Wonderful Indonesia 2016
Buah Bibir!Mau Cari hotel online murah tanpa harus online? Gampang! Download Gratis Hotel App Store untuk Ponsel pintar di tips wisata murah home. Diskon Mentok 80%. Untuk mendapatkan Promo ini silahkan klik banner hotel yang muncul di layar HP Anda. #Dapatkan panduannya, Download sekarang! Gratis!

Mengenal Kesenian Rakyat Dayak Kalimantan dan Indonesia

dijual hotel


Tidak orang Indonesia kalau tidak mengenal budayanya. Kesenian rakyat kita kian meredup. kalah dengan hiruk pikuk musik dugem dengan syahraninya. tertunduk lesu dan makin terpuruk ketika justin barby berjingkrak di panggung megah ibu kota jakarta. Ooh nasib kesenian negeriku


Mari sejenak bersama Situs tipswisatamurah.com kita mulai menggali kesenian rakyat Indonesia. Ribuan kesenian rakyat yang nyaris tak beredar dari percaturan seni budaya di negeri sendiri. Mari bersama kita bangkit kembali membangun seni dan budaya kita yang adi luhung ini . Mari bersama situs tipswisatamurah.com kita mulai melongok sejarah kesenian Indonesia dan yang melatar belakanginya. Sebelum kita mulai, di bawah ada beberapa artikel yang kami rangkum untuk referensi dari beberapa kesenian tradisional. kalau tertarik silahkan klik langsung tautan outlink



Di Kalimantan yang lebih lekat dengan suku Dayak ternyata memiliki kesenian tari yang sangat cantik, Dalam penelusuran situs tips wisata murah mendapati. ada sebuah website yang sangat peduli dengan kelangsungan hidup budaya Indonesia dengan cara mengumpulkan Artikel Artikel Kesenian Indonesia. Ok mari kita ikuti Artikel yang di terbitkan oleh Sentia '11, yang kami sarikan sebagai berikut

1. Tari gantar

tarian yang menggambarkan gerakan orang menanam padi. Tongkat menggambarkan kayu penumbuk sedangkan bambu serta biji-bijian didalamnya menggambarkan benih padi dan wadahnya. Pertunjukan tarian ini cukup terkenal dan sering disajikan dalam penyambutan tamu dan acara-acara lainnya.tari ini tidak hanya dikenal oleh suku dayak tunjung namun juga dikenal oleh suku dayak benuaq. Pertunjukan kesenian tarian ini dapat dibagi dalam tiga versi yaitu tari gantar rayatn, gantar busai dan gantar senak/gantar kusak.

2. Tari kancet papatai / tari perang

pertunjukan kesenian tarian ini menceritakan tentang seorang pahlawan dayak kenyah berperang melawan musuhnya. Gerakan tarian ini sangat lincah, gesit, penuh semangat dan kadang-kadang diikuti oleh pekikan si penari. Dalam tari kancet pepatay, penari mempergunakan pakaian tradisionil suku dayak kenyah dilengkapi dengan peralatan perang seperti mandau, perisai dan baju perang. Tari ini diiringi dengan lagu sak paku dan hanya menggunakan alat musik sampe.

3. Tari kancet ledo / tari gong

jika tari kancet pepatay menggambarkan kejantanan dan keperkasaan pria dayak kenyah, sebaliknya kesenian tarian kancet ledo menggambarkan kelemahlembutan seorang gadis bagai sebatang padi yang meliuk-liuk lembut ditiup oleh angin. Tari ini dibawakan oleh seorang wanita dengan memakai pakaian tradisionil suku dayak kenyah dan pada kedua tangannya memegang rangkaian bulu-bulu ekor burung enggang. Biasanya tari ini ditarikan diatas sebuah gong, sehingga kancet ledo disebut juga tari gong.

4. Tari kancet lasan

kesenian tarian yang menggambarkan kehidupan sehari-hari burung enggang, burung yang dimuliakan oleh suku dayak kenyah karena dianggap sebagai tanda keagungan dan kepahlawanan. Tari kancet lasan merupakan tarian tunggal wanita suku dayak kenyah yang sama gerak dan posisinya seperti pertunjukan tarian kancet ledo, namun si penari tidak mempergunakan gong dan bulu-bulu burung enggang dan juga si penari banyak mempergunakan posisi merendah dan berjongkok atau duduk dengan lutut menyentuh lantai. Tarian ini lebih ditekankan pada gerak-gerak burung enggang ketika terbang melayang dan hinggap bertengger di dahan pohon






Mengenal Kesenian Rakyat Dayak Kalimantan dan Indonesia Reviewed by Unknown on 10:28 PM Rating: 4.5
8 Komentar untuk "Mengenal Kesenian Rakyat Dayak Kalimantan dan Indonesia"

Kalo kita perhatikan seni tradisi yang ada di bumi Pertiwi ini, selalu mengandung nilai-nilai moral: menghormati Sang Pencipta, menghargai sesama, memperlakukan alam.
Salam & sukses selalu sobat.

@pepep
itulah kelebihan dari kesenian rakyat indonesia.. cuma sayangnya generasi penerus mulai sebodo teing fengan budya sendiri.. thnks sob sudah mampir

iya juga ya?udah lama gak ada kabar dari seni dan budaya indonesia.

Mungkin bisa di lestarikan apa bila pemerintah selalu mengedepankannya dan selalu menjunjung tinggi nilai nilai kebudayaan.

@marindajaya
untuk urusan budaya.kita jangan menunggu komando dari pemerintah.ibarat penumpang gelap pemerintah hanya pembonceng kendaraan ya sudah jalan..seyogyanya kita memang harus mulai berpadu unuk menumbuhkan kembali seni budaya rakyat yang nyaris tenggelam,tanpa atau dengan bantuan pemerintah..

terimakasih kunjungan dan komentarnya..slm@marindajaya
untuk urusan budaya.kita jangan menunggu komando dari pemerintah.ibarat penumpang gelap pemerintah hanya pembonceng kendaraan ya sudah jalan..seyogyanya kita memang harus mulai berpadu unuk menumbuhkan kembali seni budaya rakyat yang nyaris tenggelam,tanpa atau dengan bantuan pemerintah..

terimakasih kunjungan dan komentarnya..slm

sebenarnya masih banyak kesenian rakyat kita yang mengalami nasib mengenaskan. kalau mau dibilang diperhatikan saya rasa itu kurang sekali. karna saya juga salah satu pelaku keenian di kalbar. sewaktu menerima penghargaan lima penata musik tari terbaik 2011 pada fest kesenian nasional tari nusantara di jakarta kemarin, kenyataannya kurang lebih sama, yaitu kesenian kita hampir tidak di kenal oleh orang direktorat jendral kebudayaan dan kesenian sendiri. lalu pertanyaannya bagaimana mau dikembangkan kesenian yang tidak mereka kenal tersebut. inipun di alami oleh kawan-kawan seniman musik tradisi dari jogja. apalagi berbicara kesenian kalimantan,orang hanya tau alat musik sape, namun ansambel musik besar (lengkap) mereka tidak pernah tau. ini kenyataan dan gilanya tidak ada usaha pelestarian dan pengembangan, kecuali pada beberapa lembaga budaya dan kesenian yang bergerak independen. ini ada sedikit bukti usaha kawan-kawan dokumentasi singkat mengenai rumah dan kesenian di betang (rumah adat dayak) pontianak kalimantan barat. namun sayang musiknya belum sempat di garap ulang agar lebih ke tradisinya. dilihat ya pada tautan berikut. makasih.

http://www.youtube.com/watch?v=iOlzXMXNVB8

@bloekoetoek blogonol
kabar yang sangat menyakitkan memang, kalau orang yang duduk manis di derektorat seni budaya tidak mengenal dengan budaya yang harus dilestarikan.. kita lagi berada dinegara yang sakit. dengan pejabat keseian yang sakit juga rupanya.. mari melalui media online seperti situs tips wisata murah ini. kita beri kabar pada dunia. bahwa seni budaya kita yang unik ini sedang sakit.

solusinya kita jangan terlalu mengharap campur tangan dari departemen terkait. biarkan mereka makan harta haram dari jabatannya..
thanks outlinknya nanti ane akan melelongok kesana.. salam happy blogging

postingannya sangat membantu, terimaksih yang bikin postingan ini bisa buat referensi, :) sukses selalu buat adminnya

penerjemah bahasa jerman
penerjemah bahasa belanda

yupz.. sama sama kawan. terimakasih juga atas dukungan dan kunjungannya

kembali sukses untuk Mitra Penerjemah

salam budaya Indonesia

 

Unduh Gratis Hotel App Store

agoda