Wonderful Indonesia 2016
Buah Bibir!Mau Cari hotel online murah tanpa harus online? Gampang! Download Gratis Hotel App Store untuk Ponsel pintar di tips wisata murah home. Diskon Mentok 80%. Untuk mendapatkan Promo ini silahkan klik banner hotel yang muncul di layar HP Anda. #Dapatkan panduannya, Download sekarang! Gratis!

Kota Pati, Kabupaten Pati Jawa Tengah

Kalau Anda melakukan perjalanan Jakarta ke Surabaya via pantura, sekitar 75 km ke arah timur dari Semarang, Anda akan melewati kota Pati, Jawa Tengah. Kota yang dihuni 105.300 jiwa ini terletak di Kelurahan Pati Lor, kecamatan Pati, Kabupaten Pati, Kodepos 59111, Jawa Tengah, Indonesia

Daftar Isi Kota Pati, Kabupaten Pati Jawa Tengah

Semboyan Kota Pati

kota Pati ini mengusung semboyan BUMI MINA TANI yang bermakna Berdaya Upaya Menuju Identitas Pati Makmur Ideal Normatif Adil Tertib Aman Nyaman dan Indah .

Penduduk Kabupaten dan Kota Pati

Kota Pati yang menjadi Ibukota dari Kabupaten Pati yang memayungi 21 kecamatan yang terbagi menjadi 5 kelurahan, dan 400 desa ini menurut catatan 2013 dari data yang dinukil tipswisatamurah.com dari www.dppad.jatengprov.go.id, dihuni oleh penduduk sekitar 1.219.993 jiwa, yang sekitar 9% atau 105.300 jiwa terkonsentrasi di kota Pati, diikuti Kacamatan Juwana 92.434 jiwa, Kecamatan Sukolila 88.883 jiwa, Margoyosa 71.890 jiwa, Kayen 71.230 jiwa, Tayu 65.444 jiwa, Trangkil 60.589, dan daftar kecamatan lainnya bisa Anda baca di tabel foto di bawah ini

jumlah penduduk Pati

Hari Jadi Kota Pati

Menurut data seminar pada tanggal 28 September 1993 di Pendopo Kabupaten Pati, kota Pati lahir sejak tanggal 6 agustus 1323. Penetapan hari jadi ini diambil dari prasasti Tuhannaru, yang diketemukan di desa Sidateka, wilayah Kabupaten Majakerto, Jawa Timur, yang hingga sampai sekarang masih tersimpan di museum Trowulan.

Dalam prasasti tersebut dituliskan sejarah bahwa ketika Raja Majapahit, Raden Jayanegara menambah gelarnya dengan Abhiseka Wiralanda pada tanggal 13 Desember 1323 M, dihadiri oleh Kadipaten pantai utara Jawa Tengah bagian Timur termasuk Raden Tambranegara (Tambranegara adalah Adipati Pati). Dan dalam seminar tersebut juga mengungkap tanggal perpindahan pusat pemerintahan dari Kemiri ke Kaborongan yang kemudian ditetapkan sebagai hari jadi kota Pati tersebut.

Geografi Kota Pati

Secara geografi kota Pati terletak di daratan rendah kawasan strategis di jalur sibuk lintas pantura jurusan Surabaya, Semarang, Jakarta. Sedang Kabupaten Pati sendiri berada di antara daratan rendah dan pegunungan, serta pesisir pantai laut Jawa di bagian timur laut seperti tempat galangan kapal Juwana, wilayah gunung dan perbukitan perkebunan (pabrik) kopi di kecamatan Gembong, daratan rendah yang didominasi perkebunan (pabrik) tebu di kecamatan Trangkil, Pegunungan Kapur di kecamatan Gunung Wungkal dan seterusnya.

Plat Nomor Kendaraan Bermotor Pati

Plat nomor kendaraan bermotor Kabupaten Pati yang berada di otoritas (eks Karesidenan) Pati atau Polisi Wilayah (Polwil) Pati ini menggunakan kode awal huruf "K" yang dikuti huruf akhir "A", contoh seperti K 123 A

Sedang Kabupaten lain yang menggunakan plat nomer kode huruf "K" atau yang berada di Polwil Pati secara berurutan contohnya sebagai berikut:
K 123 A (Kab Pati)
K 123 B (Kab Kudus)
K 123 C (Kab Jepara)
K 123 D (Kab Rembang)
K 123 E (Kab Blora)
K 123 F (Kab Grobogan)
K 123 N (Khusus Kecamatan Cepu)

Adapun sinonim dari plat nomor kode huruf akhir untuk Polwil Pati dari masing masing Kabupaten contohnya adalah sebagai berikut:
K 123 A/S/H (Kab Pati)
K 123 B/K/T (Kab Kudus)
K 123 C/V (Kab Jepara)
K 123 D/M (Kab Rembang)
K 123 E/N (Kab Blora)
K 123 F/P (Kab Grobogan)
K 123 N/Y (Khusus Kecamatan Cepu)

Kode Telepon Wilayah Pati

Kode nomor telepon untuk kota dan Kabupaten Pati adalah 0295, kode awal ini juga digunakan untuk Kabupaten Rembang, termasuk Kecamatan Lasem.

Oleh Oleh Khas Pati

Kabupaten Pati memiliki aneka souvenir khas untuk oleh oleh seperti kerajinan kuningan untuk asesoris rumah, kacang Garuda, serta Kacang Dua Kelinci dan Kopi serta Gula ini di produksi oleh pabrik besar. Sedang seperti kain Batik Bakaran, Bandeng Presto, Trasi Juwana, dan Garam Juana biasanya di produksi oleh semacam home industri. Dan untuk mendapatkan barang souvenir ini Anda bisa meninjau Oleh Oleh Khas Pati

Nasi (Sega) Gandul Khas Kuliner Pati

Selain itu, kalau Anda mengunjungi Pati juga wajib mencicipi masakan khas dan paling terkenal di Pati yang bernama Sega Gandul. Masakan ini sejenis gulai namun resep dan cara menghidangkan yang unik dan beda dari kebanyakan daerah lainnya, Karena Nasi Gandul ini disajikan di atas daun pisang dengan lauk empal, daging, lidah sapi dan jeroan lainnya yang diiris iris kecil dengan rasa yang sangat nikmat sekali.

Hotel Murah di Kota Pati

Di kota pati kami menemukan 27 hotel mulai bintang 1 hingga bintang 3, dengan harga diskon maupun promo terendah mulai Rp 146.281 ,- . Lokasi sangat strategis karena dekat dengan Alun-alun atau Simpang Lima Pati yang membujur ke barat ke arah eks kantor Karesidenan, dan tempat tempat strategis dekat dengan daerah industri dan pusat pertokoaan puri dan pasar malam Yaik , tempat kuliner Pati yang sudah sangat terkenal di sana yang terletak di samping Gedung Nasional atau GOR Pati. Kalau Anda membutuhkan informasi ini, silahkan ikuti Hotel Murah di Kota Pati ini




Kota Pati, Kabupaten Pati Jawa Tengah Reviewed by Wisata Murah on 15.37 Rating: 4.5
0 Komentar untuk "Kota Pati, Kabupaten Pati Jawa Tengah"
 

Unduh Gratis Hotel App Store

agoda