Wonderful Indonesia 2016
Buah Bibir!Mau Cari hotel online murah tanpa harus online? Gampang! Download Gratis Hotel App Store untuk Ponsel pintar di tips wisata murah home. Diskon Mentok 80%. Untuk mendapatkan Promo ini silahkan klik banner hotel yang muncul di layar HP Anda. #Dapatkan panduannya, Download sekarang! Gratis!

Waduk Sermo: Bendungan Buatan Terbaik di Indonesia

Waduk Sermo: Bendungan Buatan Terbaik di Indonesia

Waduk Sermo adalah bendungan buatan seluas 157 hektar dengan sedimentasi terkecil karena fungsi resapan air maksimal konon menjadi yang terbaik di Indonesia. Hal ini bisa terjadi karena sinar matahari tidak tembus langsung ke dalam tanah, karena sumbangsihnya warga yang turut membantu kelestarian tumbuhan tetap terjaga dan membiarkan akar akarnya bagus mencekeram ke dalam tanah hingga air di sekitar waduk tersimpan dengan baik dari segi volume maupun kualitasnya.

Fungsi Waduk Sermo di Kulonprogo, Jogja bukan hanya sebagai daerah tangkapan air (Catchment Area) saja, Namun obyek indah yang terletak di atas bukit ini juga difungsikan sebagai irigasi, air minum, dan tempat wisata. Nah, karena blog atau website tipswisatamurah.com ini berteme wisata, mari kita bahas pariwisatanya saja, masalah fungsi yang lain biar dilanjutkan para pakarnya.

Waduk Sermo: Bendungan Buatan Terbaik di Indonesia
Dermaga Waduk Sermo

Kita awali kata pertama dengan waduk atau bendungan Sermo ini indah, Anda juga bisa membandingkan dengan Bendungan Sapon, Potensi Pariwisata Yang Belum Tergarap ini )

Waduk sermo yang memiliki suhu kelembaban terendah sekitar 24,2°C ini menjadikan udara di sekitar cukup sejuk yang sangat baik untuk tempat rileks. Selain itu pemandangan di tempat wisata yang terletak di lereng sekitar barisan pegunungan menoreh ini juga bagus, kalau menjelang sore saat sunset sermo turun, suasana di lokasi bagai dalam negeri dongeng Aladin.

Waduk yang dibangun tahun 1996 yang menghabiskan dana Rp 22 miliar ini selain asik digunakan sebagai spot mancing (baca Mancing di Waduk sermo) ikan jenis Red Devil, Buso, Cucut Mujair, Nila, (Ikang Fauzi ga Hadir, hehe slow aja bray). Juga sangat baik untuk memanjakan mata dengan view indah berupa perbukitan hijau dan hamparan air yang biru kecoklatan. Selain itu kalau mau tambah rogoh kocek sedikit juga bisa beli tiket masuk ke zona perahu tunggang (dulu Rp 3000). Disana terdapat beberapa gazebo yang bisa kita sewa untuk menikmati pemandangan sekitar danau.

Waduk Sermo: Bendungan Buatan Terbaik di Indonesia
Perahu Tunggang Sermo

Kalau masih belum puas bisa mencoba sensasi berkeliling bendungan Sermo dengan sewa kapal dari dermaga yang terletak di bawah taman tempat gazebo berada, atau di bawahnya loket pintu masuk.

Fasiltas disekitar obyek wisata Sermo tergolong sudah lengkap. Mulai dari lapangan parkir yang luas, warung kuliner yang menjajakan aneka ikan bakar dan Mie Ayam, penginapan berupa homestay yang dikelola oleh masyarakat setempat, dan Mushola serta Toilet.

Jalan menuju lokasi sudah sangat bagus, kalau semisal dari arah Jogja, Anda bisa mencoba jalur baru via Sentolo arah Sermo. Jalan ini lebar dan beraspal mulus hingga ke lokasi waduk.

Lokasi waduk Sermo juga strategis, karena jalur ini biasa dilalui oleh wisatawan yang menuju Kalibiru. Untuk menuju Kalibiru via Waduk sermo, anda bisa membaca Tips Menikmati Liburan di Kalibiru Kulonprogo Jogja ini

Selain itu dijajaran kaki bukit pegunungan Menoreh yang terletak di sebelah timurnya Waduk yang memiliki kandungan air sedimen rendah dan terbaik di Indonesia ini juga terdapat satu obyek yang sangat sayang kalau terlewatkan, yaitu Negeri di atas Awan, lebih jelasnya bisa Anda baca Melihat Jogja Dari Atas Awan di Puncak Surolayo




Waduk Sermo: Bendungan Buatan Terbaik di Indonesia Reviewed by Wisata Murah on 11.24 Rating: 4.5
0 Komentar untuk "Waduk Sermo: Bendungan Buatan Terbaik di Indonesia"
 

Unduh Gratis Hotel App Store

agoda