dikira ubur-ubur pantai selatan yang menjadi santapan favoritnya. Makanya bagi siapa saja yang mengunjungi pantai Baru dihimbau menjaga lingkungan untuk tidak membuang sampah plastik di pantai

Baca ini Pantai Di Jogja Selain Parangtritis

Binatang yang dilindungi dari jenis Penyu Lekang ini selain terancam oleh limbah sampah, juga terancam oleh ketamakan manusia, yang memburu penyu untuk dijual dagingnya. Dari kelompok orang semacam inilah yang mendengung dengungkan Dogeng Bualan kalau makan daging penyu bisa panjang usia. Karena asumsi mereka, rata rata penyu atau kura-kura mampu bertahan hidup hingga 100 bahkan 200 atau 300 tahun. Maka dengan memakan daging Penyu yang bernafas dengan paru-paru ini dianggap usia mereka bisa panjang, yang tanpa sadar mereka sudah merampas hak hidup dari rumus hukum keseimbangan yang akan mencelakakan anak cucu mereka sendiri.

Tukik Pantai Baru Pandansimo bagi pengunjung (wisatawan) yang ingin mengadopsi juga diijinkan, namun saratnya tidak boleh dibawa pulang ya. Tukik Tukik tersebut bisa dibeli dengan harga sekitar Rp 15 ribu perekor. Dan yang membeli wajib memulangkan anak penyu tersebut ke rumah nenek moyangnya, yakni laut. Hasil dari pengumpulan uang tadi oleh pengelola akan digunakan untuk pemeliharaan dan membiayai pembibitannya di penangkaran.





Salah Kaprah, Mitos Makan Daging Penyu Bisa Panjang Usia Reviewed by Wisata Murah on 11.03 Rating: 4.5
0 Komentar untuk "Salah Kaprah, Mitos Makan Daging Penyu Bisa Panjang Usia"
 

Unduh Gratis Hotel App Store

agoda