Wonderful Indonesia 2016
Buah Bibir!Mau Cari hotel online murah tanpa harus online? Gampang! Download Gratis Hotel App Store untuk Ponsel pintar di tips wisata murah home. Diskon Mentok 80%. Untuk mendapatkan Promo ini silahkan klik banner hotel yang muncul di layar HP Anda. #Dapatkan panduannya, Download sekarang! Gratis!

siapa choreographer tari kuda lumping.?

tari kuda lumping

Budaya Tari kuda lumping ini sudah membumi ratusan tahun silam di tanah jawa. Situs tips wisata murah menelusuri mulai tahun berapa sesungguhnya keberadaan sejarah kesenian rakyat tari kuda lumping dimulai, tapi tidak ada sumber yang secara jelas menyebutkan tahun dimulainya tari kuda lumping yang penuh dengan intrik megis tersebut

Tapi Ada beberapa cerita yang barang kali bisa dibuat acuan.Tari kuda lumping yang setiap pertunjukan selalu terbagai dalam 4 babak fragmen (tari Begon Putri. Buto Lawas, dan tari Senterewe) Adalah gambaran dari ilustrasi latihan pasukan berkuda Sri Sultan Hamengkubuono ke 1 melawan Belanda. Sebagian cerita ada yang menuturkan kalau kuda lumping adalah gambaran pasukan berkuda Pangeran Diponegoro melawan belanda.

Situs tips wisata murah menelusuri keberadaan cerita tari kuda lumping atau jaran kepang ini, kalau kita runut dari sejarah pangeran diponegoro adalah putra sulung Hamengkubuwana III yang lahir di Yogyakarta pada tanggal 11 November 1785. Dan dalam beberapa catatan disebutkan beliu ini mulai ikutan berjuang pada usia 3 tahun dimana Diponegoro menjadi salah satu anggota perwalian yang mendampingi Hamengkubuwana V. lihat asal usul P Diponegoro Jadi keduanya masih nyambung. bisa kita tarik kesimpulan, ada kemungkinan tari kuda lumping berawal dari jogja. Tapi yang jadi permasalahannya, siapa yang menciptakan tari kuda lumping atau jaran kepang yang pernah populer tersebut..?

kudalumping

Tari kuda lumping (jaran kepang) ini identik dengan pertunjukan magis, karena disetiap adegan buto lawas, penari selalu menari kesurupan.terkadang penonton juga ada yang kesurupan mengikuti menari nari di iringi musik monoton namun berasa terbalut nuansa magis.kesenian rakyat kuda lumping atau jaran kepang ini di kulonprogo mirip dengan tari angguk.
Sedang untuk purworejo jaran kepang atau kuda lumping ini mirip Ndolalak atau dolala. Konsep ketiga seni tari tersebut sama menggunakan anyaman bambu. (jawa gedheg) dan ketiganya mengalami kesurupan juga

Di jawa timur seperti nganjuk, madiun, tulung agung. kesenian rakyat ini dikenal dengan nama jaran kepang. Seperti umumnya pertunjukan jaran kepang (Kuda Lumping) Adegan kesurupan ini paling banyak diminati penonton, karena ritual makan beling (pecahan kaca. seperti debus di banten) itu jadi tontonon menarik dan ditunggu tunggu.Setelah adegan kesurupan sudah dinetralkan oleh semacam petugas supranatural. Kemudian adegan selanjutnya, penari pria dan wanita bergabung membawakan tari senterewe.

Tari kuda lumping ini di pulai sumatera juga pernah tumbuh subur. konon menurut yang ditelusuri situs tips wisaata murah.kesenian rakyat jaran kepang ini awalnya dibawa oleh keluarga jawa yang menetap di sumatera. Dan kesenian rakyat jaran kepang ini juga sudah mulai dikenal oleh negara tetangga kita malaysia

Andai ada rujukan untuk mengetahui siapa choreographer Kesenian Rakyat tari kuda lumping. Pasti kita akan fasih menyebut sumber kesenian yang bertebar diseluruh negeri yang pernah indah ini. Halo Mentri budaya pariwisata ,kapan Anda kembali ke Bumi

Ayo Bersama Situs Tips Wisata Murah Kita Gali Kembali Sejarah Seni dan Budaya Rakyat Indonesia
Salam wisata keluarga Indonesia



siapa choreographer tari kuda lumping.? Reviewed by Unknown on 10:39 AM Rating: 4.5
17 Komentar untuk "siapa choreographer tari kuda lumping.?"

iya sob sebenarnya budaya ini tergolong unik tapi sayang di jaman sekarang gak seperti dulu yg sering saya jumpai,kalau sekarang sepertinya jarang2 ada.terimakasih

Ada mitos yang sering gue denger tentang kuda lumping ini. Katanya kalo lagi nonton pertunjuka kuda lumping jangan pake baju merah. Nanti di kejar sama kuda lumpingnya..itu gimana Sob...nice post and happy blogging!

@Marinda Jaya
mememang skala luas kesenian kuda lumping ini cenderung pudar sob. maka kita harus menggali ulang..happy blogging


@Iskaruji dot com
hehe mitos baju merah di kuda lumping itu memang sulit dimengerti ya sob, tapi dibeberapa kejadian ada teman yang iseng nyoba katanya memang dikejar. ane pernah di kasih tahu orang kalau lihat jaran kepang pikiran jangan kosong, nanti kesurupan juga.hehehe

tapi setelah ane amati lagi,yang kesurupan itu biasanya kalau istilah orang dulu itu punya tulang ringan. mungkn maksutnya pikiran kosong atau gemana..? happy blogging

Memang harus diadakan upaya untuk mencari tahu siapa koreografer tarian Kuda Lumping tsb.
Semoga Bapak Menteri Pariwisata membaca tulisan anda ini.

Ada satu permainan
permainan unik sekali
orang naik kuda
tapi kuda bohong
namaya kuda lumping.
love,peace and gaul.jadi belum tahu pasti yah siapa koreografer nya.?

@H. Nizam
kami harap tidak hanya sekedar membaca. tapi nyata memberi kontribusi dengan cara mendata asal usul semua kesenian tradisional indonesia
happy blogging

@suryadinilan
hahahaha itu mah lirik lagu kuda lumping rhoma irama yang nyanyi sob.hehehe happy blogging

paling suka nih gw liat pertunjukan kuda lumping,, seru bgt,, hehhehe,, tapi sayang skrg di tmpat gw udah jarang bgt yg ngadain yg beginian,, hehhe,, thx udah berbagi sobat,, salam kenal and happy blogging,, :D

@Rama88
hehe kuda lumpin memang salah satu hiburan rakyat yang muah meriah. memang akhir akhir ini agak terpojok oleh budaya baru dari luar

kembali salam. keep blogging

kuda lumping gilo aku kalo nonton,
nek ndolalak enggak, malah betah karena yg joget pemainnya cewe cewe smu , oake kocomoto ireng wkwkwk
makasih sharenya :)

@Jiox
hahahahaha tutup matanya tapi jangan rapat rapat.hahahaha.. yang adegan makan beling memang serem yo mbah.wek kek kek

yo iyo to; kalau ndolalak atau angguk penarinya cuantik cuantik jadi betah nontonnya ye. xixixixi
thnks happy blogging

tokoh hebat dan beriman di indonesia sekaligus seniman, termasuk wali songo " sunan bonang, sunan kalijogo" dan lain lain.

Jangan dekat-dekat bisa kesurupan..itu kata orang tua dulu kalau ada pertunjukkan KUda Lumping

@Mr Nyariadi
mungkin itu bisa jadi rujukan sob, tapi harus di teliti ulang. kalau gending dan beberapa lagu. memang kandjeng sunan kali jaga ini pemprakarsa dan dalang yang handal. seperti lagu sinom.itu juga karya sunan muria. tapi kuda lumping ini tiada pegangan dari sejarawan utnuk dijadikan pegangan. syukron

@Abu Farras
orang tua kita sangat benar. yang pasti kita tidak boleh pikiran kosong. harus selalu dzikrulloh.. syukron sob. happy blogging

Di Jawa Timur saya sudah jarang menemui Tari Kuda Lumping mungkin sudah tergeser dengan hiburan moderen. Di jawa timur biasa di sebut "Jaranan". Dulu sewaktu saya masih SD sekitar tahun 1995 banyak pertunjukan jaranan di kampungku Jombang sana. Tapi sekarang "Jaranan kau kan slalu terkenang..." seperti lirik lagunya Ngamen-3 Sagita.

@arqu3fiq
hehe itulah masalahnya sob. karena dari masyarakat dan dinas terkait kurang peduli dengan nasib kesenian tradisi. memprihatinkan ya. happy blogging

dulu ke kampung ku sering datang kelompok seni kuda lumping. mudah2an seni ini tetap lesatari

@pepep
ya sob jaman dahulu kuda lumping ini aktif muter dari kampung ke kampung.sekarang agak terpinggir oleh budaya mancanegara. thnks sob happy blogging

 

Unduh Gratis Hotel App Store

agoda