Headlines News :

Tips Ke JOGJA

Depan gedung agung Jogja
Menikmati sore didepan Gedung Agung atau depan vredeburg titik nol kilo mater jogja

Kalau anda mau pergi ke jogja bersama teman dan cari harga yang murah meriah, sebaiknya baca panduan dari Tips Wisata Murah berikut ini. dan artikel ini merujuk dari pengamatan di lapangan dan dari imbuhan narasumber.

Bagi para backpacker pemula untuk memulai petualangan wisatanya di daerah Jawa, selain wisata Bandung adalah tour yogjakarta. Karena keanekaragaman kultur dan budayanya jogja sangat kuat dan pemandangan alamnya yang bagus juga banyak yang bisa dinikmati. Untuk biaya hidup di kota gudeg ini juga sangat bersahabat dengan kantong para backpacker. Berikut ada beberapa tips dari Tips Wisata Murah yang harus Anda perhatikan ketika berlibur di kota budaya ini agar anda mendapatkan perjalanan dengan ongkos murah dan menyenangkan.

DAFTAR ISI

  1. Sosrowijayan Surganya para Bacpacker
  2. Belanja di Malioboro
  3. Belanja di lantai pasar Bringharjo
  4. Hati Hati Becak Malioboro
  5. Makanan Murah Meriah
  6. Gumuk Pasir
  7. Pantai Samas
  8. Pantai Siuang
  9. Pantai Ngandong
  10. Pantai Sundak
  11. Pantai Krakal
  12. Kawasan Wisata Parangtritis
  13. Parang wedang
  14. Parang Kusumo
  15. Dataran Tinggi Gembirowati
  16. Goa Langse
  17. Makan Syeh Bela-Belu
  18. Pantai Kukup
  19. Pantai Glagah atau Congot
  20. Pantai Trisik
  21. Waduk Sermo
  22. Gua Cermai
  23. Gua Selarong
  24. Goa Kiskendo
  25. Go Seropan
  26. Desa Kasongan
  27. Desa Wisata Pucung
  28. Desa Wisata Tembi
  29. Desa Wisata Pundong
  30. Desa Wisata Krebet
  31. Desa Tanjung
  32. Desa Ketingan
  33. Desa Wisata Bobung Putat
  34. Desa Wisata Salak Pondoh
  35. Desa Palgading
  36. Sumber Agung
  37. Desa Wisata Gendeng
  38. Kota Gede
  39. Argowisata Buah Naga
  40. Argowisata Kebun Plasma Nutfah Pisang
  41. Lapangan Golf Cangkringan
  42. Batik dan Perak
  43. Pusat Pelestarian Satwa jogja
  44. Pabrik cerutu Terumartani
  45. Wisata Herbal Mahkota Dewa
  46. Taman Pintar Jogja
  47. Wijian sentra Gudeg Jogja
  48. Kampung Turis Prawirotaman


  49. 1. Cari tahu patokan arah mata angin di Jogja

    Di kota ini, penduduknya lebih senang memberikan arah jalan sesuai dengan arah mata angin. Penduduk Jogja biasa memakai patokan arah barat dan timur atau seperti parangtirits dan gunung merapi untuk menyebut utara dan selatan.

    Update
    Supaya lebih aman, ada baiknya Anda mempersiapkan diri dengan peta. Kalau anda pergi rombongan dengan beberapa kawan, ada baiknya anda menginstal google latitude di HP anda. karena google lalitude ini mampu menunjukan posisi dimana posisi kawan anda berada. Yang berminat silahkan ikuti panduannya di posting "Berwisata dengan Google Latitude". Dibawah berikut kami beri gambaran peta Jogja.


2. Sosrowijayan, surganya para backpacker

peta sosrowijayan jogja Lokasi jl Sosro wijayan
terlihat di peta, lokasi hotel sosrowijayan dekat dengan jl malioboro

Sosrowijayan merupakan sebuah area yang berada di jalan kecil di daerah Malioboro, atau sekitar 200 meter dari Stasiun Tugu. Selain tempatnya strategis banyak tersedia berbagai hotel dengan tarif yang murah, per malam hotel bintang satu Rp 101.000,-. Kalau ingin melihat fasiltas dan view kamarnya, silahkan anda ngintip Disini


3. Belanja di malioboro pakai bahasa Jawa dan tawar 1/3 harga

Jalan Malioboro merupakan salah satu pusat keramaian di jogja. Dan disepanjang jalan ini hingga mendekati benteng vrederburg, para pedagang cindera mata khas jogja menjajakan dagangannya. Harga yang ditawarkan pun terbilang cukup murah. Namun walau begitu anda harus tetap menawar. Biasanya para pedagang menaikan harga hingga 3 kali lipat, maka sebaiknya anda menawarnya mulai dari 1/3 dari harga yang ditawaran.


5. Surga belanja di lantai paling atas Pasar Bringharjo

Berbelanja di Pasar tertua bringharjo di jogja ini harus ngulik. jangan terpaku pada lantai bawah yang selalu dipenuhi pengunjung, tapi cobalah kelantai atas, disana banyak batik serta aksesoris dan tas dengan harga yang menarik denga harga yang terjangkau .


6. Hati-hati naik becak di Malioboro

Banyak penarik becak yang sekaligus menjadi agen dari toko jajanan khas Jogja. Mereka mendapatkan komisi jika penumpangnya berbelanja di sana. Oleh karena itu, perjelaslah tujuan Anda kepada sang penarik becak, dan katakan " Ora Nganggo Mampir Mampir".


7.Makanan murah meriah

Angkringan merupakan tempat makan yang berada di pinggiran jalan kota Jogja dengan tenda dan tikar yang digelar untuk pengunjung dapat menikmati makanan sembari berlesehan. Menu yang biasa ada di angkringan ini biasanya nasi ikan, nasi tempe, sate telur puyuh, sate usus, serta gorengan.

Update Waduk Sermo

sermo mancing di waduk sermo
salah satu tempat pemancingan terkenal di jogja

Kalau anda hobi mancing, anda bisa mendatangi Waduk Sermo. lokasinya ada di 25 KM  arah barat  Kota Jogja. Dan kalau anda mendambakan kintamani, kearah timur dari Waduk Sermo ini anda bisa mendapati bukit suroloyo. Bukit ini menyerupai Kintamani yang terkenal di pulau bali itu. Pemandangannya disini tidak kalah seru dan alamnyapun berasa lebih segar. Melalui jalanan ini anda benar benar seperti berjalan diawang awang. Dikanan dan kiri sepanjang jalan ini tebing yang sangat curam. Masalah transportasi PEMDA Kulon Progo Yogyakarta sudah beberapa tahun yang lalu memberi ijin Trayek Angkot dari terminal wates kearah desa giri mulyo yang dilalui jalur ini

.WISATA PANTAI


1. Gumuk Pasir

Gumuk pasir Parangtritis merupakan sebuah warisan dunia (world heritage), sebagai bentukan endapan pantai yang mencapai ketinggian 20 mpl. Di dunia hanya ada di 4 negara, salah satunya di Indonesia yaitu di Parangtritis. Selain sebagai laboratorium alam berbagai cabang ilmu kebumian fenomena alam gumuk pasir membentuk ekosistem yang khas dan menakjubkan.


2. Pantai Samas

Pantai Samas ini dikenal memiliki ombak yang besar dan terdapat delta-delta sungai dan danau air tawar yang membentuk telaga. Telaga-telaga tersebut digunakan untuk pengembangan perikanan, penyu, dan udang galah serta berbagai lokasi pemancingan. Disebelah barat terdapat pantai patehan dengan panorama yang indah berlokasi di desa srigading, kec sanden kurang lebih 24 Km dari yogyakarta

Atraksi/Event yang sering digelar disana seperti Upacara Kirab Tumuruning Maheso Suro, Labuhan Sedekah Laut, Pentas Seni Budaya ( liburan dan lebaran ). Fasilitas Terminal. Tempat Parkir, MCK, Penginapan, Rumah Makan, SAR, Jaringan Listrik, Mushola dan Sarana Transportasi. dengan Tiket masuk: Rp. 1.100,- / pengunjung ( termasuk Asuransi Rp. 100,- Angkutan Umum : Rute jalur Bis ; : Yogyakarta ( Terminal Bis Umbulharjo ) - Pantai Samas Rp. 2.000,0/orang.


3. Pantai Siung

Pantai ini terletak di desa purwodadi kecamatan tepus, berjarak + 35 Km dari wonosari dengan prasarana jalan aspal sampai di tepi pantai. Pantai Siung merupakan cekungan laut yang diapit 2 bukit dengan tebing terjal yang dihiasi relief perbukitan Kars dan memungkinkan sebagai lokasi olahraga panjat tebing. Kerindangan daerah sekitarnya merupakan tempat habitat kera ekor panjang. Dengan hamparan pasir putih serta ombak yang tidak begitu besar, merupakan tempat yang nyaman bagi nelayan untuk mencari ikan laut yang beraneka ragam jenisnya. Pada saat-saat tertentu, para wisatawan juga bisa menikmati sajian kesenian khas daerah yaitu atraksi seni Doger.


4. Pantai Ngandong

Merupakan pantai landai yang berpasir putih, sangat nyaman untuk bersantai dan berjalan menyusuri pantai.


5. Pantai Sundak

Pantai ini terkenal dengan panorama alam hijau yang menyatu dengan suasana pantai yang menyegarkan, biasa digunakan sebagai ajang lokasi perkemahan bagi wisata remaja.


6. Pantai Krakal

Pantai Krakal dapat dicapai melalui jalan sepanjang 6 kilometer dari kawasan pantai kukup, sehingga pantai krakal merupakan mata rantai perjalanan setelah mengunjungi pantai Baron dan pantai Kukup. Jarak pantai Krakal dari Yogyakarta lebih kurang 65 kilometer dan dapat ditempuh dalam waktu sekitar 3 jam. Perjalanan menuju pantai Krakal ini juga melintasi bukit - bukit kapur, diselingi dengan teras - teras batu karang. Hal ini merupakan ciri dari daerah karst yang dikelola penduduk. Berdasarkan penelitian geologis, pada zaman yang silam, daerah ini merupakan dasar dari lautan yang oleh proses pengangkatan yang terjadi pada kerak bumi, dasar laut ini semakin lama semakin meninggi dan akhirnya muncul sebagai dataran tinggi. Batu - batuan karang yang nampak pada waktu itu merupakan bekas rumah binatang karang yanghidup di air laut saat itu. Pantai Krakal merupakan pantai yang paling indah, di antara seluruh hamparan pantai di sepanjang pulau Jawa. Pantai ini akan dibangun menjadi kawasan pantai dan perkampungan wisatawan, khususnya wisatawan asing, semacam tourist resort Nusa Dua di pulau Bali. Pantai Krakal, bentuk pantainya landai, berpasir putih, terhampar sepanjang lebih dari 5 kilometer. Pantai ini menerima panas matahari dari pagi hingga petang hari sepanjang tahun. Angin laut yang terhembus sangat sejuk, ombaknya cukup besar.


7. Kawasan Wisata Pantai Parangtritis

Sejak zaman dahulu, komplek pantai Parangtritis telah terkenal, tidak saja sebagai kawasan rekreasi pantai, tetapi juga terkenal sebagai tempat yang memiliki banyak peninggalan sejarah, khususnya yang berkaitan dengan legenda Kanjeng Ratu Kidul atau Ratu Penguasa Laut Selatan. Kompleks Parangtritis terletak 27 kilometer dari Yogyakarta lewat Kretek. Untuk mencapai kawasan ini, para pengunjung dapat menempuh salah satu dari dua jalur jalan:

Jalur jalan pertama :

Dari terminal Umbulharjo melalui Pojok Beteng wetan (tenggara) Kraton Yogyakarta lurus ke selatan sampai ke Obyek Wisata Kompleks Pantai Parangtritis.

Jalur jalan kedua :

Dari terminal Umbulharjo melalui daerah Imogiri (makam Raja - Raja Mataram) dan desa Siluk dengan jalan naik turun sambil menikmati pemandangan yang indah, hingga sampai ke Kompleks Obyek Wisata Pantai Parangtritis.

Jalur kedua ini berjarak ± 10 km lebih jauh dibandingkan dengan jalur pertama menggunakan Bus Umum dengan trayek tetap


* Parang Wedang :

Suatu sumber mata air panas bermineral yang tidak pernah kering sepanjang tahun, yang sering digunakan pula untuk menyembuhkan penyakit kulit.


* Parang Kusuma :

Tempat ini dianggap sebagi tempat yang paling sakral dari seluruh kompleks kawasan Parangtritis, dimana menurut kepercayaan Jawa, merupakan tempat pertemuan antara Raja - raja yang memerintah kerajaan Yogyakarta dengan kanjeng Ratu Kidul. Pertemuan ini terjadi pada sebuah batuan yang merupakan sisa kegiatanvulkanis dimasa silam (post volcanic) yang merupakan suatu batuan intrusi di tengah hamparan pasir pantai, dengan nama watu gilang dan fasilitas yang ada seperti penginapan, Masjid, Rumah, makan dan Toilet.


* Dataran tinggi Gambirowati :

Dataran tinggi Gambirowati merupakan salah satu tempat yang memiliki pemandangan indah ke kompleks pantai Parangtritis dan ke laut lepas di sekitarnya. Tempat ini dapat dicapai dengan menyusur jalan dari Parangtritis ke arah Panggang dan Goa Langse, yang merupakan jalan menanjak ke perbukitan.Bukit Gupit yang ada di jalan ini, sering dipergunakan sebagai tempatstart/meloncat para pecinta olahraga layang gantung (gantole).


* Goa Langse :

Merupakan goa pertapaan yang berwujud suatu lorong di bawah batu karang,yang mulutnya menghadap kearah laut lepas. Goa ini dapat dicapai dengan menuruni batu karang yang terjal, dan berbatuan melalui tangga dari tali atau bambu, untuk itu diperlukan suatu keberanian yang prima dan ketrampilan khusus. Pada saat air laut pasang, mulut goa ini tertutup oleh air laut, sehingga untuk masuk atau keluar dari goa, hanya dapat dilakukan pada saat air laut surut.


* Makam Syeh Bela-Belu :

Terdapat di bukit Pemancingan, yang dianggap sebagai makam yang keramat. Makam ini banyak dikunjungi oleh para peziarah, utamanya pada hari Jum’at dan Selasa Kliwon.


8. Pantai Kukup

Berwisata ke pantai Kukup, merupakan mata rantai dari kunjungan rekreasi ke pantai Baron, sebab jarak diantara kedua pantai tersebut lebih kurang hanya 1 kilometer, bisa ditempuh dengan jalan setapak. Pantai Baron berpasir putih kekuning - kuningan. Goa - goa karang yang teduh, serta ikan hias air laut banyak didapati di daerah ini dan sangat memikat para wisatawan. Menikmati keindah-an salah satu pantai laut Indonesia yang sangat mem-pesona, wisatawan bisa naik ke bukit karang di pinggir pantai antara Baron dan Kukup, melalui jalan - jalan setapak. Adapun berbagai jenis ikan hias air laut dapat disaksikan pengunjung melalui Aquarium ikan hias air laut yang ada di Pantai Kukup.


9. Pantai Glagah atau Congot

Pantai Glagah terletak di Kabupaten Kulon Progo, lebih kurang 40 km dari kota Yogyakarta. Pantai ini dapat dicapai dengan kendaraan pribadi atau dengan kendaraan umum bus atau micro - bus jurusan Yogyakarta-Purworejo hingga di persimpangan jalan menuju pantai Glagah. Dari persimpangan jalan ini, para pengunjung yang tidak mem-bawa kendaraan sendiri dapat meminta jasa “ojek”, yakni membonceng kendaraan bermotor beroda dua. Bagi para pecinta hiking, menempuh jarak tersebut dengan jalan kaki merupakan perjalanan yang sehat dan mengasyikkan. Pantai Congot berjarak sekitar 1,5 kilometer dari pantai Glagah, kedua pantai tersebut telah dihubungkan dengan jalan beraspal.


10. Pantai Trisik

Pantai ini terletak lebih kurang 37 kilometer dari kota Yogyakarta dan dapat dicapai melalui Palbapang. Dari simpang Palbapang ini kemudian membelok ke arah Srandakan, kemudian dilanjutkan ke daerah Brosot dengan melintasi jembatan yang melintang di atas sungai Progo sepanjang lebih kurang 600 meter. Dari daerah Brosot, perjalanan sepanjang 5 kilometer ke arah pantai Trisik dapat dicapai dengan sarana transport lokal yang berupa dokar atau andhong (sado, kereta kuda khas Yogya). Jarak Yogyakarta - Trisik ini dapat ditempuh dengan kendaraan umum micro bus sampai ke pantai. Pantai Trisik merupakan kawasan wisata yang menarik, utamanya bagi para pemancing ikan, karena di sungai (terusan) Gunsairo yang terdapat didaerah banyak dihuni ikan - ikan besar.

C. WISATA ALAM


1. Waduk Sermo

Obyek wisata Waduk Sermo terletak di desa Hargowilis kec. Kokap. Jarak dari Yogyakarta 36 km. ke arah barat dan 6 km. dari kota Wates. Waduk ini merupakan satu-satunya waduk di propinsi D.I.Y. yang mempunyai luas genangan 157 Ha. Bentuk waduk yang berkelok-kelok dan dikelilingi bukit-bukit merupakan keindahan tersendiri yang dapat dinikmati dengan menggunakan perahu motor.Bagi yang menyukai ikan segar dapat membeli di karamba atau memancing. Sedangkan yang menyukai masakan ikan segar, tersedia warung apung yang menyajikan ikan goreng dan bakar.


2. Gua Cerme

gua cermai Gua Cerme
memiliki pemandangan dalam goa yang unik dan menarik dengan Stalaktit dan Stalakmit serta aliran air jernih

Goa Cerme, sebuah goa yang terletak di dusun Srunggo, Selopamioro, Imogiri, Bantul mempunyai panjang lorong kurang lebih 1.200 meter, memiliki pemandangan dalam goa yang unik dan menarik dengan Stalaktit dan Stalakmit serta aliran air jernih yang di beberapa tempat mencapai kedalaman 1 meter merupakan obyek wisata alam yang cukup menarik untuk dikunjungi. Letaknya tidak begitu jauh dari kota Yogyakarta ± 22 Km dan mudah dicapai oleh segala macam kendaraan.

Dengan Stalaktit dan Stalakmit yang indah dan unik dengan aliran air yang jernih dan sejuk, pengunjung akan merasa senang dan santai menyusuri lorong - lorong goa, dengan begitu segala kepenatan akibat kesibukan dan rutinitas kehidupan dapat sirna begitu saja. Para pengunjung yang bermaksud memasuki goa, sebaiknya menghubungi juru kunci agar memperoleh keterangan dan panduan yang benar. Di samping goa Cerme sebagai goa utama di sekitarnya masih ada beberapa goa lebih kecil yang biasa digunakan sebagai tempat bersemedi antara lain goa Dalang, goa Ledek, goa Badut dan goa Kaum.Sepanjang perjalanan menyusuri lorong goa, mulai dari pintu masuk di dusun Srunggo, Imogiri, Bantul para pengunjung akan menjumpai bekas panggung pertemuan, air Zam - zam, mustoko, air suci, watu kaji, pelungguhan / paseban, kahyangan, grojogan sewu, air penguripan, gamelan, batu gilang, lumbung padi, gedung sekakap, kraton, panggung, goa lawa dan watu gantung, kemudian sampai di pintu keluar di desa Ploso, Giritirto, Panggang, Gunungkidul.


3. Gua selarong

Di masa silam Goa Selarong merupakan markas besar dari laskar Pangeran Dipo-negoro, dalam perjuangan-nya melawan pemerintah Hindia Belanda, antara tahun 1825 - 1830. Kini goa tersebut menjadi salah satu obyek wisata peninggalan sejarah yang mengandung nilai - nilai luhur, utamanya berkaitan dengan program pembinaan generasi muda dan khususnya dalam rangka menciptakan dan membangun semangat patriotisme dan nasionalisme di kalangan generasi muda. Goa Selarong jauhnya 13 kilometer di sebelah Selatan kota Yogyakarta. Hasil kebun dari masyarakat setempat adalah buah jambu biji (jambu kluthuk), yang dapat dibeli sebagai oleh - oleh, disamping itu fasilitas seperti toilet, gardu pandang sebagai sarana untuk menikmati pemandangan sekitar Goa dengan hamparan lembah yang begitu indah.


4. Gua Kiskendo

Merupakan goa alam di pegunungan Menoreh yang terletak 1.200 m di atas permukaan laut yang berhawa sejuk, dari bentuk serta keadaannya sangat serupa dengan apa yang tersirat dalam legenda Istana Goa Kiskendo (yang merupakan fragmen dari cerita Ramayana), tempat tinggal raksasa Mahesasura yang berkepala kerbau dan lembusura yang berkepala sapi. Dalam kisah pewayangan , di tempat ini terjadi pertempuran antara Subali - Sugriwa dengan raja Mahesasura dan patih Lembusura yang menghuni goa ini. Di samping itu keadaan - keadaan geologis dari goa - goa yang ada di daerah berbatu kapur (lime - stone), di dalam goa Kiskendo ini terdapat banyak stalaktit dan stalagmit yang aneh namun indah bentuknya. Di dalam goa ini mengalir sungai dibawah tanah yang dalam cerita pewayangan, dan dalam pertempuran antara Subali - Sugriwa dan Mahesasura - Lembusura, mengalirkan air berwarna merah dan putih.


5. Gua Seropan

Goa Seropan, Goa ini terletak di Kecamatan Semanu dekat jalan raya Wonosari-Rongkop, dengan ciri khas didalamnya terdapat air terjun cukup tinggi 7 m dan pemandangan alami sungai bawah tanah serta stalagmit dan stalagtit yang menakjubkan

D. DESA WISATA


1. Desa Kasongan

Terletak di Desa Bangunjiwo, Kecamatan Kasihan, berjarak sekitar 6 km dari kota Yogyakarta, Dusun Kasongan sudah terkenal sejak lama. Terdapat banyak produk kualitas ekspor yang tersedia : peralatan rumah tangga seperti piring, mangkuk dan guci. Pengunjung tidak hanya dapat berbelanja tetapi juga dapat menikmati secara langsung proses pembuatan keramik sambil bertanya jawab dengan pengrajin.


2. Desa Wisata Pucung

Pucung dikenal sebagai desa perajin patung primitive. Desa tetangga Kasongan ini sangat produktif dengan patung primitive yang terbuat dari kayu mahoni dan jati. Ide dan desain patung-patung ini bersumber dari pola dan tema tradisional dari berbagai daerah seperti Asmat, Dayak, Aborigin dan sebagainya. Tema ini kemudian dikembangkan menjadi ornament benda fungsional seprti meja sudut, tempat lilin, dan lain-lain, atau berdiri sendiri sebagai elemen estetik.


3. Desa Wisata Tembi

Tembi adalah nama sebuah desa di Selatan Yogyakarta. Nama dsa ini kemudian diadaptasikan menjadi sebuah lembaga kebudayaan Rumah Budaya Tembi (Rumah Budaya TEMBI) menempati lahan seluas 3000 m2, memiliki fasilitas-fasilitas antara lain: Pendopo, Ruang Galeri, Perpustakaan dan Ruang Baca Perpustakaan, Rumah Dokumentasi Budaya.


4. Desa Wisata Pundong

Pundong merupakan wilayah Kecamatan di Kabupaten Bantul yang memiliki sebuah Desa yang bernama Panjang Rejo. Dusun Panjang Rejo merupakan salah satu Dusun yang memiliki Potensi Industri Kerajinan Grabah dan merupakan mata pencaharian pokok masyarakat setempat dan unik, berupa Aksesoris (Vas Bunga, Asbak, Tempat pensil/lilin, dll) serta berupa mainan dan cindera mata untuk pengantin. Disamping sebagai pusat Industri Grabah dea Panjang Rejo dengan alam pedesaan karakter kehidupan masyarakat dan dilengkapi berbagai kesenian tradisional. Keberadaan Pundong, Desa Panjang Rejo sangat strategis, disebelah timur ± 1 km. jalan menuju ke Parangtritis atau ± 25 km. arah selatan Yogyakarta. Untuk mencapai Pundong Desa Panjangrejo dijangkau dengan alat angkutan umum menuju Parangtritis.


5. Desa Wisata Krebet

Terletak di Desa Sendangsari, Kecamatan Pajangan, ± 12 km sebelah barat daya dari Yogyakarta. Terdapt ± 400 pengrajin yang bekerja di 14 Sanggar Seni dengan produk atau kerajinan utama, topeng, batik, patung kayu, patung asmat. Selain itu di dusun ini juga tersedia penginapan berbentuk khas tradisional dalam rangka menarik wisatawan untuk dating dan menginap. Setiap bulan September diadakan Upacara Ritual Bersih Dusun untuk mensyukuri hasil panen masyarakat setempat.


6. Desa Wisata Tanjung

Desa Wisata Tanjung terletak 5 km sebelah Utara Monumen Jogja Kembali (Monjali). Disana terdapat rumah Joglo di Desa Wisata Tanjung. Bangunannya yang besar serta halamannya yang luas dan Pendoponya yang dapat menampung 100-200 orang lesehan. Tiang penyangga di bagian depan bangunan tersebut terbuat dari kayu nagka yang sudah berumur ± 200 tahun, pada tiang dan dinding kayu di ruang bagian dalam terdapat relief gaya kuno.

7. Desa Tanjung meliputi 3 (tiga) pendukuhan yaitu:

Tanjung, Panasan, dan Bantarjo. Jumlah penduduknya ± 1.595 orang dan rumah penduduk ± 320 buah, dibagi dalam 6 RW dan 11 RT. Mayoritas penduduknya adalah petani. Sawah yang ada disekitarnya untuk latihan Mluku, Nggaru, Tandur, Panen, Angon Bebek dan lain-lain. Sedangkan sawah atau jurit malam dipergunakan untuk Pramuka menguji mental dan dapat menjadi muatan local / local content untuk pelajaran-pelajaran di sekolah bagi bapak dan ibu guru.


8. Desa Wisata Ketingan

Desa Wisata Ketingan merupakan habitat dari ribuan burung Kuntul dan Blekok yang saat in sudah sangat langka ditemui di Pulau Jawa. Lokasi Desa Wisata Ketingan terletak di Desa Tirtiadi, Mlati Sleman, 10 km dari Kota Yogyakarta. Disamping memiliki nuansa kehidupan pedesaan yang masih kental dengan adat Jawa, juga memiliki potensi Idustri kerajinan rumah tangga berupa Industri emping Mlinjo, Industri Kerajinan Bambu dan Jamu Tradisional Jawa, sehingga sangat cocok sebagai Obyek Wisata Pendidikan.


9. Desa Wisata Bobung Putat

Hampir semua masyarakat bermata pencaharian menjadi pengrajin topeng kayu dan kerajinan batik kayu lainnya. Bobung juga sangat mudah dijangkau sarana lalu lintas yang ada, termasuk bus wisata. Wilayah ini berjarak sekitar 30 km arah timur kota Yogyakarta. Untuk menuju desa wisata initidaklah terlalu sulit, selain lokasi jalannya yang sudah beraspal juga dilalui dengan angkutan umum.


10.Agro Wisata Salak Pondoh

Merupakan kawasan seluas ± 75 ha yang oleh masyarakat setempat ditanami khusus tanaman salak pondoh. Obyek wista inidengan haw sejuk akan hidup dengan mudah khususnya buah salak pondoh, saat ini sudah terebar di seluruh Jawa. Lokasi obyek wisata ini masuk wilayah Desa Bangunkerto, Kecamatan Turi,Kabupaten Sleman ± 25 km arah Utara Yogyakarta,jalan beraspal baik dapat ditempuh dengan kendaraan bus, dan mini bus. Fasilitas yang ada gardu pandang, kolam pemancingan, becak air, arena bermain anak-anak, tempat pertemuan, jalan setapak ke kebun salak dan kios penjualan salak pondoh.


11.Desa Palgading

Di desa Palgading (ke arah Kaliurang), Ngaglik, Sleman merupakan sentra pengrajin tas handmade. Bahkan produk tas dari daerah ini menjadi langganan tetap bagi importer manca negara. Selain tas dari bahan kulit, pengrajin desa Palgading ini juga memanfaatkan bahan dasar alamiah seperti mendong. Pelepah pisang, enceng gondok, bahkan kertas koran dan kertas semen. Kerapian dan kekuatan merupakan keunggulan dari tas produksi Palgading.


12.Sumber Agung

Di daerah Sumber Agung, Moyudan, Sleman terdapat sentra pembuatan perabot rumah tangga dari bambu. Dari kotak sampah, tempat tisu sampai tempat aksesoris dibuat dengan bentuk yang unik dan menarik. Bahkan produknya sudah diekspor sampai ke negara-negara Eropa. Di tempat ini, wisatawan dapat memesan perabotan sesuai dengan keinginan.


13 Desa Wisata Gendeng

Desa Wisata Gendeng (sebelah selatan Jogja) merupakan sentra perajin Wayang Kulit. Paling tidak saat ini terdapat 10 orang perajin. Terbuat dari kulit Kambing dan Kerbau pilihan, pembuatan wayang ternyata sangatlah rumit. Selain untuk hiasan dinding, ternyata kerajinan Wayang Kulit ini juga bisa diperuntukkan buat kap lampu, kipas, souvenir perkawinan, gantungan kunci bahkan pembatas buku.


14 Kotagede

Selain toko-toko yang berjejer di pinggir jalan, di lorong-lorong kecil terdapat banyak perajin rumahan. Setiap toko memiliki dapur-dapur perak dimana wisatawan bisa melihat secara langsung proses pembuatannya. Proses dari bentuk lempengan-lempengan putih hingga menjadi perhiasan seperti kalung, anting, cincin atau perabot lainnya seperti sendok, tempat garam, miniatur kendaraan sampai miniatur candi. Bahkan disini terdapat museum perak, tepatnya di Jl. Kemasan, Kotagede, dimana wisatawan dapat mengetahui secara detail sejarah dan perkembangannya sampai saat ini.


15.Agro Wisata Buah Naga

Kebun agrowisata yang terletak pinggiran Pantai Glagah memiliki lahan seluas 2,2 hektar (ha) yang sudah dihijaukan buah berwarna merah (dikenal dengan nama buah naga) dan yang sedang dalam perintisan seluas 2,8 ha. Buah naga banyak disukai warga Amerika. Sebab selain rasanya yang enak juga bisa menstabilkan gula darah, serta meningkatkan stamina tubuh. Kecuali itu juga bisa untuk memulihkan kinerja saraf jantung. Pengelola kebun agrowisata bernama “Kusumo Wanadri” itu adalah Romo DR Paulus Tribrata Br M Th MM. selain untuk berkebun ternyata di lahan itu juga untuk tempat pembinaan bagi anak nakal, preman, serta pecandu narkoba.


16.Agro Wisata Kebun Plasma Nutfah Pisang

Kebun Plasma Nutfah Pisang adalah sebuah kebun berbagai macam varietas pisang yang terdapt di seluruh Indonesia maupun mancanegara. Keberadaan kebun ini dikhususkan untuk wisata pendidikan dan penelitian. Areal seluas 2,5 ha ini berlokasi di bagian selatan kota Yogyakarta tepatnya di desa Malangan. Jarak tempuh dari pusat kota kira-kira 8 km. Meskipun berlokasi di pinggiran kota, namun dapat memberikan sentuhan suasana khas dan alami sehinga menciptakan daya tarik tersendiri.

E. WISATA ALTERNATIF LAIN


1. Lapangan Golf Cangkringan

Lapangan golf bertaraf internasional dengan 18 hole, memiliki nuansakhas berlatar belakang pamandangan gunung Merapi , terletak 23 km ke arah utara dari kota Yogyakarta, di Cangkringan , Sleman, Yogyakarta.


2. Batik dan Perak

Batik merupakan kerajinan Jawa yang sangat populer. Ada dua macam jenis Batik, batik tulis dan dan batik cetak. Batik tulis jauh lebih mahal harganya dibanding batik cetak, karena pembuatannya membutuhkan waktu dan keahlian tersendiri. Batik dapat dijumpai dalam berbagai macam rupa, mulai kemeja, celana, kebaya, dan lain-lain. Motif dan gayanya pun lain-lain, ada Jogja, Solo, Pekalongan, dan lain-lain. Ratusan penjual batik tersebar di seluruh penjuru Jogja, mulai kelas kakilima sampai kelas butik. Silakan klik DI SINI dan lihat di bagian batik untuk menemukan toko dan pengrajin batik di Jogja.

Jogja juga dikenal dengan kerajinan peraknya. Ratusan pengrajin dapat Anda temukan di kota ini terutama di daerah Kotagede. Di sana Anda dapat temukan puluhan toko dan pengrajin perak yang menjual kerajinan perak. Dari mulai perhiasan, patung, hingga peralatan rumah tangga.


3.Pusat Pelestarian Satwa Jogja

Pusat Pelestarian satwa Jogjakarta (PPSJ) ini merupakan suatu Lembaga yang dirancang dalam rangka merehabilitasi satwa sebelum dikembalikan ke habitatnya. Lokasi PPSJ terletak di Desa Paingan Sendangsari Pengasih Kulonprogo, 4 km dari Kota Wates atau 25 km dari kota Yogyakarta, yang menempati area seluas 13 ha di atas perbukitan Menoreh dengan panorama yang sangat indah. Disamping sebagai pusat Rehabilitasi satwa, PPSJ juga dapat dimanfaatkan sebagai Obyek Wisata Pendidikan, meningat PPSJ inidilengkapi dengan saran pertemuan, seminar, dan fasilitas Akomodasi.


4.Pabrik Cerutu Tarumartani

Sejarah perusahaan cerutu Taru Martani dimulai tahun 1918 saat seorang produsen carutu dri Belanda mendirikan perusahaan cerutu Perseorangan di Yogyakarta. Sejak tahun 1918, Taru Martani senantiasa menciptakan formulasi campuran tembakau cerutu yang bercita rasa tinggi guna memenuhi keinginan dari pecinta cerutu sejati. Saat ini Tatu Martani memproduksi 14 jenis cerutu yang sudah dikenal di seluruh dunia, yaitu: Cigarillos, Extra Cigarillos, Senioritas, Panatella, Half Corona, Corona, Super Corona/Grand Corona, Boheme, Royal Perfecto, Rothschild, and Churchill.


5.Wisata Herbal Mahkota Dewa

Paket Wisata Herbal Mahkotadewa Ny. Ning Harmanto adalah satu paket wisata yang terdiri dari Klinik, Kebun dan Kedai Herbal Mahkotadewa Ny. Ning Harmanto yang terletak di Jl. MT. Haryono 46 Yogyakarta.


6.Taman Pintar Jogja

Taman Pintar adalah sarana wisata edukasi masyarakat Jogja. Anjungan sebagai media untuk menyampaikan materi isi disusun secara menyeluruh mulai dari anjungan sebagai sarana permanainan, anjungan yang bersifat pengenalan, anjungan materi dasar eksakta hingga anjungan yang memaparkan penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi. Perencanaan anjungan materi isi disusun dengan konsep permainan dan pemaparan yang diikuti dengan penjelasan materi yang disampaikan.


7.Wijilan, Sentra Gudeg Jogja

Pusat Warung gudeg ini berderet di sebelah selatan Plengkung Tarunasura (Plengkung Wijilan) ini memiliki sejarah panjang. Ibu Slamet adalah orang pertama yang merintis usaha warung gudeg di tahun 1942. Beberapa tahun kemudian warung gudeg di daerah itu bertambah dua, yakni Warung gudeg Campur Sari dan Warung Gudeg Ibu Djuwariah yang kemudian dikenal dengan sebutan Gudeg Yu Djum yang begitu terkenal sampai sekarang. Ketiga warung gudeg tersebut mampu bertahan hingga 40 tahun. Sayangnya, tahun 1980′an Warung Campur Sari tutup. Baru 13 tahun kemudian muncul satu lagi warung gudeg dengan label Gudeg Ibu Lies. Dan sampai sekarang, warung gudeg yang berjajar di sepanjang jalan Wijilan ini tak kurang dari sepuluh buah.


8.Kampung Turis Prawirotaman Yogyakartabr />
Kampung Prawirotaman sendiri lokasinya mudah dicapai, karena berjarak sekitar 5 kilometer arah selatan Jogja. Banyak turis asing maupun domestik yang menyenangi kawasan ini karena berbagai kemudahan fasilitas yang ditawarkan. Seperti hotel maupun penginapan serta café-café yang jumlahnya mencapai puluhan. Sementara harga berbagai cindera mata juga tergolong miring seperti handicraft dan batik yang mudah didapat di sekitar Prawirotaman.

9.MalioboroMalioboro merupakan Jogja kecil. Pasar tradisional, pedagang kaki lima sampai pusat perbelanjaan modern ada di sana. Lagi pula, Malioboro merupakan tempat persinggahan tetap bagi wisatawan yang datang ke Jogja. Ribuan pedagang kaki lima dan pertokoan menawarkan pilihan souvenir untuk oleh-oleh sahabat, teman atau orang di rumah. Di Malioboro, souvenir barang yang dijual bisa didapat dengan harga yang sangat murah. Sementara, pertokoannya menawarkan beragam motif pakaian dan kain batik dengan desain eksklusif serta gift soft yang unik. Semuanya ada di sini, mulai yang berkelas sampai ke murah meriah. Pusat jajanan seperti ini juga banyak dijumpai di sepanjang Jl. Mataram, yang letaknya di sebelah timur Malioboro.