Wonderful Indonesia 2016
Buah Bibir!Mau Cari hotel online murah tanpa harus online? Gampang! Download Gratis Hotel App Store untuk Ponsel pintar di tips wisata murah home. Diskon Mentok 80%. Untuk mendapatkan Promo ini silahkan klik banner hotel yang muncul di layar HP Anda. #Dapatkan panduannya, Download sekarang! Gratis!

Kota Kudus, Kabupaten Kudus Jawa Tengah

Kota Kudus yang dihuni 92.262 jiwa ini adalah Ibukota dari Kabupaten Kudus Jawa Tengah. Daerah Industri dan perdagangan yang berkembang pesat yang terletak di jalur sibuk pantura jurusan Semarang Surabaya ini berada sekitar 51 km sebelah timur kota Semarang, atau sekitar 21 km sebelah barat dari Kota Pati.

Daftar Isi Kota Kudus, Kabupaten Kudus Jawa Tengah

Slogan - Semboyan Kota Kudus

Kota kudus yang dikenal sebagai kota kretek dan kota Wali ini memiliki semboyan atau slogan "SEMARAK", yang bermakna atau kependekan dari kata "Sehat, Elok, Maju, Aman, Rapi, Asri, dan Konstitusional".

Penduduk Kota, dan Kabupaten Kudus

Kabupaten Kudus dengan luas 42.516 Ha ini terbagi menjadi 9 Kecamatan, dengan 9 Keluruhan, dan 127 Desa. Kehidupan sebagian besar dari penduduk Kecamatan kota Kudus bermata pencaharian sebagai buruh industri dan sektor swasta termasuk sektor pariwisata.

Menurut data yang dikutip tipswisatamurah.com dari dppad.jatengprov.go.id, jumlah penduduk Kabupaten Kudus data tahun 2013 dihuni oleh 791.275 jiwa, dan mayoritas terkonsentrasi di dua Kecamatan yakni Kecamatan Jati dihuni 102.166 jiwa, diikuti Kecamatan Jekulo dihuni 101.083 jiwa, Kecamatan Kaliwungu dihuni 93.167 jiwa, Kecamatan Kota Kudus dihuni 92.262 jiwa, dan daftar penghuni kecamatan lainnya bisa Anda lihat pada tabel foto di bawah ini.

Tabel jumlah penduduk kabupaten Kudus

Hari Jadi Kota Kudus

Hari Jadi Kota Kudus di tetapkan pada tanggal 23 September 1549 M. Penetapan hari jadi kota ini didasarkan pada prasasti batu di mihrab masjid Menara Kudus yang ditulis dalam bahasa Arab, bahwa Masjid Menara Kudus didirikan oleh Sunan Kudus pada tahun 956 H atau 1549 M. Mengacu pada fakta sejarah tersebut sebagaimana yang diatur dalam Peraturan Daerah (PERDA) No. 11 tahun 1990 tentang Hari Jadi Kudus yang di terbitkan tanggal 6 Juli 1990 menetapkan pada 23 September 1549 M.

Geografi Kudus

Kota Kudus yang menjadi basis perdagangan dan industi ini terletak di dataran rendah, dan salah satu kota kretek terbesar di Indosensia yang dikenal dengan kisah kisah religiusnya ini juga menjadi salah satu titik temu transportasi jalur selatan - utara Purbodadi, Jepara, jalur timur - barat, Surabaya - Semarang, atau Pati - Demak. Wilayah Kabupaten Kudus yang tidak memiliki pantai ini pada bagian utara didonomasi daerah bukit dan pegunungan seperti Gunung Muria (tempat Makam Sunan Muria), Gunung Saptorenggo diketinggian 1.602 m dpl, Gunung Rahtawu dengan ketinggian 1.522 m dpl, dan Gunung Argojembangan diketinggian 1.410 m dpl. Kalau Anda seorang pecinta Alam, bisa melanjutkan membaca Rute Pendakian Gunung Argo Jembangan

Sedang wilayah bagian timur Kabupaten Kudus seperti Kecamatan Jekulo dan wilayah selatan dekat perbatasan Purwodadi adalah daratan rendah yang sebagian lahannya digunakan ladang pertanian.

Plat Nomor Kendaraan Bermotor Kudus

Kendaraan bermotor Kabupaten Kudus menggunakan plat nomor dengan kode huruf awal "K" dan diakhiri kode huruf "B" dibelakang angka. Contoh seperti plat nomor K 123 B.

Plat Nomor Huruf awal "K" adalah indentitas dari (eks karesidenan Pati) Polisi Wiliyah (Polwil) Pati. Adapun plat nomor kendaraan bermotor kabupaten yang menggunakan kode awal huruf "K" . Contohnya saya tulis berurutan adalah sebagai berikut.

K 123 A (Kab Pati)
K 123 B (Kab Kudus)
K 123 C (Kab Jepara)
K 123 D (Kab Rembang)
K 123 E (Kab Blora)
K 123 F (Kab Grobogan)
K 123 N (Khusus Kecamatan Cepu)

Adapun sinonim dari plat nomor kode huruf akhir untuk Polwil Pati dari masing masing Kabupaten contohnya adalah sebagai berikut:
K 123 A/S/H (Kab Pati)
K 123 B/K/T (Kab Kudus)
K 123 C/V (Kab Jepara)
K 123 D/M (Kab Rembang)
K 123 E/N (Kab Blora)
K 123 F/P (Kab Grobogan)
K 123 N/Y (Khusus Kecamatan Cepu)

Kode Nomor Telepon Kudus

Kabupaten Kudus Menggunakan Kode area telepon 0291.
Kode area ini juga digunakan oleh daerah kabupaten di sekitarnya seperti kabupaten Demak, dan kabupaten Jepara, Jawa Tengah

Tempat Wisata di Kudus

Kabupaten Kudus memiliki beberapa obyek wisata alam dan religius yang selalu ramai dikunjungi wisatawan. Sebut saja diantaranya seperti puncak Gunung Muria tempat makamnya Sunan Muria, dan Menara Masjid Kudus tempat makamnya Sunan Kudus. Kalau Anda berencana menginap disini bisa meninjau Penginapan Murah dekat Menara ini

Selain itu Kudus juga memiliki beberapa obyek wisata lainnya yang selalu ramai dikunjungi oleh masyarakat setampat seperti Museum Kretek Kudus, Air Terjun Montel, Waterboom, Mata Air Tiga Rasa dan masih banyak yang lainnya

Kuliner Khas Kudus

Kota kudus memiliki kuliner khas yang sudah kondang diseluruh nusantara, sebut saja seperti Soto Kudus. Ciri khas soto Kudus disajikan dalam mangkok kecil dengan kuah dan mie soto yang rasanya khas. Sedang kuliner lain yang sudah dikenal oleh para pelancong dan biasa digunakan untuk oleh oleh adalah Jenang Kudus

Hotel Murah di Kudus

Kudus Di Kudus sudah tersedia penginapan mulai dari homestay dengan harga di bawah Rp 100 ribu hingga hotel berbintang yang harga dan fasilitas serta lokasinya bisa ditentukan sesuai kebutuhan. Kalau Anda membutuhkan Informasi ini, silahkan ikuti Hotel Murah di Kudus




Kota Kudus, Kabupaten Kudus Jawa Tengah Reviewed by Wisata Murah on 20.27 Rating: 4.5
0 Komentar untuk "Kota Kudus, Kabupaten Kudus Jawa Tengah"
 

Unduh Gratis Hotel App Store

agoda