Wonderful Indonesia 2016
Buah Bibir!Mau Cari hotel online murah tanpa harus online? Gampang! Download Gratis Hotel App Store untuk Ponsel pintar di tips wisata murah home. Diskon Mentok 80%. Untuk mendapatkan Promo ini silahkan klik banner hotel yang muncul di layar HP Anda. #Dapatkan panduannya, Download sekarang! Gratis!

Adi Sumarmo: Bandara Internasional di Surakarta

Giwangan: Terminal Induk kota Yogyakarta

Adi Sumarmo adalah pendiri sekolah Radio Telegrafis Udara pertama kali di Indonesia, yang namanya menjadi nama Bandara Internasional Adi Sumarmo di Surakarta atau Solo.


Peta Bandara Adi Sumarmo


Daftar Isi Bandara Internasional di Surakarta

Asal Usul Nama Bandara Adi Sumarmo

Adi Sumamro yang memiliki nama Lengkap Adisumarmo Wiryokusumo tercatat lahir pada 31 Maret 1921 di Blora Jawa Tengah ini adalah adik dari Adi Sucipto yang menjadi nama Bandara di Yogyakarta, yang kedua duanya bersama gugur pada 29 Juli 1947, ketika pesawat udara Dakota VT-CLA yang ditumpanginya pulang menuju Maguwo, Yogyakarta, membawa obat obatan bantuan dari Malaka dan India via Singapura ditembak jatuh oleh Belanda dari pangkalan Kalibanteng, Semarang, Jawa Tengah.

Dalam pesawat udara Dakota yang ditembak jatuh oleh Belanda tersebut versi wikipedia terdapat penumpang lain yaitu Beryl Constantine (Inggris) istri Alexander Noel, Zainul Arif, Abdul Gani Handonotjokro, serta tiga tokoh AURI, yaitu Adi Sutjipto (pangkat Komodor Muda Udara), Abdulrachman Saleh (pangkat Komodor Muda Udara) , dan Adi Soemarmo (pangkat Opsir Muda Udara I). yang dikemudian hari ketiga tokoh AURI tersebut menjadi nama Bandara di Yogyakarta (Jogja) D.I. Yogyakarta, Bandara di kota Malang, Jawa Timur, dan Bandara di Surakarta (Solo) Jawa Tengah

Jam Operasional Bandara Adi Sumarmo

Adi Sumarmo secara resmi digunakan sebagai nama bandara pada tanggal 25 Juli 1977, yang mengantikan pangkalan udara Militer Panasan yang terletak di desa Panasan. Adapun Jam operasional untuk rute Domestik dan Internasional, mulai pukul : 07.00 - 18.30 GMT.

Jarak Bandara

Bandara Adi Sumarmo terletak sekitar 14 kilometer sebelah Barat daya kota Solo, atau sekitar 71 Km sebelah selatan dari kota Semarang.

Alamat Bandara Adi Sumarmo

Alamat Bandara Adi Sumarmo Surakarta berada di Koordinat: 07°30´58"S, 110°45´25"E, Jalan Bandara Adi Sumarmo, 57108, Kec. Ngemplak, Kab. Boyolali, (Eks karesidenan) Surakarta, Jawa Tengah. Telepon: 0271-780715.

Kafasitas Bandara Adi Sumarmo

Bandara Adi Sumarmo memiliki luas total terminal : 2.808 m2, yang terbagi menjadi 2 terminal kargo, 11 tampat parkir pesawat, dan 2 terminal penumpang yang masing masing luas terminal Domestik 1.716 m2, dan luas terminal Internasional 582 m2, ditambah bangunan gedung operasional seluas 1.970 m2. Runway 1: Heading 08/26, 2,600m (8,530 ft), kalau Anda terasa asing dengan istilah ini, silahkan Anda pelajari Mengenal Bandara Dan Istilahnya ini.

Jenis Pesawat

Bandara Adi Sumarmo memiliki panjang landasan: 2.600 m, yang bisa dilandasi jenis pesawat B-737 / A-300 ; B767-300. Adapun untuk maskapai penerbangan yang melayani dari dan menuju Solo untuk rute Domestik maupun Internasional adalah maskapai Garuda Indonesia, Sriwijaya Air, Lion Air, Batavia Air, dan Air Asia.

Sedang untuk menuju bandara selain kendaraan pribadi juga tersedia Taksi

Hotel Murah Dekat Bandara Adi Sumarmo

Hotel disekitar Bandara Adi Sumarmo Solo sudah tersedia mulai bintang 1 hingga bintang 4 dengan harga mulai Rp 100 ribuan hingga 500 ribu. Jarak juga bervariatif, mulai dari 1 km hingga 6 km yang bisa itempuh sekitar 10 menit berkendara. Kalau Anda membutuhkan info diskon maupun promo hotel tersebut, silahkan Anda ikuti Hotel Murah dekat Bandara Adi Sumarmo ini.





Adi Sumarmo: Bandara Internasional di Surakarta Reviewed by Wisata Murah on 17.50 Rating: 4.5
0 Komentar untuk "Adi Sumarmo: Bandara Internasional di Surakarta"
 

Unduh Gratis Hotel App Store

agoda