Wonderful Indonesia 2016
Buah Bibir!Mau Cari hotel online murah tanpa harus online? Gampang! Download Gratis Hotel App Store untuk Ponsel pintar di tips wisata murah home. Diskon Mentok 80%. Untuk mendapatkan Promo ini silahkan klik banner hotel yang muncul di layar HP Anda. #Dapatkan panduannya, Download sekarang! Gratis!

Pelahuan Tanjung Priok: Akses Pelabuhan Tersibuk di Indonesia

Pelahuan Tanjung Priok: Akses Pelabuhan Tersibuk di Indonesia

Tanjung Priok Adalah sebuah daerah yang terletak di ujung utara Jakarta Utara. Di wilayah ini selain Pelabuhan Tanjung Priok, juga terdapat Stasiun Kereta Api Tanjung Priok, dan Terminal Angkutan Umum Tanjung Priok.


Daftar Isi Pelahuan Tanjung Priok

Pintu Gerbang Jakarta

Pelabuhan Tanjung Priok merupakan pintu gerbang pelabuhan tersibuk dan terbesar di Indonesia. Dari pelabuhan inilah semua benda atau barang ekspor impor maupun penumpang dari berbagai pulau di tanah air yang menggunakan kapal laut menginjakan kaki pertama kali di Jakarta, (Khususnya selain Pelabuhan Sunda Kelapa).

Terminal Penumpang Pelabuhan Tanjung Priok

Pelabuhan ini memiliki fasilitas baik, untuk melayani penumpang tersedia di terminal Nusantara Pura I Alamat : Jl. Pelabuhan No.1 Tanjung Pandan, Tanjung Priok, Jakarta Utara. Atau Terminal Penumpang Nusantara Pura II Alamat : Jl. Panaitan, Pelabuhan Tanjung, Tanjung Priok, Jakarta Utara, DKI.Jakarta.

Terminal Barang Pelabuhan Tanjung Priok

Selain terminal penumpang, Pelabuhan Tanjung Priok juga terdapat terminal barang. Untuk terminal konvensional maupun container peti kemas barang ekspor impor tersedia di lima terminal yakni sebagai berikut:

1) Jakarta International Container Terminal I (JICT I).
2) Jakarta International Container Terminal II (JICT II)
3) Terminal Petikemas Koja (TPK Koja)
4) Mustika Alam Lestari (MAL)
5) Multi Terminal Indonesia (MTI)

Cara Menuju Pelabuhan Tanjung Priok

Untuk menuju Pelabuhan ini kalau dari Jabodetabek bisa di akses melalui Kereta Api Listrik (KRL), Maupun Kereta Api Diesel (KRD), dan Angkutan umum berupa Bus transJakarta, Metromini maupun Kopaja dan Mikrolet. Adapun pembagian rute dari kedua moda masal tersebut sebagai berikut.

Stasiun Kereta Api Tanjung Priok

Sebenarnya karena saking tuanya, Stasiun Tanjung Priok ini sudah masuk bangunan Cagar Budaya. Namun karena tuntutan kepentingan umum yang tidak bisa dihindarkan, stasiun bergaya bangunan art deco ini masih dipelihara dengan baik dan difungsikan sebagai transit penumpang kereta menuju Pelabuhan dan lainnya.

Kereta yang melayani penumpang menuju Tanjung Priok dari Jabodetabek ini menggunakan tenaga listrik maupun diesel, misalnya seperti kereta yang terkenal dengan nama kereta odong odong, yakni kereta diesel atau KRD jurusan Tanjung Priok-Cikampek.

Selain KRD Odong Odong dari Cikampek, Stasiun Tanjung Priok juga melayani KRD dari Bekasi, Cikarang, dan Tangerang, yang melalui stasiun dalam kota seperti Stasiun Senen, Stasiun Manggarai, Stasiun Tanah Abang, dan semua rute stasiun yang dilaluinya.

Adapun untuk Kereta KRL, baik yang kereta ekspres maupun yang ekonomi (KA Commuter rute Jabodetabek Tanjung Priok-Kota), biasanya yang dari arah Bogor via stasiun Cilebut, Stasiun Bojong Gede, Stasiun Depok Lama, Stasiun Depok Baru, Stasiun UI Depok, Stasiun Lenteng Agung, Stasiun Pasar Minggu, Stasiun Manggarai dan seterusnya hingga ke stasiun Tanjung Priok.

Terminal Angkutan Umum Tanjung Priok

Terminal Angkutan Umum atau biasa disebut Terminal Bus Tanjung Priok ini melayani rute dari dan luar kota Jakarta. Untuk dalam kota menuju Pelabuhan bisa diakses dengan Busway Transjakarta Koridor 10 dan 12 menuju Halte Busway Tanjung Priok, sedang dari arah Bandara Soekarno Hatta bisa menggunakan Bus DAMRI Tanjung Priok - Bandara.

Selain kedua moda populer di atas, menuju terminal Tanjung Priok juga bisa di akses dengan Mikrolet sejenis Angkot, Bus Mayasari, dan Metromini sebagai berikut.

PPD ke/dari Terminal Tanjung Priok
PPD R43 jurusan Tanjung Priok-Cililitan

Metromini ke/dari Terminal Tanjung Priok
Metromini U23 jurusan Tanjung Priok-Cilincing (Marunda)
Metromini U24 jurusan Tanjung Priok-Senen

KWA ke/dari Terminal Tanjung Priok
KWK U01 jurusan Tanjung Priok-Cakung Cilincing
KWK U03A jurusan Tanjung Priok-Sukapura
KWK U05 jurusan Tanjung Priok-Bulak Turi
KWK U06 jurusan Tanjung Priok-Walang Baru
KWK U07 jurusan Tanjung Priok-IGI
KWK U08 jurusan Tanjung Priok-Rorotan
KWK U09 jurusan Tanjung Priok-Cilincing

Jasa Utama ke/dari Terminal Tanjung Priok
Jasa Utama P125 jurusan Tanjung Priok-Blok M
Jasa jurusan P155 jurusan Tanjung Priok-Pasar Minggu
Jasa jurusan P159 jurusan Tanjung Priok-Grogol

Mayasari Bakti ke/dari Terminal Tanjung Priok
Mayasari Bakti AC07 jurusan Tanjung Priok-Kampung Rambutan
Mayasari Bakti AC25 jurusan Tanjung Priok-Bekasi
Mayasari Bakti AC42 jurusan Tanjung Priok-Cileungsi
Mayasari Bakti AC49 jurusan Tanjung Priok-Blok M
Mayasari Bakti AC82 jurusan Tanjung Priok-Depok
Mayasari Bakti AC135 jurusan Tanjung Priok-Ciputat
Mayasari Bakti P14 jurusan Tanjung Priok-Tanah Abang
Mayasari Bakti R51 jurusan Tanjung Priok-Pulo Gadung

Mikrolet ke/dari Terminal Tanjung Priok
Mikrolet M15 jurusan Tanjung Priok-Kota
Mikrolet M15A jurusan Tanjung Priok-Kota
Mikrolet M30A jurusan Tanjung Priok-Pulo Gadung
Mikrolet M49 jurusan Tanjung Priok-Kota

Hotel Murah dekat Pelabuhan Tanjung Priok

Di sekitar Pelabuhan Tanjung Priok tersedia sekitar 15 hotel mulai bintang 1 hingga bintang 5 dengan tarif promo maupun diskon terendah ditawarkan mulai Rp 100 ribuan sudah termasuk sarapan pagi untuk dua orang dan jaringan Internet wifi gratis. Asumsi harga ini dengan patokan dolar di nominal sekitar Rp 12 ribuan. Jarak lokasi hotel atau penginapan berkisar antara 2 km hingga 6 km yang bisa ditempuh dalam waktu normal sekitar 5 menit berkendara. Kalau Anda membutuhkan informasi ini, selengkapnya silahkan tinjau langsung view dan fasilitas lengkapnya di Hotel Murah Sekitar Pelabuhan Tanjung Priok ini.





Pelahuan Tanjung Priok: Akses Pelabuhan Tersibuk di Indonesia Reviewed by Wisata Murah on 16.42 Rating: 4.5
0 Komentar untuk "Pelahuan Tanjung Priok: Akses Pelabuhan Tersibuk di Indonesia"
 

Unduh Gratis Hotel App Store

agoda